Widget HTML Atas

Memperbaiki Error Class not registered Saat Membuka Gambar di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna mendapatkan pesan error Class not registered dan error ini mencegah mereka membuka gambar di system mereka, tidak peduli apa ekstensi gambar tersebut, baik itu JPG, PNG dan lainnya. Jika masalah seperti ini terjadi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan memberikan solusi terbaik untuk membantu anda memperbaikinya.


Ketika anda melihat pesan error Class not registered di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, itu berarti beberapa file system anda mungkin rusak. Error ini juga dapat terjadi pada berbagai aplikasi atau software yang diinstall pada system anda. Mungkin ada beberapa penyebab error ini selain file system yang rusak dan salah satu kemungkinan penyebab lain terjadinya masalah ini adalah file DLL yang tidak terdaftar.




Memperbaiki Error Class not registered Saat Membuka Gambar


Jika anda melihat pesan error Class not registered saat membuka gambar atau foto atau Video di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka coba beberapa metode perbaikan berikut ini.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan tool troubleshooter bawaan. Dengan menjalankan tool ini, anda dapat memperbaiki banyak masalah yang terjadi pada system anda. Untuk itu, jalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan lihat apakah itu memperbaiki masalah untuk anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.




2. Jalankan Scan SFC


Salah satu kemungkinan penyebab masalah yang terjadi pada system anda adalah kerusakan pada file system. System File Checker (SFC) adalah tool dari Microsoft yang berfungsi untuk menscan komputer pengguna dari kerusakan file system dan memperbaiki masalah tersebut jika memungkinkan. Jalankan scan System File Checker dan lihat apakah itu memperbaiki masalah untuk anda.




3. Periksa Aplikasi Default Anda untuk Melihat Foto


Beberapa program pihak ketiga mengubah aplikasi default di Windows 10 atau di Windows 11. Ini terkadang menyebabkan masalah pada komputer Windows. Jadi, periksa aplikasi default untuk melihat foto anda. Proses untuk mengubah aplikasi default berbeda di system operasi Windows 10 dan Windows 11. Saya menjelaskan proses untuk pengguna Windows 11 dan Windows 10 secara terpisah. Silahkan anda mengikuti sesuai system operasi anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Default apps di panel kiri dan di panel kanan, klik Choose default apps by file type.
  • Selanjutnya anda akan melihat ekstensi file yang berbeda dan aplikasi defaultnya.
  • Sekarang, periksa aplikasi mana yang diatur sebagai default untuk semua ekstensi file gambar. Jika anda menemukan aplikasi selain aplikasi Photos default Windows, maka ubah ke Photos.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Default apps.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, gulir ke bawah dan klik Photos.
  • Setelah mengklik Photos, anda akan melihat semua ekstensi file, termasuk JPG, PNG, BMP, GIF dan lainnya.
  • Jika salah satu dari ekstensi gambar tersebut memiliki aplikasi default selain aplikasi Photos, maka ubahlah. Untuk itu, klik pada aplikasi, kemudian pilih Photos dari daftar dan klik OK.



Jika itu tidak membantu baik itu di Windows 10 atau Windows 11, maka pada halaman Default apps di jendela Settings, anda dapat menggulir ke bawah dan mengklik Reset untuk mereset semua aplikasi ke default.



Pengguna Windows 11 dan Windows 10 juga dapat mengubah aplikasi default mereka dari File Explorer. Untuk ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Luncurkan File Explorer dengan menekan tombol Win + E atau klik ikon File Explorer di taskbar.
  • Selanjutnya, klik kanan pada gambar atau foto dengan ekstensi tertentu, misalnya JPG, kemudian arahkan ke Open with dan pilih Choose another app.


  • Pilih aplikasi Photos dari daftar, kemudian beri ceklist pada Always use this app to open .jpg files dan klik OK.


  • Ikuti prosedur yang sama untuk mengatur aplikasi Photos sebagai default untuk ekstensi file gambar lainnya.



4. Daftarkan Ulang atau Instal Ulang Aplikasi Photos


Jika tidak ada solusi di atas yang memperbaiki masalah anda, maka anda dapat mencoba mendaftarkan ulang atau menginstall ulang aplikasi Photos melalui Windows PowerShell. Mendaftar ulang atau menginstall ulang aplikasi Windows Store sangat membantu jika aplikasi menolak untuk diluncurkan atau menunjukkan beberapa error.


Untuk mendaftarkan ulang aplikasi Photos melalui PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka PowerShell dengan hak admin. Anda dapat menggunakan Search untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.

Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

  • Setelah selesai, restart PC anda.


Jika tidak berhasil, uninstall aplikasi Photos melalui PowerShell dan kemudian menginstallnya kembali. Atau anda dapat mencoba memperbaiki atau mereset aplikasi Photos melalui Settings dan melihat apakah itu membantu.


Semoga salah satu metode diatas bekerja untuk anda. Anda kemudoan dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memutar gambar secara massal di Windows 10/11 atau cara menggunakan aplikasi Photos baru di Windows 11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Class not registered saat membuka gambar di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Memperbaiki Error Class not registered Saat Membuka Gambar di Windows 10/11"