Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Cross Device Experience Host Tidak Menginstall atau Mengupdate pada Windows 11

 


Anda mungkin mengalami kegagalan berulang kali saat mencoba menginstall atau mengupdate Cross Device Experience Host. Cross Device Experience Host adalah fitur yang diperkenalkan oleh Microsoft untuk meningkatkan konektivitas antara PC dan perangkat mobile anda, khususnya ponsel Android. Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika Cross Device Experience Host tidak menginstall atau mengupdate.



Memperbaiki Cross Device Experience Host Tidak Menginstall atau Mengupdate pada Windows 11


Jika Cross Device Experience Host tidak menginstall atau mengupdate di Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi yang dijelaskan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Tutup Semua Instance Cross Device Experience Host dan Coba Lagi


Pertama-tama, anda perlu menutup semua service yang sedang berjalan dan kemudian mencoba menginstall atau mengupdatenya kembali. Anda dapat menghentikan proses ini dari Task Manager. Setelah selesai, periksa apakah masalahnya telah teratasi.



2. Jalankan Windows App Troubleshooter


Karena Cross Device Experience Host adalah service dari Microsoft, maka anda perlu menjalankan Windows Store App Troubleshooter yang merupakan utilitas gratis yang dapat menscan apa yang salah dengan aplikasi atau service lain yang berjalan bersamanya dan kemudian melakukan langkah pemecahan masalah yang diperlukan. Jadi, lanjutkan dan jalankan Windows Store App Troubleshooter dari aplikasi Get Help atau melalui jendela Settings Windows. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Run di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan ia akan memperbaikinya secara otomatis.




3. Jalankan WSReset.exe untuk Mereset Cache Microsoft Store


File cache adalah hal pertama yang coba diakses oleh Microsoft Store jika perlu menginstall atau mengupdate aplikasi Microsoft Store. Jika file-file ini rusak, maka itu tidak akan melampaui tahap pertama dan akan menimbulkan error. Dalam hal ini, anda diharuskan untuk menghapus semua file cache menggunakan WSReset.exe dan mengizinkannya membuat yang baru. Untuk melakukan hal yang sama, cukup tekan Win + R untuk membuka Run, kemudian masukan WSReset.exe dan tekan Enter. Biarkan berjalan dan reset komponen Store anda. Terakhir, periksa apakah masalah telah teratasi.




4. Periksa Apakah Cross Device Experience Host Diinstall dan Diupdate


Terkadang, Cross Device Experience Host sudah ada di system dan hanya mengharuskan pengguna untuk mengupdatenya satu kali. Karena kita tidak yakin dengan keberadaannya, maka mari kita coba menginstall package dari CLI dan kemudian jika dikatakan bahwa package tersebut sudah ada, maka kita perlu mengupdate utilitasnya. Untuk melakukannya menggunakan Windows Package Manager (Winget), ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Di jendela , masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Winget install 9NTXGKQ8P7N0
  • Jika package tidak diinstall pada system anda, package tersebut akan mengambil semua detail yang diperlukan dari Microsoft Store dan kemudian meminta anda memberikan konfirmasi untuk menginstallnya.



Jika sudah ada, anda akan diberitahu dan diminta untuk mengupdate. Jadi, buka Microsoft Store, kemudian cari Cross Device Host Experience dan update. Atau anda juga dapat mengupdatenya dari Windows Package Manager.


5. Perbaiki atau Reset Cross Device Host Experience

Solusi ini bukan untuk seseorang yang tidak dapat menginstall Cross Device Host Experience tetapi untuk pengguna yang tidak dapat membuka atau mengupdate. Jika anda salah satunya, anda perlu menggunakan Settings Windows untuk memperbaiki atau me-reset utilitas. Ini cukup sederhana, yang harus anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik System Components di panel kanan.
  • Selanjutnya, temukan Cross Device Host Experience, kemudian klik tiga titik disampingnya dan pilih Advanced Options.
  • Di halaman berikutnya, gulir kebagian Reset dan klik Repair untuk memperbaikinya.
  • Setelah selesai, periksa apakah masalahnya telah teratasi.
  • Jika masalah terus berlanjut, anda perlu mengklik Reset untuk mengembalikan aplikasi ke pengaturan pabrik.


Mudah-mudahan ini bisa membantu anda.


6. Install Cross Device Experience Host di Clean Boot


Jika semuanya gagal, ada kemungkinan service pihak ketiga tertentu berjalan di system anda sehingga anda tidak dapat menginstall atau mengupdate aplikasi. Dalam hal ini, saya menyarankan anda untuk melakukan Clean Boot dan kemudian menginstall Cross Device Experience Host menggunakan perintah pada metode 4.



Mudah-mudahan, anda dapat mengatasi masalah tersebut menggunakan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Cross Device Experience Host tidak menginstall atau mengupdate pada Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Cross Device Experience Host Tidak Menginstall atau Mengupdate pada Windows 11"