Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Hello PIN Error 0x80090011 di Windows 10/11

 


Saat mereset Windows Hello di PC Windows 10 atau Windows 11, banyak pengguna melaporkan menghadapi error 0x80090011 selama langkah membuat PIN. Pesan error ini terutama terjadi jika  container atau key tidak ditemukan. Saat anda mendapatkan error code 0x80090011 Hello PIN, maka anda akan mendapatkan pesan error lengkap seperti berikut ini.


Something went wrong, and we couldn’t set up your PIN. Try again, and if this doesn’t work, contact your support person and report this error: 0x80090011


Jika anda juga menghadapi masalah dengan Windows Hello dengan pesan error yang sama, maka lanjutkan dengan panduan pemecahan masalah berikut ini untuk menyelesaikan masalah. di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Hello PIN Error 0x80090011


Di bawah ini adalah daftar semua solusi efektif yang dapatanda coba untuk mmperbaiki Hello PIN error 0x80090011 pada Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Berhenti Bergabung dari Azure AD dan Bergabung Kembali

Hello PIN Error 0x80090011 terkait dengan Active Directory. Dengan demikian, maka ia memiliki solusi yang sangat mudah. Anda harus keluar dari mesin dan kemudian bergabung kembali. Setelah anda selesai dengan prosesnya, anda dapat melanjutkan dan mencoba membuat pin kembali. Dan berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di Windows 10
  • Buka Settings Windows anda dengan menekan tombol Win + I dan pilih Accounts di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Access work or school di panel kiri.
  • Selanjutnya klik Disconnect dari akun organisasi anda dan klik Yes di jendela konfirmasi.
  • Jika anda menggunakan BitLocker, maka klik Disconnect kembali. Pastikan anda telah menyimpan salinan recovery key BitLocker.


  • Sekarang, klik Restart now.
  • Setelah booting dan login ke Windows anda, akses kembali halaman Access work or school.
  • Sekarang klik Connect untuk bergabung kembali dengan organisasi anda.

Di Windows 11
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Accounts di panel kiri dan di panel kanan klik Access work or school.
  • Kemudian pilih akun organisasi anda dan klik Disconnect.
  • Konfirmasi penghapusan akun dengan mengklik Yes.
  • Setelah itu klik Disconnect kembali jika anda telah menginstall dan menjalankan BitLocker. Pastikan anda menyimpan salinan recovery key BitLocker di tempat lain selain PC yang anda gunakan sekarang ini terlebih dahulu.


  • Setelah itu, klik Restart now.
  • Setelah login ke Windows anda, akses kembali halaman Access work or school di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Connect untuk bergabung kembali dengan organisasi anda.

Periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak.


2. Log Out dari Microsoft Account

Solusi efektif selanjutnya untuk menghilangkan pesan error tersebut adalah dengan logout dari Microsoft Account. Seperti yang dilaporkan oleh banyak pengguna, masalah ini dapat teratasi hanya dengan melakukan proses sign out. Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk log out dari Microsoft Account anda.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Windows untuk membuka Start Menu.
  • Kemudian klik pada gambar profil anda dan pilih Sign Out.
  • Sekarang, anda akan dibawa ke lock screen Windows.
  • Pilih Microsoft Account anda, masukkan password dan klik Sign In.


Di Windows 11:
  • Klik Start Menu, kemudian klik gambar profil anda dan pilih Sign Out.
  • Setelah itu, di lock screen Windows, pilih Microsoft Account anda, kemudian masukkan password dan klik Sign In.


Sekarang, periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


3. Hapus Folder Ngc

Di PC Windows, semua informasi yang terkait dengan pengaturan PIN disimpan di bawah folder Ngc. Tetapi jika karena alasan tertentu, data di dalam rusak, maka anda akan menghadapi masalah yang berbeda, termasuk Hello PIN Error 0x80090011. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus menghapus folder Ngc. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti.

Catatan: Anda harus masuk ke Windows dengan akun administrator untuk mengakses folder Ngc.

  • Untuk memulainya, tekan tombol Win + R, kemudian masukan jalur berikut ini dan tekan Enter.

C:\Windows\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft


  • Pilih semua yang ada di dalamnya dengan menekan tombol Ctrl + A dan klik tombol Delete.
  • Setelah itu, restart PC anda dan periksa apakah masalah berlanjut.


4. Ubah Pengaturan TPM

Hal berikutnya yang dapat anda lakukan adalah mencoba mengakses TPM dan mengubah pengaturannya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik tpm.msc dan tekan Enter untuk membuka Trusted Platform Module (TPM) Management.
  • Disana, klik Action dan pilih Prepare the TPM.
  • Setelah itu, tutup jendela dan restart system anda agar perubahan diterapkan.


5 Ubah Pengaturan Group Policy

Anda juga dapat mengubah pengaturan Group Policy Editor untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti. Namun metode ini khusus untuk pengguna Windows edisi Pro dan Enterprise. Bagi pengguna Windows edisi Home, lanjut ke metode berikutnya atau anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu untuk mengikuti langkah yang sama dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - System - Logon

  • Kemudian, temukan dan klik dobel pada kebijakan Turn on convenience PIN sign-in di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Enabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


  • Sekarang, restart system anda dan periksa apakah masalah berlanjut.


6. Buat PIN Baru

Jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang membantu anda dalam memecahkan masalah ini, maka anda dapat membuat PIN baru. Sangat mudah untuk membuat PIN baru di PC Windows 10 atau Windows 11. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara melakukannya.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Accounts di panel kiri dan di panel kanan klik Sign-in options.
  • Selanjutnya, perluas PIN (Windows Hello).
  • Dari menu konteks, klik I forgot my PIN.
  • Sekarang, klik Continue dan ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang PIN anda.



Semoga salah satu metode diatas membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara Sign-in dengan atau tanpa password di Windows 11 atau cara menonaktifkan Windows Hello di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Hello PIN Error 0x80090011 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Jika anda menemukan solusi lainnya yang tidak disebutkan diatas, maka jangan lupa untuk berbagi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Hello PIN Error 0x80090011 di Windows 10/11"