Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset PIN di Windows 10/11 Jika Anda Lupa


Windows 10 dan Windows 11 menyediakan beragam keamanan login di PC anda. Baik itu Hello Face, Fingerprint, Password, PIN, Gambar maupun Security Key. Semuanya itu dapat anda aktifkan secara bersamaan. Namun di artikel kali ini, saya akan fokus pada Pasword ataupun PIN, karena keduanya ini lebih banyak digunakan dari yang lainnya.

Password atau PIN yang baik adalah sesuatu yang sulit untuk dipecahkan oleh orang lain dan tentunya menjadi benteng pertahanan  pada PC kita. Namun perlu dipahami juga bahwa semakin sulit password atau PIN yang kita buat  tentunya semakin sulit untuk kita mengingatnya. Tak jarang jika hal ini sering terjadi pada pengguna. Jika anda menyimpannya dalam sebuah notes, tentu itu pemikiran yang bagus. Namun bagaiman jika tidak dan tidak bisa memecahkan atau mengingatnya kembali? Anda pasti hanya akan memandang login screen anda tanpa bisan masuk kedalamnya untuk melakukan kegiatan anda.

Untuk memecahkan kebuntuhan anda tersebut, ikuti langkah-langkan dibawah untuk meresetnya agar anda dapat menggunakan PC Windows anda.


Mereset PIN Windows 10/11 Saat Tidak Dapat Login

Hal ini dilakukan dengan asumsi bahwa anda telah menambahkan PIN sebagai opsi login PC anda dan terhubung ke akun Microsoft anda.

Satu hal yang perlu anda ketahui adalah jika anda telah mengaktifkan beberapa opsi login di PC anda misalnya Password, maka anda dapat menggunakan opsi tersebut untuk masuk ke Windows anda tanpa harus bingung dengan PIN yang anda lupa.
  • Di login screen pilih Sign-in options dan selanjutnya klik Microsoft account password.
  • Masukan password Microsoft anda tekan Enter atau klik tanda panah, dan anda akan masuk ke Windows 10 anda.
  • Setelah masuk, anda kemudian dapat mereset PIN anda.

Namun jika anda ingin langsung mengubah PIN anda, maka ikuti langkah dibawah ini.
  • Mulailah dengan membuka login screen dan mengklik tautan I Forgot My PIN.
  • Setelah mengklik opsi tersebut maka jendela login akun Microsoft akan di tampilkan. Silahkan masukkan password untuk akun Microsoft anda.
  • Anda kemudian dapat memasukkan kode keamanan akun yang ada atau meminta Microsoft untuk mengirim kode baru melalui email. Masukkan kode keamanan dan klik Verify.
  • Selanjutnya masukkan PIN baru anda beserta konfirmasi passwordnya.
  • Anda sekarang berhasil mereset PIN anda yang dapat anda gunakan untuk masuk ke perangkat ini.

Reset PIN Windows 10/11 Ketika Sudah Login

Jika anda memiliki akses ke perangkat Windows anda, tetapi masih ingin mengatur ulang PIN anda, maka ikuti langkah dibawah ini.
  • Mulailah dengan membuka Start menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Account,  kemudian klik Sign-In Options di panel kiri.
  • Di panel kanan, silahkan klik Windows Hello PIN diikuti dengan mengklik I forgot my PIN.
  • Selanjutnya klik Continue pada jendela baru yang muncul, kemudian masukkan password Microsoft anda.

  • Dilangkah selanjutnya masukkan PIN baru anda beserta konfirmasinya untuk menyelesaikan perubahan.


Microsoft memberikan beragam keamanan login di PC Windows anda dan juga diimbangi dengan kemudahan dalam meresetnya jika pada suatu titik itu tidak berfungsi di perangkat anda. Ada baiknya juga jika anda menyimpan password atau PIN, terlebih password Microsoft account anda disuatu tempat agar anda tidak mengalami kesulitan dikemudian hari.

Semoga membantu anda.Jangan lupa berbagi pengetahuan tentang cara reset keamanan login Windows anda dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Reset PIN di Windows 10/11 Jika Anda Lupa"