Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berbagi File Antara Android dan Windows 10/11 di Jaringan Wi-Fi Anda


Dengan memiliki smartphone yang sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, anda mungkin menemukan diri anda pada saat-saat dimana anda ingin mentransfer file antara perangkat Android dan Windows 10 atau Windows 11. Untungnya, sangat mudah untuk mencapai hal ini di era sekarang ini.


Cara Mengakses File Android di Windows 10/11

Perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa ada banyak cara untuk melakukan transfer ini. Seperti Bluetooth yang bermanfaat, atau menghubungkan kabel antara PC dan ponsel anda, atau menggunakan cloud OneDrive atau juga menggunakan Your Phone Companion dan lainnya. Namun, tutorial kali ini akan berfokus pada cara mentransfer file melalui jaringan Wi-Fi anda.

Ada banyak aplikasi yang dapat mencapai ini, tetapi untuk artikel ini, saya akan fokus pada solusi yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan software apapun untuk diinstal pada PC anda. Dengan begitu, tidak ada pengaturan yang khusus atau bloatware, jadi metode ini hanya transfer cepat dan mudah.

Dan pada perangkat Android anda, saya menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi Sweech untuk tutorial ini. Ini karena Sweech sangat cepat dipasang dan anda dapat mentransfer file dalam satu hingga dua menit setelah mendownloadnya.

Saat anda mendownload Sweech, tekan tombol Play besar yang muncul dan berikan izin aplikasi dengan mengetuk Allow agar aplikasi dapat mengakses file anda.


Kemudian, Sweech akan menunjukkan Local IP address dan port anda.


Ketik Local IP address dan Port ke address bar browser di PC anda, tekan Enter, dan anda akan melihat system file ponsel anda.

Sekarang, anda dapat menelusuri ponsel anda seolah-olah itu adalah folder di PC anda. Ini termasuk menyeret file dari folder ponsel anda ke PC, serta memasukkan file ke dalam folder di ponsel anda. Setelah anda selesai, ketuk tombol Stop di aplikasi untuk mematikan transfer file.


Setiap kali anda menggunakan Sweech, itu akan menggunakan alamat IP dan port yang sama. Karena itu, jika anda tidak ingin terus mengetik alamat saat menggunakan Sweech, anda dapat menyimpan alamat ini ke bookmark browser PC anda untuk akses cepat.

Anda dapat menggunakan shortcut di sebelah kiri untuk memfilter konten berdasarkan jenis. Anda bahkan dapat mengirim data ke clipboard ponsel anda dari PC. Cukup ketik apa yang anda inginkan, lalu klik ikon clipboard biru untuk mentransfernya ke telepon.


Cara Mengakses File Windows 10/11 di Android

Mengakses folder Windows 10 atau Windows 11 di Android sedikit lebih rumit. Pertama, anda perlu membuat file atau folder dapat diakses oleh perangkat luar.


Membuat File atau Folder Public

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memindahkan atau menngcopy file ke folder Public Windows 10 atau Windows 11 anda. Biasanya, ini terletak di C:\Users\Public. Folder ini spesial karena secara otomatis disiapkan untuk mengizinkan pengguna lain di jaringan anda mengaksesnya.

Jika anda ingin membagikan folder tanpa memindahkannya ke Public, anda dapat mengaturnya seolah-olah folder tersebut berada di folder Public. Untuk melakukannya, klik kanan file atau folder yang ingin anda bagikan, lalu klik Properties.

Buka tab Sharing, kemudian klik Share.


Di menu drop-down, pilih Everyone, kemudian klik Add. Setelah itu klik Share di kanan bawah.


Secara default, anda memerlukan kredensial pengguna anda untuk mengakses folder Public PC anda dari luar. Jika anda lebih suka tidak memasukkannya setiap saat, dan anda mempercayai semua perangkat di jaringan anda, anda dapat menonaktifkan persyaratan dan mengizinkan tamu untuk melihat file public anda.

Untuk melakukan ini, ketik advanced sharing di Search Windows dan pilih opsi yang muncul.


Gulir ke bawah ke kategori All Networks - anda mungkin perlu memperluasnya. Di kategori ini, temukan dan klik opsi Turn off password protected sharing, kemudian klik Save Changes.


Sekarang anda dapat mengakses file public anda tanpa masuk. Pastikan untuk mengaktifkannya kembali jika anda tidak ingin orang lain di jaringan anda mengintip file anda.


Mengakses File di Android

Sekarang saatnya mendapatkan akses ke file tersebut. Anda memerlukan file explorer yang memiliki kemampuan LAN agar dapat mengakses PC anda.

Jika anda memiliki aplikasi pilihan, gunakan itu. Untuk artikel ini, bagaimanapun, saya akan menggunakan FE File Explorer. Saya memilih aplikasi ini karena mudah untuk terhubung ke PC anda, baik anda menggunakan akun sendiri atau dengan akun guest.

Saat anda membuka FE File Explorer, ketuk tombol Plus di kanan bawah dan ketuk Windows di halaman selanjutnya


Di sini, anda dapat memasukkan detail jaringan PC anda. Jika anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama dengan PC anda, anda tidak perlu repot; cukup gulir ke bawah dan temukan PC anda di bagian Network Neighborhood.


Aplikasi kemudian akan menanyakan apakah anda ingin masuk ke PC atau menggunakan akun guest. Jika anda tetap mengaktifkan password protected sharing, pilih opsi Registered User dan masuk. Jika anda mematikannya, pilih opsi Guest.

Setelah selesai, anda sekarang dapat menavigasi folder public PC anda. Navigasikan ke file yang ingin anda download, lalu ketuk tiga titik di samping masing-masing file untuk melihat semua tindakan yang dapat anda lakukan atau tahan dan tekan file untuk memilih beberapa file untuk di download atau dipindahkan.


Seperti yang anda lihat, cukup mudah untuk mentransfer file antara Android dan Windows 10 atau Windows 11. Begitu banyak cara mudah untuk melakukannya termasuk di artikel ini. Semoga ini dapat membantu anda.

Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Berbagi File Antara Android dan Windows 10/11 di Jaringan Wi-Fi Anda"