Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Secure Sign-In untuk Windows 10/11


Windows adalah system operasi yang paling ditargetkan di planet ini. Itu berarti anda harus memperkuat pertahanan PC anda agar tetap aman baik online maupun offline. Secure Sign-In adalah komponen tambahan pada login screen Windows 10 atau Windows 11. Itu tidak mencegah siapa pun mengakses PC anda walaupun mereka memiliki kredensial Windows anda. Sebaliknya, Windows 10 atau Windows 11 akan menghapus bidang login sampai anda menekan serangkaian tombol. Setelah itu, masukkan password atau PIN anda seperti biasa.

Fitur ini bertujuan untuk menggagalkan malware. Kode berbahaya dapat berada di latar belakang dan memalsukan login screen Windows 10 untuk menangkap kredensial Windows anda. Karena aplikasi dan program biasanya tidak memiliki akses ke perintah Ctrl + Alt + Del, anda dapat memintas login screen palsu dengan menggunakan Secure Sign-In yang diaktifkan dengan mengetikkan perintah tiga tombol ini.

Panduan ini menunjukkan kepada anda cara mengaktifkan atau menonaktifkan Secure Sign-In untuk Windows 10 atau Windows 11.


Mengaktifkan atau Menonaktifkan Menggunakan Perintah Netplwiz
  • Untuk memulai, buka Run (Win + R) kemudian ketik netplwiz dan klik tombol OK atau tekan tombol Enter untuk melanjutkan. Anda juga dapat mengaksesnya dengan mengetikkan netplwiz di Search di taskbar dan memilih perintah Run command.
  • Jendela User Account akan terbuka. Disini klik tab Advanced dan temukan opsi Require Users to Press Ctrl+Alt+Delete yang tercantum di bawah Secure Sign-In. Beri ceklist untuk mengaktifkan atau hapus ceklist untuk menonaktifkan.
  • Klik tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk menyelesaikan.


Aktifkan atau Nonaktifkan Menggunakan Local Security Policy

Inilah metode lain yang sedikit ribet daripada mengikuti instruksi User Account diatas. Gunakan metode ini jika anda ingin mengambil rute dengan menghindari pengeditan registry Windows.
  • Buka Run (Win + R) kemudian ketik secpol.msc dan klik tombol OK atau tekan tombol Enter untuk melanjutkan. Anda juga dapat mencarinya di Search di taskbar.
  • Di Jendela Local Security Policy, perluas Local Policies di panel kiri dan pilih Security Options di bawahnya. Selanjutnya, di panel kanan gulir ke bawah dan klik doble pada kebijakan Interactive Logon: Do Not Require CTRL+ALT+DEL.
  • Jendela Properties akan muncul di layar. Di tab Local Security Setting, klik tombol Enable untuk mengaktifkan atau tombol Disable untuk menonaktifkan fitur ini. Setelah selesai klik tombol Apply dan kemudian tombol OK.


Mengaktifkan atau Menonaktifkan Menggunakan Registry

Jika anda ingin menggunakan registry editor untuk melakukan perubahan, sebaiknya backup registry anda dulu sebelumnya untuk berjaga-jaga jika anda melakukan kesalahan. Opsi ini untuk individu yang berpengalaman.
  • Untuk memulainya, buka Run (Win +  R) kemudian ketik regedit dan klik tombol OK atau tekan tombol Enter untuk melanjutkan.
  • Di Registry Editor telusuri jalur berikut dibawah ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon
  • Di Winlogon, cari key dengan nama DisableCad di panel kanan. Klik doble padanya dan ubah Value Datanya menjadi 0 (nol) untuk mengaktifkannya dan klik OK untuk menympan perubahan.


Catatan: Jika anda tidak melihat key DisableCad di pengaturan Winlogon, anda dapat membuatnya sendiri. Klik kanan pada Winlogon, pilih New -  DWORD (32-bit) Value dan beri nama DWORD baru ini sebagai DisableCAD kemudian ubah value datanya.



Secure Sign-In merupakan lapisan keamanan yang baik untuk menjaga Windows anda dari serangan. Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di kolom komentar dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Secure Sign-In untuk Windows 10/11"