Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Event ID 12 The driver detected an internal driver error on \Device\VBoxNetLwf

 


Anda mungkin mendapatkan situasi dimana ketika anda ingin mematikan komputer dengan mengklik Shut down, anda kemudian mendapatkan bahwa komputer anda melakukan Restart. Atau mungkin dengan kasus yang sedikit lebih serius, terjadi error BSOD saat laptop dihidupkan dari mode Sleep atau Hibernate.


Ketika anda mendapatkan masalah tersebut, ingatlah bahwa cara terbaik untuk mengetahui apa yang terjadi pada komputer anda adalah melalui Event Viewer. Untuk membukanya, anda dapat menekan tombol Win + X, kemudian pilih Event Viewer. Event Viewer mencantumkan semua hal yang terjadi di komputer anda terutama error yang terjadi. Di dalam Event Viewer, anda dapat melihat waktu dan tanggal yang tepat dari peristiwa yang terjadi pada komputer anda.




Event ID 12 dapat terjadi jika platform firmware memiliki memori yang rusak di seluruh transisi daya system sebelumnya. Masalah driver jaringan untuk VirtualBox yang jika ada efek dengan masalah jaringan VM linux untuk build tertentu juga dapat menimbulkan error ini. Jika anda dihadapkan pada masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu untuk menyelesaikan masalah.



1. Jalankan SFC Scan


Menjalankan scan SFC biasanya disarankan saat anda mengalami masalah dengan file system seperti masalah driver ini yang memicu error pada system anda.



2. Update VirtualBox


vboxnetlwf.sys adalah bagian dari Oracle VM VirtualBox dan dikembangkan oleh Oracle Corporation. Deskripsi VboxNetLwf.sys adalah VirtualBox NDIS 6.0 Lightweight Filter Driver dan digital signature-nya dari Oracle Corporation. File ini biasanya terletak di folder C:\WINDOWS\system32\drivers.




Solusi ini mengharuskan anda mendownload versi terbaru VirtualBox di komputer Windows 10 anda. Cukup download file instalasi baru untuk VirtualBox kemudian jalankan untuk mengupdate VirtualBox anda.



3. Hapus folder .Virtualbox


Hapus folder .Virtualbox dari folder profil anda (C:\Users\user name\) dan lihat apakah itu membantu.





4. Nonaktifkan Hardware Virtualization


Nonaktifkan hardware virtualisasi dan lihat apakah itu membantu. Untuk itu, ikuti langkah berikut ini untuk menonaktifkannya.

  • Booting ke BIOS dengan menekan tombol Esc/F1/F2/F7/F10/F12/Delete saat booting. Anda dapat memeriksa buku panduan motherboard anda untuk mengetahui tombol untuk booting ke BIOS anda.
  • Di menu BIOS, arahkan ke tab Security.
  • Kemudian pilih System Security dan lanjutkan dengan memilih Virtualization Technology  menggunakan tombol panah.
  • Selanjutnya pilih Disabled untuk menonaktifkannya.



  • Setelah itu tekan F10 dan tekan Y untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS anda.


Setelah menonaktifkan hardware virtualization, periksa apakah error anda sudah diatasi.


Karena motherboard yang digunakan berbeda maka konfigurasi BIOS juga berbeda. Jika pada metode ini tidak berlaku untuk anda, maka ikuti panduan motherboard untuk PC anda untuk menonaktifkan virtualization di BIOS.


Anda juga mungkin ingin membaca tutorial saya tentang cara mendiagnosis dan memperbaiki driver yang menyebabkan Error BSOD atau cara menangani restart otomatis setelah Blue Screen of Death (BSoD) di Windows.


Sekian artikel kali ini, semoga membantu anda mengatasi error yang terjadi. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Event ID 12 The driver detected an internal driver error on \Device\VBoxNetLwf"