Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki USB atau Drive Eksternal yang Menunjukkan Kapasitas yang Salah

 


Terkadang, saat anda mencoba memformat USB atau drive eksternal, ini menunjukkan lebih sedikit ruang yang tersedia daripada total ruang sebenarnya. Selain itu, ini mungkin menampilkan beberapa pesan error di akhir proses. Tidak ada penjelasan dan alasan lebih lanjut mengapa hal itu terjadi. Tetapi jangan khawatir, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti beberapa metode yang saya uraikan dibawah ini.



USB Drive Menunjukkan Ukuran yang Salah pada Windows 10/11


Anda dapat memperbaiki ukuran USB yang salah dan mereset kemudian memulihkan kembali USB drive ke kapasitas aslinya menggunakan Bootice ataupun command prompt .

Catatan : Kedua metode ini akan menghapus semua data yang ada pada USB drive atau drive eksternal anda.


1. Menggunakan Aplikasi Bootice


Fungsi utama software ini adalah untuk memformat USB drive baru agar dapat berjalan dengan lancar di Windows. Aplikasi gratis ini juga dilengkapi dengan pengelola bawaan yang memungkinkan anda menghapus atau mengubah data tanpa merusak file dan folder di bagian lain komputer.


Bootice akan menggabungkan dua partisi dari pen drive anda sehingga anda bisa mendapatkan kembali seluruh ruang penyimpanan anda. Opsi ini dipilih karena ini tidak mungkin dilakukan dengan Disk Management atau opsi Format standar dimana keduanya tidak dapat melakukan apapun untuk memperbaiki ini.

  • Pertama, download Bootice. Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini karena Bootice adalah software portabel.
  • Sekarang, hubungkan USB atau drive eksternal anda dan jalankan Bootice di PC anda. Anda akan mendapatkan layar yang terlihat seperti gambar dibawah ini.



  • Cukup klik pada Parts Manage.
  • Sekarang, anda dapat menemukan semua partisi yang anda miliki di drive anda. Anda mungkin menemukan setidaknya dua partisi di layar anda. Jika anda mendapatkan ini, cukup klik pada Re-Partitioning.


  • Di jendela repartitioning, atur sesuai dengan gambar dibawah ini kecuali Vol Label terserah anda. Setelah itu klik OK.


  • Anda akan mendapatkan pesan peringatan, klik OK untuk mulai proses partisi USB atau drive eksternal anda.



Setelah menyelesaikan partisi ulang, anda akan mendapatkan kembali seluruh ruang disk anda.



2. Menggunakan Command Prompt


Command Prompt di Windows 10 dan Windows 11 adalah tools yang handal untuk memperbaiki beberapa masalah paling aneh. Masalah ukuran USB drive yang salah di Windows 10 juga dapat diperbaiki menggunakan tools ini.

  • Buka command prompt dengan hak admin (Run as administrator) dan masukan perintah berikut kemudian tekan Enter.
Diskpart

  • Selanjutnya, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk melihat semua disk yang terpasang ke komputer anda. USB Drive anda akan menjadi salah satu dari daftar disk.
List disk

  • Sekarang, untuk memulai operasi di drive anda, jalankan perintah berikut dibawah ini. Jangan lupa mengganti No_Disk dengan angka disk drive anda.
Select disk (No_Disk)

  • Selanjutnya, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk membersihkan USB drive anda.
Clean

  • Setelah drive dibersihkan, jalankan perintah berikut untuk membuat partisi baru.
Create partition primary

  • Pada akhirnya, untuk memformat drive ke format FAT32, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
Format fs=fat32 quick

  • Lepaskan USB atau drive eksternal anda dan hubungkan kembali ke komputer anda.


Anda sekarang dapat menggunakan USB atau drive eksternal anda dengan kapasitas penyimpanan sesuai aslinya.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki USB atau Drive Eksternal yang Menunjukkan Kapasitas yang Salah"