Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki USB Drive yang Rusak di Linux



Setiap orang memiliki pasti flash drive. Mereka adalah hal-hal kecil yang hebat, dan mereka membuat pengamanan data menjadi lebih mudah. Namun, terkadang flash drive bisa rusak atau berhenti bekerja. Jika anda adalah pengguna Linux dan ini terjadi pada anda, ada cara mudah untuk memperbaikinya. Namun jika anda pengguna Windows, anda dapat membaca disini untuk mendapatkan perbaikannya.


Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa trik yang sangat sederhana tentang bagaimana anda bisa mengembalikan flash drive anda agar dapat berfungsi kembali.


Catatan: Trik yang diuraikan dalam artikel ini tidak selalu eksklusif untuk USB drive dan trik ini juga dapat digunakan pada hard drive anda.



Menghapus Bad Block dari USB drive dengan fsck


Cara mudah untuk memperbaiki flash drive, atau drive apapun adalah dengan menggunakan tools fsck. Tools ini sangat bagus untuk menghapus file block yang rusak/korup, karena sebagian besar file yang korup dan tidak terbaca berasal dari masalah seperti ini. Untuk menghapus file block yang korup dari USB flash drive, buka jendela terminal dan masukkan perintah berikut.


Pengguna harus mencari tahu apa tujuan drive pada system sebelum segala sesuatunya dapat bergerak maju. Lakukan ini dengan memasukkan perintah lsblk. Ini akan mencantumkan semua disk yang terpasang di system anda.

lsblk

Catatan: Perintah lsblk mencantumkan semua disk, bukan hanya drive USB. Perhatikan baik-baik outputnya, karena hard drive dapat salah dikira sebagai flash drive.



Untuk menghapus file block yang korup, jalankan perintah fsck pada partisi tertentu (mis. /Dev/sdc1), atau seluruh disk (mis. /Dev/sdc). Setelah selesai, USB drive akan memiliki partisi yang sehat kembali dan beroperasi penuh di Linux.

sudo fsck /dev/sdc1

Catatan: Tutorial ini mengasumsikan bahwa flash drive adalah /dev/sdc (atau /dev/sdc1). Pengguna mungkin memiliki label yang berbeda untuk flash drive mereka di system mereka.




Mengosongkan USB Drive

Terkadang drive USB tidak dapat dibaca sama sekali hingga tidak layak lagi disimpan. Ketika ini terjadi, jalur terbaik sering kali hanya menghilangkan data dan memulai kembali. Tools terbaik untuk pekerjaan dalam situasi ini adalah dd dan bekerja dengan cukup baik.

Mulailah dengan mengambil label drive yang ditemukan sebelumnya dengan perintah lsblk dan terapkan logika yang sama. Ingatlah bahwa /dev/sdc1 adalah partisi, sementara /dev/sdc adalah keseluruhan perangkat.

sudo dd if=/dev/zero of=/dev/sdc


Membuat File System Baru

Mengosongkan USB drive (atau perangkat apapun dalam hal ini) membuat data di dalamnya sama sekali tidak berguna. Ini berarti anda perlu membuat partisi data baru. Pilih file system, kemudian jalankan perintah berikuti dibawah ini. (Gunakan hanya satu perintah sesuai dengan file system yang anda pilih).


FAT32:
sudo mkfs.msdos -f 32 /dev/sdc1

EXT4:
sudo mkfs.ext4 -f /dev/sdc1

NTFS:
sudo mkfs.ntfs -f /dev/sdc1

USB flash drive adalah perangkat yang berguna. Mereka memudahkan orang untuk dengan mudah mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya, terlepas dari system operasi yang dijalankannya. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat drive tidak lagi dapat diakses. Untungnya, Linux dilengkapi dengan beberapa tools yang sangat berguna yang membuat penyimpanan flash drive cukup mudah.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda dalam memperbaiki USB drive anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki USB Drive yang Rusak di Linux"