Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Windows Hello Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Kemungkinan besar bahwa metode sign-in di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan password. Masalah dengan password adalah anda menggunakan metode yang mudah dipecahkan. Dan jika anda memiliki yang rumit, anda mungkin sering lupa dengannya.


Anda kemudian mencoba menggunakan Windows Hello untuk opsi sign-in anda. Ini adalah fitur autentikasi biometrik yang dapat anda gunakan untuk sign-in menggunakan sidik jari atau pengenalan wajah anda. Berkat metode sign-in ini, akan menjadi lebih mudah sign-in di Windows 10 anda.


Namun beberapa pengguna Windows 10 dan Microsoft Surface Pro telah mengalami masalah dengan Windows Hello mereka setelah mereka menginstal update fitur Windows 10 atau Windows 11 terbaru. Dari apa yang saya himpun, fitur lainnya tidak ditemukan masalah termasuk kamera yang tampaknya berfungsi dengan baik, tetapi tidak untuk Windows Hello. Jadi mari kita kupas penyebabnya dan cara memperbaikinya.



Windows Hello Tidak Berfungsi


Jika Anda menghadapi masalah dengan Windows Hello di perangkat Surface atau Windows 10 atau Windows 11 anda, cukup ikuti langkah-langkah yang akan saya paparkan di artikel ini dan semuanya harus diakhiri dengan kata sukses. Mari kita lihat secara detail sekarang.



1. Siapkan Trusted Platform Module di Perangkat Anda


Salah satu hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur Trusted Platform Module (TPM) di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda. Alasannya karena fitur ini memberikan keamanan yang terkait erat dengan hardware dan oleh karena itu pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan Windows Hello.

  • Untuk mengaktifkannya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik tpm.msc dan tekan Enter atau klik OK. Melakukan ini sekarang harus membuka Trusted Platform Module (TPM) Management tool.


  • Anda sekarang akan melihat menu di bagian atas dan klik Action kemudian pilih Prepare the TPM dari menu yang muncul.


  • Setelah dipilih, anda harus merestart komputer anda
  • Sekarang pemeriksa kembali apakah Windows Hello anda sekarang berfungsi dengan benar.


Catatan : Jika di jendela TPM management tool anda terdapat pesan Compatible TPM cannot be found dan anda tidak akan menemukan opsi Prepare the TPM, maka kenyataannya bahwa PC anda tidak memiliki TPM. Namun jika ada, maka anda harus mengaktifkannya melalui BIOS.



2. Aktifkan Login PIN Melalui Registry


Opsi lain yang dapat memperbaiki masalah dengan Windows Hello, adalah mengizinkan login dengan PIN melalui Registry. Ini tidak sulit untuk dicapai, jadi mari kita lihat bagaimana menyelesaikannya.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan tombol Enter.


  • Di jendela Registry Editor telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda dapat mengcopy jalur, kemudian mempastenya di address bar registry editor dan tekan Enter.

  • Di panel kanan, temukan AllowDomainPINLogon. Jika tidak ada karena alasan apapun, maka kita harus membuat value tersebut. Klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value. Kemudian beri nama value baru dengan AllowDomainPINLogon.


  • Setelah melakukan semua itu, klik dobel pada value baru tersebut dan ubah value datanya menjadi 1. Tekan OK untuk menyimpan perubahan.


  • Langkah terakhir adalah merestart komputer anda dan periksa kembali apakah masalah Windows Hello masih ada.

Catatan : Jika kemudian anda berhasil menggunakannya, tetapi kemudian suatu saat anda tidak dapat log-in ke PC anda karena anda lupa dengan PIN anda tersebut maka anda kemudian dapat mereset PIN anda. Untuk melakukannya, baca tutorial saya tentang cara reset PIN di Windows 10/11 jika anda lupa.


3. Aktifkan Biometrics dengan Group Policy Editor

Mungkin alasan di balik masalah anda banyak berkaitan dengan fitur biometrik yang dinonaktifkan. Kita tahu bahwa ketika itu tidak diaktifkan, maka Windows Hello tidak berfungsi sebagaimana mestinya, oleh karena itu, kita harus melanjutkan dan menjalankannya dari Group Policy Editor.

Ingatlah bahwa Group Policy Editor hanya tersedia di Windows 10 atau Windows 11 Pro, Windows 10 Enterprise dan Education. Untuk Windows edisi Home, jika anda ingin menggunakan metode ini, anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu.
  • Sekarang buka Group Policy Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.


  • Setelah Local Group Policy Editor terbuka,  navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

  • Di panel kanan, temukan dan klik dobel pada kebijakan Allow the use of biometrics.


  • Di jendela pengaturan kebijakan, klik Enabled kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan.


  • Tutup jendela Group Policy Editor dan restart komputer anda.

Anda kemudian dapat menguji kembali apakah Windows Hello anda kembali berfungsi dengan baik atau tidak.


4. Update Driver Biometric dan Imaging

Hal penting berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengupdate driver Biometric dan Imaging. Kita dapat melakukan ini dengan membuka aplikasi Settings App, kemudian klik Windows Update di kanan atas jendela. Selanjutnya, cukup klik Check for Updates dan tunggu Windows 10 menampilkan update terbaru jika tersedia.



Jika tidak, saya sarankan untuk mengunjungi website resmi driver untuk komputer Surface anda untuk menemukan driver Biometric dan Imaging terbaru.


5. Jalankan Troubleshooter Hardware & Devices

Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah Windows Hello adalah dengan menjalankan troubleshooter Hardware & Devices. Untuk menyelesaikan ini, anda membutuhkan Troubleshooter Hardware & Devices.

Di update terbaru Windows, fitur ini telah di hilangkan Microsoft dari daftar opsi di Settings App, namun fitur ini tidak sepenuhnya hilang dari Windows 10 atau Windows 11. Untuk mencapainya anda harus membaca tutorial saya tentang cara akses Troubleshooter Hardware & Devices di Windows 10/11.



Setelah anda berada disana, anda dapat menggunakannya seperti biasa dan Windows akan memeriksa dan memperbaiki masalah yang ditemukan.


6. Reset Opsi Sidik Jari & Pengenalan Wajah

Tip terakhir untuk memperbaiki Windows Hello adalah mereset opsi Sidik Jari & Pengenalan Wajah.
  • Untuk menyelesaikan ini, buka Settings App kemudian klik Accounts dan pilih Sign-In options di panel kanan.
  • Temukan Windows Hello Face dan Windows Hello Fingerprint di panel kanan dan klik Remove di bawah opsi masing-masing.


  • Setelah itu, klik Get Started dan ikuti petunjuk di layar untuk mereset Sidik Jari dan Pengenalan Wajah.
  • Setelah mereset semuanya, restart PC anda untuk mencobanya kembali apakah itu berfungsi dengan benar.


Terkadang, kemudahan yang diberikan selalu menjadi batu sandungan menjadi penggunanya. Gunakan semua opsi Sign-in yang disediakan jika perlu untuk menjaga agar anda tidak terkunci dari komputer anda sendiri.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

1 comment for "Cara Memperbaiki Windows Hello Tidak Berfungsi di Windows 10/11"