Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Pesan Teks Yang Dihapus di Android


Kita semua pasti sudah pernah melakukannya; menghapus pesan teks dari ponsel kita dan kemudian menyadari segera setelah itu bahwa kita membutuhkan informasi dalam teks itu. Dan semakin lama sejak anda menghapusnya, semakin kecil kemungkinan anda dapat memulihkannya.

Tidak ada recyclebin pada perangkat Android seperti yang anda temukan di Windows atau Mac. Juga tidak ada tombol undo. Setelah anda menghapus, itu pasti hilang.

Ketika anda menghapus sesuatu di Android, itu mengirimkan data ke memori yang dapat ditimpa. Segera setelah sesuatu di ponsel anda membutuhkan ruang untuk menyimpan sesuatu, ponsel dapat menggunakan ruang itu dengan pesan anda di dalamnya untuk menyimpan data baru. Ini seperti menghapus sesuatu yang ditulis dengan pensil dan menulisnya lagi.

Jujur saja, ini sudah lama, tetapi disini ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda memulihkan teks itu.



Simpan Data

Jika anda baru saja menghapus file, alihkan ponsel anda dalam Airplane Mode untuk menghilangkan kemungkinan informasi baru didownload ke ponsel anda karena akan mematikan Wi-Fi dan data seluler. Untuk masuk ke Airplane Mode, tarik turun bagian atas di layar ponsel anda dan klik ikon pesawat atau anda dapat masuk ke Settings - Connections - Matikan Airplane Mode.


Selain itu, jangan gunakan kamera, rekam audio apapun, atau akses aplikasi apapun yang dapat membuat data baru.

Jika pesan yang anda coba pulihkan memiliki data lain seperti foto atau waktu janji temu, anda mungkin dapat menemukan data itu di aplikasi yang menyimpan jenis file itu. Misalnya, gambar mungkin telah disimpan oleh aplikasi foto anda atau waktu janji yang disinkronkan ke kalender anda. Periksa aplikasi-aplikasi tersebut sebelum mencoba hal lain yang akan lebih memakan waktu dan mungkin akan menghabiskan banyak uang bagi anda.

Cara lain untuk memulihkan informasi mungkin mengharuskan anda menelan harga diri anda. Akui anda melakukan kesalahan dan kirim SMS ke orang yang anda ajak ngobrol. Minta mereka untuk mengirim ulang pesan yang hilang.

Jika anda putus asa, anda mungkin memiliki kesempatan untuk memulihkan pesan jika anda telah membuat full backup telepon anda di antara waktu anda menerima pesan dan ketika anda menghapusnya. Opsi ini mengharuskan anda mereset ponsel ke pengaturan pabrik dan mendownload salinan backup untuk memulihkan ponsel anda.


Gunakan Software Pihak Ketiga

Jika tidak ada opsi yang berfungsi, anda dapat menggunakan software pihak ketiga, teapi bersiaplah untuk menghabiskan uang, dan bahkan kemudian, itu mungkin tidak berhasil.

Aplikasi ini seperti 7-data Recovery, Dr Fone for Android, dan MobiSaver for Android tidak menjamin bahwa mereka akan dapat menerima kembali pesan tersebut. Mereka akan menemukan data yang diidentifikasi ponsel anda siap dihapus, kemudian anda dapat memilih apa yang harus dilakukan dengannya. Ini biasanya bagian yang membutuhkan uang.

Aplikasi yang paling mungkin berhasil adalah yang mengharuskan anda melakukan root pada ponsel anda. Rooting ponsel anda membuka akses ke setiap bagian ponsel. Ini seperti memiliki satu kunci yang dapat membuka setiap kunci di rumah, mobil, dan kantor anda dan memberikan kunci itu kepada seseorang. Mudah menyebabkan error pada telepon anda jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan. Rooting ponsel anda juga sering membatalkan garansi anda, jadi gunakan jenis aplikasi itu dengan hati-hati.


Jalan Terbaik Melihat Pesan Teks yang dihapus

Jika anda pengguna Android dengan veri OS terbaru dan sudah mengubungkan Android anda dengan aplikasi Your Phone di Windows 10, maka anda tidak perlu khawatir dengan pesan teks yang anda hapus di Android. Aplikasi Your Phone di Windos 10 akan tetap menyimpan pesan teks tersebut hingga anda menghapusnya secara manual dari aplikasi Your Phone. 


Ikuti panduan singkat dibawah ini:
  • Download juga Your Phone dari Microsoft Store dan install di PC Windows 10 anda.
  • Buka Your Phone Companion di Android dan login ke Microsoft mengunakan akun yang sama dengan di PC.
  • Buka Your Phone di PC kemudian hubungkan dengan Android anda dengan mengikuti panduan yang ada.
  • Jika sudah selesai maka silahkan anda test sendiri.

Oh ya, kedua perangkat harus terhubung ke internet agar bisa menyinkronkan data.



Mencegah Sebelum Terlambat

Jika anda tidak mempunyai  komputer Windows 10 ada baiknya anda menggunakan backup dengan aplikasi pihak ketiga. Kebanyakan pengguna Android menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore untuk membackup pesan teks maupun kalender mereka. Anda tinggal mendownload aplikasi tersebut dan menginstallnya di Andorid anda, kemudian buka dan pilih opsi backup dari sana. Anda juga dapat membackupnya lewat PC anda dengan bantuan aplikasi dari smartphone Android anda masing-masing.

Apakah ini membantu anda? Berikan komentar anda dibawah untuk membagi pemikiran tentang cara mengembalikan pesan teks yang dihapus di Android. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Pesan Teks Yang Dihapus di Android"