Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengoptimalkan Performa USB Drive di Windows 10/11


Windows 10 tidak lagi mengoptimalkan perangkat penyimpanan eksternal untuk Better Performance sejak update Oktober 2018. Sebagai gantinya Windows 10 menghadirkan Quick Removal sebagai kebijakan default.

Dengan menggunakan Quick Removal sebagai kebijakan default dari Windows 10 maka anda dapat mencabut perangkat penyimpanan anda tanpa harus menggunakan Safely Remove Hardware. Ini merupakan opsi baru yang menggoda dibandingkan dengan Better Performance yang berfungsi sebagai system pengontrol antara Windows dengan perangkat eksternal dan mengharuskan kita mencabut perangkat eksternal menggunakan Safely Remove Hardware. Opsi inipun kemudian diteruskan di Windows 11.


Quick Removal memang sebuah terobosan yang baik. Dengan menggunakan kebijakan ini Windows akan menulis data ke drive secepat mungkin dan ini memastikan anda dapat mencabut USB drive atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya tanpa harus menggunakan opsi Safely Remove. Tapi apakah anda tahu, bahwa mungkin sebuah program lain sedang menulis ke USB drive anda di background, jadi saya sarankan anda tetap menggunakan opsi Safely Remove Hardware sebelum mencabutnya untuk mengurangi risiko korupsi data.

Kekurangan dari kebijakan Quick Removal ini adalah dapat memperlambat atau bahkan menghentikan aplikasi yang sedang anda gunakan hingga proses penyimpanan selesai. Hal ini berbanding terbalik dengan kebijakan Better Performance.

Jika anda ingin mengaktifkan Better Performance agar anda tidak terganggu dengan menyalin file dari/ke USB drive anda, maka anda dapat melakukannya secara terpisah untuk masing-masing perangkat penyimpanan eksternal anda. Windows akan mengingat pengaturan ini setiap kali anda menggunakan USB drive tersebut. Namun opsi ini tidak akan berlaku jika anda mencolokkan USB drive ke PC lain atau anda menggunakan USB drive lain di PC anda.


Cara Mengaktifkan Better Performance
  • Pastikan anda telah menghubungkan perangkat penyimpanan eksternal ke PC anda.
  • Buka Disk Management tool untuk mengontrol USB drive anda. Untuk membukanya, tekan tombol Win + X atau klik kanan Start pada Windows 10 dan pilih Disk Management dari daftar. (Untuk Windows 7, tekan Win + R, ketik diskmgmt.msc dan tekan Enter).
  • Temukan disk drive anda di jendela Disk Management. Kemudian klik kanan padanya dan pilih Properties. (Klik kanan di Disk 2/3/4 dst, bukan pada nama USB drive yang anda berikan). Jika anda tidak yakin yang mana disk drive perangkat penyimpanan eksternal anda, anda dapat memeriksanya File Explorer sebelum melanjutkan.
  • Pada jendela Properties, klik tab Policies. Disini anda akan melihat bahwa default kebijakan di atur ke  Quick Removal.
  • Untuk mengubahnya silahkan pilih Better performance. Anda juga harus mengaktifkan pengaturan Enable write caching on the device agar performa yang lebih baik.
  • Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Catatan : Jangan aktifkan opsi Turn off Windows write-cache buffer flushing on the device kecuali perangkat penyimpanan eksternal anda memiliki power terpisah karena ini dapat menyebabkan data menjadi hilang jika komputer anda tiba-tiba mati.

Perubahan ini hanya berlaku untuk perangkat USB ini, dan anda harus mengulangi proses ini untuk menerapkannya ke perangkat eksternal lainnya dan setelah mengubah pengaturan ini, ingatlah untuk menggunakan opsi safely remove hardware sebelum anda mencabut USB drive anda dari PC.


Jika suatu saat anda berubah pikiran dan ingin mengembalikan ke pengaturan default, anda dapat kembali ke jendela Properties perangkat dan pilih Quick removal (default).

Quick removal sebagai kebijakan default untuk perangkat eksternal ini memang sebuah terobosan yang baik untuk para pengguna, namun dengan kekurangannya yang mana dapat menghentikan aplikasi saat di gunakan akan menjadi permasalahan yang baru. Dan ini bagi saya sedikit membingungkan pengguna, apakah harus mencabut perangkat dengan aman atau harus sedikit terganggu saat penggunaannya.

Bagaimana menurut anda? Mana kebijakan yang terbaik menurut anda? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. 

Post a Comment for "Mengoptimalkan Performa USB Drive di Windows 10/11"