Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tools Untuk Meningkatkan Kinerja Hard Drive Windows 10/11


Jika anda adalah pengguna Windows, maka anda akan melihat bahwa sytem operasi ini mendapat reputasi yang baik dalam hal mempengaruhi kinerja PC. Namun, ketika Windows 10 datang, kinerja hard drive menjadi sedikit lambat tidak sekuat versi Windows sebelumnya. Tapi ini bukan berarti masalahnya tidak dapat dipecahkan.

Dalam hal kinerja hard drive Windows 10 atau Windows 11 yang "agak lambat" itu, tools software tertentu dapat memecahkan masalah ini.


1. Windows Device Manager

Sekarang, jika anda telah menjelajahi PC Windows anda, maka nama Device Manager seharusnya tidak asing bagi anda. Device Manager dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan read/baca dan write/tulis drive. Mengaktifkan write caching pada Device Manager memungkinkan komputer anda untuk menyimpan data dalam cache sebelum mentransfer ke hard drive anda. Menyimpan data ke cache jauh lebih cepat untuk CPU anda daripada menyimpan ke hard drive. Akibatnya, kinerja hard drive anda juga akan meningkat.

Untuk mengaktifkan write caching, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Gunakan tombol Win + X atau klik kanan tombol Start dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Pada jendela Device Manager cari Disk Drive dan perluas dengan mengklik panah di sampingnya.
  • Pilih hard drive yang ingin anda ubah dan klik kanan padanya dan pilih Properties dari menu pop-up.
  • Di jendela properties, pilih tab Policies dan pastikan kotak untuk Enable write caching on the device di beri ceklist.


Catatan: Menyimpan data dalam cache hanya bersifat sementara. Jika data tersebut tidak dipindahkan ke hard drive sebelum komputer anda dimatikan, maka anda dapat kehilangan data tersebut. Anda dapat membaca ini lebih lanjut DISINI.


2. Windows Disk Management

Windows Disk Management adalah tools bawaan Windows 10 dan Windows 11 lainnya yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kinerja hard drive. Alih-alih menyimpan data seperti di Device Manager, Disk Management membantu anda mempartisi ulang hard drive anda. Mempartisi hard drive anda dapat memudahkan Windows 10 atau Windows 11 untuk menemukan data tertentu, sehingga mengurangi waktu muat pada drive anda.

Berikut cara menggunakannya:

Catatan : Jika pada drive tersebut anda memiliki data yang tersimpan, pindahkan terlebih dahulu ke drive lainnya atau ke drive eksternal anda. Setelah itu ikuti langkah dibawah ini.
  • Gunakan tombol Win + X atau klik kanan pada tombol Start dan pilih Disk Management.
  • Pilih drive yang ingin anda partisi, klik kanan padanya dan pilih Shrink Volume dari menu pop-up. Ikuti petunjuk hingga selesai.
  • Setelah melakukan Shrink Volume, drive anda akan menjadi Unallocated (berwarna hitam). Klik kanan lagi pada drive tersebut dan pilih New Simple Volume.
  • Ikuti petunjuk, di langkah ini anda dapat memilih ukuran untuk volume baru dan juga system file untuk volume baru anda. Setelah selesai tutup jendela.
  • Sekarang buka File Explorer, dan bperiksa This PC atau nama PC anda. Anda akan melihat volume atau drive baru.

3. Windows Optimize Drives

Tools lainnya dari Windows 10 dan Windows 11 yang dapat meningkatkan kinerja hard drive anda adalah Optimize Drives. Yang pada dasarnya dilakukan tools ini adalah menganalisis system anda untuk masalah seperti defragmentasi. Jika dari hasil analisis terdapat masalah, maka tools ini juga yang langsung memperbaikinya.

Tools ini berjalan secara otomatis di PC anda. Satu-satunya situasi di mana itu tidak akan berhasil adalah jika anda mengubah pengaturan Windows.

Berikut cara memeriksanya:
  • Klik Search Windows anda yang terdapat di taskbar dan ketik Defragment and Optimize Drives dan buka.
  • Saat jendela Optimize Drives diluncurkan, pilih drive yang ingin anda Analyze atau Optimize.
  • Periksa pada bagian kiri bawah jendela untuk memverifikasi apakah drive dioptimalkan setiap hari, setiap minggu atau tidak pernah.
  • Jika tidak pernah pergi ke Change Settings untuk menyesuaikan jadwal untuk mengoptimalkan drive anda.

4. BleachBit

Tools pihak ketiga yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kinerja hard drive PC anda adalah BleachBit. Tools ini menghapus file yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang disk dan menghapus sampah termasuk cache dan cookie. Ini kurang lebih bertindak sebagai pembersih drive anda.


Jika anda bertanya-tanya apa perbedaan antara tools ini dan Windows Device Manager, saya telah mendaftarkannya di bawah ini:
  • Software ini menawarkan pembersihan aplikasi secara spesifik serta pembersihan umum.
  • Pemindaian mendalam untuk mengidentifikasi file sampah.
  • Pop-up pemberitahuan untuk membersihkan atau menghapus file dan konsekuensi dari melakukannya.

5. Disk SpeedUp

Windows Disk Management mungkin menawarkan anda jalan untuk mendefrag hard drive anda, tetapi Disk SpeedUp menambahkan fitur bonus untuk tindakan ini. Ini menganalisis, mengoptimalkan, dan mendefrag drive anda.


Tools ini juga intuitif, karena secara otomatis mematikan PC setelah menyelesaikan proses defragmentasi. Anda juga mendapatkan grafik yang menampilkan data tentang kinerja hard drive PC anda.


Cara Lain Untuk Meningkatkan Kinerja Hard Drive Windows 10/11

Ada beberapa hal lain yang dapat berkontribusi pada kinerja PC yang buruk selain dari hard drive yang rusak. Untuk mencegah atau memperbaikinya, anda dapat melakukan hal berikut:

Anda mungkin berpikir PC Windows anda berfungsi dengan baik saat ini. Namun satu hal tentang perangkat teknologi adalah penggunaan yang terus-menerus membuat mereka mengalami beberapa error. Oleh karena itu, mengoptimalkan perangkat anda dapat berguna untuk waktu saat ini.

Sekian tips kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar anda tentang artikel ini, atau sekedar berbagi pengalaman tentang hal ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Tools Untuk Meningkatkan Kinerja Hard Drive Windows 10/11"