Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Share File Antara Mac dan Windows di Jaringan Anda

 


Apakah anda memiliki Mac dan PC Windows di jaringan yang sama? Mungkin saat ini anda bekerja dari rumah dan menginginkan cara mudah untuk mentransfer file antara Mac dan PC Windows anda. Jika anda ingin berbagi dokumen, foto, video atau musik antara keduanya, maka ada beberapa cara untuk share/berbagi file antara Mac dan PC Windows di jaringan yang sama.


Disini saya akan menunjukkan kepada anda tiga cara cepat dan mudah untuk bertukar file antara macOS dan PC Windows. Gunakan salah satu metode dibawah ini yang anda anggap mudah untuk dilakukan.



1. Gunakan Fitur Windows File Sharing dari Apple


Jika anda pengguna macOS, komputer anda memiliki fitur share file di dalamnya. Dengan sedikit konfigurasi, anda dapat menyiapkan share file antara Mac dan PC Windows manapun di jaringan anda.


  • Di toolbar Mac anda, pilih logo Apple dan navigasikan ke System Preferences… - Sharing.

  • Di menu sebelah kiri, pilih File Sharing dan klik Options….



  • Windows File Sharing mencantumkan semua user account yang terdaftar di Mac ini. Pilih akun yang ingin anda share dengan Windows.



  • Masukkan password untuk user account ini saat diminta dan klik Done.

  • Selanjutnya, navigasikan kembali ke layar utama System preferences… dan klik Network.

  • Pada menu di sebelah kiri, pilih koneksi jaringan aktif anda dan klik Advanced….



  • Pilih tab WINS di jendela selanjutnya.



  • Masukkan nama workgroup yang digunakan oleh komputer Windows di jaringan anda. Windows biasanya menggunakan WORKGROUP atau MSHOME. Jika anda tidak mengetahui nama workgroup, di komputer Windows, buka Control Panel - System and Security - System. Gulir kebawah dan klik Advanced system settings atau Rename this PC. Anda sekarang harus melihat nama workgroup di tab Computer name.



  • Kembali ke Mac anda. Setelah memasukan nama workgroup, klik OK - Apply.


Anda siap untuk mulai share file dengan PC Windows anda.


Untuk bertukar file, buka jendela Finder di macOS dan pilih Network. Sekarang anda akan melihat daftar semua perangkat yang dikenal di jaringan ini, termasuk PC Windows yang anda daftarkan sebelumnya.



2. Tukar File Menggunakan Snapdrop


Jika anda hanya ingin bertukar file sesekali, anda mungkin ingin mencoba Snapdrop. Jika anda pernah menggunakan AirDrop Apple, tool ini akan terlihat tidak asing.




Snapdrop adalah tools online lintas platform yang memungkinkan anda bertukar file di berbagai system operasi, termasuk macOS dan Windows. Cukup buka Snapdrop di PC Windows dan Mac anda, dan tools ini akan mendeteksi kedua perangkat secara otomatis.


Anda kemudian dapat bertukar file dengan drag and drop file ke jendela aplikasi, persis dengan cara yang sama anda menggunakan AirDrop.


Untuk lebih lengkapnya tentang snapdrop, anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengirim file dengan Airdrop di Android dan Nearby Sharing di Windows 10



3. Gunakan Cloud


Jika anda rutin men-share file dengan perangkat lain, mungkin ada gunanya menyiapkan akun penyimpanan cloud bersama.


Saat ini, ada banyak sekali tools berbasis cloud gratis tempat anda dapat bertukar file dan bahkan berkolaborasi dengan orang lain secara real time. Jika anda hanya ingin berbagi file statis, DropBox selalu menjadi pilihan yang populer, sementara Google Drive memungkinkan anda bekerja secara kolaboratif pada dokumen.


Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara termudah dan tercepat mengirim foto dari Android ke PC Windows 10 atau cara mengakses iCloud dari perangkat Android.


Apa masukan metode anda untuk share file antara Mac dan PC Windows? Jika anda ingin share file antara Windows dan Android atau Windows dengan Linux, saya memiliki solusinya.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Share File Antara Mac dan Windows di Jaringan Anda"