Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kita Benar-Benar Perlu ''Safely Remove'' Untuk Perangkat USB?


Pernahkah anda memperhatikan bahwa ketika anda menancapkan USB drive di PC, Windows akan menempatkan ikon kecil di system tray yang memberitahu anda bahwa anda dapat melepaskan USB drive dengan aman? Jika anda mengeklik opsi untuk melakukannya, Windows kemudian akan memberitahu anda bahwa menghapus drive itu aman. Namun, apa artinya “Safely remove” USB drive? Dan apakah kita perlu melakukannya dengan semua perangkat USB?


Apa itu Safely Remove

Jadi mengapa kita repot-repot melepaskan USB drive, dan apa yang terjadi jika kita tidak melakukannya?


Untuk memahami ini, kita harus melihat bagaimana komputer menggunakan file. Katakanlah anda memiliki dokumen teks pada USB drive, dan anda membukanya di komputer melalui USB drive tersebut. Komputer anda akan mengambil dokumen dan memuatnya ke dalam RAM, tempat anda dapat mengubahnya. Jika anda pernah mengalami pemadaman listrik atau kerusakan komputer, anda akan tahu bahwa setiap perubahan yang anda lakukan pada dokumen saat dalam RAM hilang ketika komputer kehilangan daya. Itulah sebabnya kita menggunakan perintah "Save" untuk menyimpan pekerjaan kita ini saat PC mengambil apa yang ada di RAM dan menulisnya ke penyimpanan permanen pilihan kita. Dalam hal ini tempat penyimpanan kita adalah USB drive.

Masalahnya, menyimpan ke media fisik bukan proses instan. Komputer harus menulis data dari RAM ke USB drive. Menurut anda apa yang akan terjadi jika pada pertengahan proses penulisan, USB drive kita lepas dari komputer? Karena tidak menyelesaikan proses penulisan, ada kemungkinan file pada USB drive menjadi rusak dan kita akan menderita kehilangan data, dan pada akhirnya kita tidak dapat menggunakannya! Inilah yang ingin dihindari oleh fitur "Safely remove," dengan memungkinkan komputer menyelesaikan pekerjaan tulisnya sebelum anda melepaskan USB drive.


Apakah Setiap Perangkat USB Perlu Safely Removed?

Jadi sekarang kita tahu fitur "Safely remove" dirancang untuk mencegah data menjadi rusak dengan melepaskan USB drive selama proses penulisan. Oleh karena itu, ini berarti bahwa setiap perangkat yang tidak memiliki data yang ditulis langsung ke dalamnya tidak perlu dihapus dengan aman seperti yang dilakukan drive USB. Jika anda ingin melepaskan periferal seperti mouse, keyboard, game controller, dan adaptor WiFi, anda dapat mencabutnya kapan saja anda suka tanpa takut kehilangan data. Lagipula, tidak ada data yang hilang!


Bermain dengan Aman


Dapat membingungkan seperti apa "melepaskan" perangkat USB dengan aman, tetapi sebenarnya cukup sederhana! Sekarang anda tahu apa fungsinya, mengapa itu diperlukan, dan mengapa itu hanya berlaku untuk USB drive dan tidak untuk perangkat USB lainnya.

Pernahkah anda mengalami kerusakan data karena melepas drive USB terlalu cepat? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Apakah Kita Benar-Benar Perlu ''Safely Remove'' Untuk Perangkat USB?"