Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengakses Dropbox Dari Akun Gmail Anda


Di masa lalu, Dropbox bekerja dengan Microsoft untuk mengintegrasikan sistem penyimpanan mereka dengan perangkat lunak Microsoft office. Kedua perusahaan produk dibuat lebih baik dengan bekerja sama. Sekarang Dropbox melakukan hal yang sama dengan Google yang mengembangkan add-on (pengaya) untuk GSuite agar menjadikan pengunduhan lampiran lebih mudah.

Sebelum pengaya ini dirilis, Dropbox telah merilis ekstensi untuk Gmail yang berfungsi di browser Chrome. Agar berfungsi, anda harus menggunakan Chrome. Add-on baru ini berfungsi melalui Gmail itu sendiri dan berfungsi di perangkat seluler. (Pada tulisan ini, itu hanya tersedia untuk Android, tetapi rilis untuk iPhone akan segera hadir.)


Apa yang dilakukan dengan Dropbox?


Pengaya Dropbox baru untuk Gmail memberi anda kemampuan untuk mengakses Dropbox dari akun Gmail anda. Anda dapat melihat semua folder dan file Dropbox anda tanpa meninggalkan Gmail dan menyimpan dokumen anda ke Dropbox tanpa meninggalkan kotak masuk anda. Ini membantu penantang organisasi di antara kami menyimpan file yang dapat diakses tanpa harus mengunduh semuanya ke folder Unduhan.

Manfaat pengaya Dropbox untuk Gmail adalah jauh lebih mudah untuk mengirim dan menerima file besar. Setelah lampiran disimpan ke Dropbox, siapa pun yang anda pilih dapat membuka file itu tanpa perlu perangkat lunak khusus. Anda juga memiliki jumlah penyimpanan terbatas di Google Drive, dan anda mungkin tidak ingin mengunyah semuanya hanya dengan beberapa file besar. Mengunduh lampiran menggunakan pengaya ini akan menghemat ruang di Google Drive anda untuk dokumen lain.

Dropbox untuk Gmail tidak hanya menampilkan daftar nama file lampiran yang anda simpan, tetapi juga menampilkan informasi seperti siapa yang mengirim file, ketika dibagikan, dan lokasinya. Jika anda pernah harus menggulir kembali melalui untaian email yang tak terhitung jumlahnya untuk menemukan file, ini akan menyederhanakan proses tersebut.

Jika ada lebih dari satu lampiran di utas email, semua lampiran dicantumkan di panel Dropbox saat anda membuka percakapan itu.


Cara mendapatkan Dropbox untuk Gmail

1. Buka Gmail di Web.

2. Klik Settings dan pilih Get Add-ons.


3. Ketik Dropbox for Gmail di kotak pencarian dan tekan Enter.


4. Klik Instal.


5. Pilih akun yang ingin anda gunakan dan kemudian menerima izin.

Anda juga dapat menemukannya dengan pergi langsung ke GSuite Marketplace dan mengunduhnya dari sana.


Menggunakan Dropbox dari Gmail

Setelah anda menginstal pengaya, arahkan ke percakapan email dengan lampiran untuk mengaktifkan Dropbox. Jika anda tidak melakukan ini, sepertinya instalasi tidak berfungsi karena anda tidak akan melihat ikon Dropbox. Ini tidak akan ditampilkan sampai anda membuka email untuk dipindai.

1. Klik ikon Dropbox di kolom kecil di sisi kanan layar. Jika anda belum mempunyai Dropbox, maka anda akan diminta untuk membuatnya terlebih dahulu. Ikuti langkahnya. Gampang caranya!! Jika sudah ikuti langkah selanjutnya.


2. Di jendela Dropbox, klik lampirannya. Anda harus melakukan ini untuk menyimpan dokumen. Hanya membuka sidebar tidak akan melakukan hal itu.


3. Sekarang anda dapat menavigasi folder Dropbox anda, pilih folder tempat anda ingin menyimpan file, dan klik Save.


4. Tampilan layar dibawah ini memungkinkan anda mengetahui bahwa file anda telah disimpan.



Menggunakan Add-on dengan Perangkat Seluler

Pengaya ini juga berfungsi di perangkat seluler, yang nyaman, terutama jika anda bekerja dengan file besar yang tidak ingin anda unduh ke ponsel anda. Saat anda membuka email dengan lampiran di ponsel anda, temukan ikon Dropbox di bagian bawah layar. Ketika anda mengetuk gambar, anda akan melihat opsi yang sama seperti yang ada di desktop.



Berbagi Dokumen Dropbox Anda

Pengaya baru ini membuat berbagi menjadi lebih mudah.

1. Untuk membagikan file, anda harus membuka Dropbox di browser. Anda melakukan ini dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas pada bilah sisi yang terbuka.

2. Pilih Open Dropbox.


3. Jika Dropbox sudah terbuka, silahkan pilih file yang ingin anda bagikan dan klik tombol Share yang muncul di samping kanan file.


4. Jika anda ingin mengirim dokumen melalui email ke teman atau kolega, yang perlu anda lakukan hanyalah mengetikkan alamat email di kotak yang benar.


5. Untuk mengirim link melalui email, tekan tombol Create a link untuk membuat link, lalu klik Copy Link dan menyalinnya. Anda kemudian dapat menambahkannya ke email.

Apakah anda seseorang yang sering bekerja dengan file besar yang perlu anda bagikan dengan orang lain? Atau apakah anda mencari cara baru untuk membuat semua unduhan anda tetap teratur? Jika demikian, pengaya Dropbox for Gmail ini mungkin layak untuk anda gunakan.

Sekian tutorial kali ini. Trimakasih sudah mengunjungi blog ini dan semoga anda terbantu. GBU

Post a Comment for "Cara Mengakses Dropbox Dari Akun Gmail Anda"