Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Aplikasi Default Sesuai Aktivitas dan Ekstensi Windows


Pernahkah anda mencoba membuka file dan tidak mendapatkan pesan yang menanyakan aplikasi apa yang ingin anda gunakan untuk membukanya? Ketika anda melihat pesan seperti ini, itu berarti bahwa tidak ada aplikasi default yang diatur untuk membuka file seperti itu. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatur aplikasi default sesuai aktivitas dan ekstensi di Windows 10 anda. Jika anda menggunakan Windows 11, maka anda dapat beralih ke artikel ini.


Apa itu Aplikasi default?

Aplikasi default adalah program yang digunakan Windows secara otomatis ketika anda ingin membuka sebuah jenis file tertentu.

Pada System operasi Windows, Microsoft memiliki aplikasi bawaan untuk membuka hampir setiap jenis file yang anda inginkan atau tugas yang ingin anda selesaikan. Secara default, Windows menggunakan salah satu programnya untuk membuka file jenis tertentu setiap kali anda mencoba membuka file.

Tetapi jika anda memiliki program pihak ketiga favorit yang ingin anda gunakan untuk menyelesaikan tugas tersebut, anda dapat memberitahu Windows untuk menggunakan program itu dengan mengubah pengaturan aplikasi default untuk tugas tersebut.

Misalnya, Windows menggunakan Windows Media Player untuk membuka file musik dan video. Jika anda lebih suka menggunakan VLC Media Player untuk jenis file tersebut, anda dapat mengubah pengaturan defaultnya.

Namun, aplikasi default anda hanya dapat menjadi salah satu program yang diinstal pada komputer anda. Anda tidak dapat menggunakan layanan berbasis web untuk membuka file secara otomatis.

Selain itu, anda hanya dapat menetapkan satu program sebagai default untuk setiap tugas atau protokol.


1. Tetapkan Aplikasi Default

Salah satu cara untuk memilih aplikasi default anda adalah dengan mengubah pengaturan, seperti mendengarkan musik, membuka email, atau meluncurkan browser.
  • Buka Setings Windows di Start atau dengan menekan tombol Win + I.
  • Pilih Apps kemudian di halaman selanjutnya klik Default apps di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik pada aplikasi default saat ini dan pilih aplikasi default favorit anda.



2. Ubah Aplikasi Default Berdasarkan Tipe File

Cara lain untuk mengatur aplikasi default adalah dengan tipe file. Ekstensi file mengidentifikasi program yang ditautkan dengan file anda.

Misalnya, file xxxxx.docx yang berakhir dengan ekstensi .docx, ekstensi file yang ditautkan otomatis ke Microsoft Word di komputer anda. Ketika komputer anda melihat ekstensi ini pada file, ia tahu untuk membukanya di Word. Begitu juga dengan tipe file lainnya.

Untuk menetapkan aplikasi default dengan ekstensi file ikuti langkah dibawah ini.
  • Buka Settings (Win + I) dan pilih Apps.
  • Di jendela Default apps, gulir ke bawah hingga anda melihat opsi Choose default apps by file type dan klik itu.

  • Temukan ekstensi file yang ingin anda kaitkan dengan aplikasi default pilihan anda. Daftar ini berdasarkan abjad yang diurutkan.
  • Klik nama aplikasi default untuk ekstensi tersebut atau pada tanda plus jika ekstensi tersebut belum memliki aplikasi defaultnya.
  • Ketika anda mengklik nama aplikasi, anda akan melihat daftar aplikasi yang akan membuka jenis file tertentu. Pilih aplikasi yang ingin anda gunakan.



Cara lainnya adalah dengan klik kanan pada file dan pilih Properties dari menu. Selanjutnya klik Change... di tab General. Di jendela pop-up, pilih aplikasi anda dan klik OK. Di jendela Properties klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Anda juga dapat klik kanan pada file dan pilih Open with - Choose another app. Setelah itu pilih aplikasi favorit anda dan beri ceklist pada Always use this app to open .mp3 files (.mp3 adalah ekstensinya. Jadi bisa .jpeg atau .docx atau .mp4 dan lainnya). Kemudian klik OK untuk menerapkannya.



3. Ubah Aplikasi Default Berdasarkan Protocol

Protocol (Protokol) adalah seperangkat aturan standar yang memungkinkan perangkat elektronik untuk saling berkomunikasi. Misalnya, Skype menggunakan beberapa protokol untuk obrolan teks, audio, dan video. Jika anda memiliki lebih dari satu program yang mampu bekerja dengan protokol itu, anda dapat menetapkan standar yang berbeda untuknya juga.
  • Sekali lagi buka Settings (Win + I) dan pilih Apps.
  • Selanjutnya pada jendela Default apps, gulir ke bawah sampai anda menemukan Choose default apps by protocol dan klik itu.

  • Temukan protokol yang ingin anda gunakan.
  • Kemudian klik pada aplikasi default saat ini dan pilih dengan aplikasi yang baru.



Lain kali jika anda ingin membuka file dan Windows bertanya program mana yang ingin anda gunakan, gunakan proses ini untuk mengatur aplikasi default anda. Dan jangan lupa untuk menggunakan shortcut ini agar anda dapat bekerja lebih cepat di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengatur Aplikasi Default Sesuai Aktivitas dan Ekstensi Windows"