Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim File Dengan Airdrop di Android dan Nearby Sharing di Windows 10/11


Saat menulis postingan yang berhubungan dengan ponsel Android, saya selalu dan sering mengirim screenshot ataupun video dari ponsel saya ke komputer saya menggunakan bluetooth untuk saya gunakan dalam artikel saya. Itu terlihat bagus jika filenya sedikit dan ukurannya pun kecil, namun jika filenya banyak dan berukuran besar itu sangat memakan waktu sehingga lebih baik menyambungkan kedua perangkat dengan kabel data, dan itu lagi-lagi sedikit merepotkan dan membutuhkan waktu.

Kemudian suatu saat terlintas pemikiran saya, bahwa pekerjaan kecil dan sederhana ini pasti akan lebih mudah jika saya memiliki aplikasi Apple AirDrop di ponsel Android saya sehingga saya dapat mengirim foto atau video dengan cepat dan mudah.

Sayangnya, AirDrop hanya berfungsi pada platform Apple. Aplikasi ini tidak pernah bercabang dan mengembangkan teknologi untuk platform lain seperti Windows dan Android. Namun, anda dapat menemukan aplikasi pengganti lain yang akan bekerja dengan cara yang sama pada PC Windows dan Android anda. Anda juga dapat mengirim file di antara dua mesin Windows seperti halnya AirDrop di antara dua Mac.


A. Alternatif Airdrop: Snapdrop

Jika anda tidak mempunyai bluetooth (khususnya pada PC desktop) dan anda perlu mengirim file antara perangkat ponsel dan PC, anda dapat menggunakan Snapdrop. Snapdrop adalah platform berbagi file yang telah tersedia sejak tahun 2015. Ini memungkinkan anda mentransfer file antara dua perangkat, apapun system operasinya (termasuk produk Apple). Yang diperlukan adalah kedua perangkat anda berada di jaringan yang sama.

Snapdrop bagus untuk sebagian besar file, tetapi terkadang file yang lebih besar mungkin tidak berfungsi juga. Anda juga membutuhkan Wi-Fi yang bagus untuk mengirim data dengan sukses.

Fitur lain yang bagus dari Snapdrop adalah tidak ada yang dipasang. anda dapat menambahkan ikon ke layar beranda ponsel anda dan menandai situs di PC anda untuk memiliki akses mudah ke platform.

1. Untuk mengirim file anda dengan Snapdrop, buka jendela browser, dan sambungkan ke www.snapdrop.net. Lakukan ini pada kedua perangkat yang akan anda gunakan. Catatan: Anda harus menggunakan snapdrop.net. Situs Github "https://onedoes.github.io/snapdrop/" tidak berfungsi dengan benar. Lakukan ini di PC dan ponsel anda.

2. Setelah kedua perangkat terhubung, ikon untuk perangkat lain akan muncul di layar.

3. Untuk mengirim file, ketuk ikon yang mewakili perangkat yang ingin anda kirim filenya.


4. Pilih jenis file yang ingin anda kirim. Untuk mengirim file, klik My files atau opsi serupa, dan ketuk file yang ingin anda kirim. Pilih kamera untuk mengambil gambar, dan Snapdrop akan segera mengirimkannya ke perangkat lain. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan video.


5. Terima transfer pada perangkat lain.

Hanya itu yang dibutuhkan. File anda biasanya akan ditransfer dalam hitungan detik!


B. Nearby Sharing Windows 10/11

Jika anda ingin berbagi file antara dua PC Windows di jaringan yang sama, anda dapat menggunakan opsi Nearby Sharing yang tersedia di Windows 10 atau Windows 11. Ini berfungsi seperti AirDrop tetapi hanya berfungsi di antara PC, bukan di perangkat seluler manapun. Ini menggunakan kombinasi Wi-Fi dan Bluetooth untuk mengirim file dengan cepat.

Untuk menggunakan Nearby Sharing, kedua komputer harus terhubung ke jaringan yang sama, memiliki update Windows setidaknya 1803, dan Bluetooth diaktifkan. Anda dapat memilih dalam pengaturan dari siapa anda ingin menerima file, tetapi anda masih harus menerima setiap file yang mereka kirim secara terpisah.

Ikuti langkah dibawah ini untuk menggunakannya.

1. Buka Action Center kedua komputer dengan mengklik ikon paling kanan taskbar atau dengan menekan tombol Win + A, kemudian aktifkan Nearby Sharing dengan mengklik sekali padanya.


Anda juga dapat menemukan ini di Settings - System - Shared Experiences untuk Windows 10. Disini, di panel kanan, klik tombol Nearby Sharing ke On. Sementara di Windows 11, klik System di panel kiri dan klik Nearby sharing di panel kanan. Kemudian perluas Nearby sharing dan pilih My device only atau Everyone nearby.


2. Setelah pengaturan diaktifkan,  buka file yang ingin anda bagikan.

3. Klik kanan pada file tersebut dan pilih Share.


4. Klik pada nama PC yang ingin anda bagikan file. (Dalam dialog ini anda juga dapat mengubah nama komputer anda menjadi sesuatu yang lebih berbeda agar perangkat anda terorganisir dengan baik.)

5. Anda akan melihat Sharing to (PC name) saat PC anda menunggu PC lain untuk menerima permintaan berbagi.


6. Pemberitahuan akan muncul di Action Center di PC lain. Untuk membuka Action Center, klik ikon pemberitahuan di sudut kanan bawah layar anda, atau tekan Win + A di keyboard anda.

7. Klik Save untuk menyimpan file ke PC atau Save & Open untuk menyimpannya dan segera membukanya.

8. PC pengirim kemudian akan mengirim file ke PC penerima. Transfer mungkin memakan waktu. Itu tergantung pada ukuran file dan kecepatan koneksi Bluetooth.


Meskipun AirDrop tidak hadir untuk pengguna Android atau Windows dalam waktu dekat, jangan berkecil hati karena ada opsi lain untuk digunakan dengan pengalaman serupa. Dan mungkin dalam waktu dekat, Google akan merilis aplikasi berbagi file menggunakan wireless yang bernama Fast Share. Aplikasi ini akan menggantikan fitur Android Beam yang tidak efisien dan jarang digunakan.

Jika anda belum mencoba metode berbagi file ini sebelumnya, tidak ada salahnya anda mencobanya, mungkin anda menyukainya, dan beritahu saya pendapat anda setelah menggunakannya. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengirim File Dengan Airdrop di Android dan Nearby Sharing di Windows 10/11"