Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Malware Android xHelper Tetap Ada Walaupun di Reset


Sebuah tekanan baru dari malware Android yang bernama xHelper. Yang membuat malware ini menonjol adalah seberapa gigihnya ia melakukan tekanan itu, yang kemudian di klaim beberapa orang yang mengatakan bahwa hal itu tidak dapat dilepas! Tapi apa yang dilakukan xHelper, dan apakah itu benar-benar tidak bisa ditangani?


Apa itu xHelper?

xHelper adalah jenis adware baru yang menginfeksi perangkat Android. Sejauh ini, jumlah yang infeksi relatif rendah, dalam standar malware yaitu sekitar 45.000 unit yang telah terinfeksi secara total, dan sebagian besar adalah pengguna di Amerika Serikat, Rusia, dan India.

xHelper memang tidak terlalu berbahaya, tetapi dengan kehadirannya itu menjadi sangat mengganggu. Ini adalah jenis adware yang terus-menerus memunculkan iklan di ponsel korban. Malware ini tidak mengekstraksi data atau mengunci ponsel dengan cara apapun, tetapi iklan memang memberikan uang kepada distributor jika diklik.

Saat ini, tidak ada yang tahu bagaimana cara malware ini mulai menginfeksi. Namun, salah satu perusahaan keamanan terbesar di dunia Symantec meyakini bahwa infeksi malware tersebut dimulai saat kita menginstall aplikasi pihak ketiga yang didownload dari luar Google Play.



Mengapa xHelper Tidak Bisa Diuninstall?

Masalah sebenarnya dimulai ketika korban mencoba untuk menghapus malware. Menguninstall aplikasi hanya akan membuatnya kembali. Jika pengguna menguninstallnya dan kemudian mengubah pengaturan di Android untuk melarang instalasi aplikasi dari sumber pihak ketiga, aplikasi tetap akan menginstall sendiri.

Bagian paling menakutkan adalah ketika pengguna mencoba mereset ponselnya dengan factory reset. xHelper tetap akan berlanjut melalui factory reset ini dan kemudian kembali setelah ponsel reboot. Bahkan Symantec sendiri tidak sepenuhnya memahami bagaimana malware ini dapat bertahan melalui apa yang dikenal sebagai opsi pamungkas ini.

Pengguna bahkan melaporkan bahwa antivirus berbayar pun tidak dapat sepenuhnya menyingkirkan xHelper. Mereka dapat mendeteksi infeksi, tetapi menghapusnya hanya menyebabkannya kembali di kemudian hari. Di internet, orang-orang berlomba mencaritahu solusi yang tepat untuk menyingkirkan malware ini.


Bagaimana xHelper Beradaptasi

Alasan utama xHelper dapat menyiasati antivirus adalah karena updatenya. Pengembang secara konsisten mengupdate malware ini untuk menyiasati pendeteksi antivirus. Dengan demikian, orang dengan antivirus versi lama akan merasa tidak efektif. Versi yang lebih baru akan memiliki peluang yang lebih baik untuk menghentikan xHelper.



Jauhkan dari xHelper

Pertarungan xHelper adalah seberapa gigihnya ia berusaha. Dengan demikian anda harus membuat pertahanan utama pada diri anda. Buang jauh-jauh prinsip lama anda dimana kita meyakini bahwa jika kita menginstall aplikasi dari pihak ketiga dan kemudian ada malware maka antivirus akan menanganinya. Prinsip tersebut sekarang sudah kadaluarsa dengan apa yang dibuat oleh xHelper ini.

Jadi untuk saat ini, pertahanan terbaik adalah hanya mendownload aplikasi dari Google Play Store. Anda pun disarankan untuk mendownload aplikasi yang sudah ada sejak lama dan yang sudah banyak di download. Google Play Store sendiri kurang bisa dipercaya dengan membiarkan malware masuk ke store. Kita tentu masih ingat adanya malware di aplikasi pengatur file yang menjadi faforit pengguna ES File Explorer yang pada akhirnya di hapus Google dari Play Store. Dengan sifat adaptif dari xHelper sendiri berarti bahwa ia dapat direkayasa hingga dapat melewati perisai Google.

Beberapa pengguna telah melaporkan keberhasilannya dalam menyingkirkan xHelper ini yaitu dengan melakukan flashing ROM daripada melakukan factory reset. Ini diyakini akan menyapu bersih system operasi ponsel, yang mungkin menjadi kunci untuk menghapus xHelper untuk selamanya.

Serangan xHelper berbasis adware ini tidak akan membuat ponsel Android anda menjadi barang rongsokan, tetapi kegigihannya ini yang membingungkan para pengembang antivirus paling canggih sekalipun. Jadi sebaiknya hindari infeksi dengan segala cara karena jika ponsel anda terinfeksi maka sangat sulit untuk dihilangkan di saat ini. 

Apakah jenis malware baru ini membuat anda takut dan lebih berhati-hati? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Malware Android xHelper Tetap Ada Walaupun di Reset"