Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membagikan Layar Anda Dengan Teman di Facebook


Facebook sepertinya selalu menambahkan lebih banyak fitur, tetapi salah satu fitur yang lebih berguna yang keluar pada waktu terakhir ini mungkin adalah kemampuan dalam berbagi layar secara langsung. Selalu ada permintaan untuk layanan ini, dan sebelumnya ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan anda untuk melakukannya. Sekarang, meskipun, itu dibangun ke dalam Facebook Live dan Facebook Messenger, dan meskipun itu bukan perangkat lunak kelas profesional dan hanya berfungsi di Google Chrome, pekerjaan ini dapat diselesaikan dengan cukup baik.

Sebelum lebih jauh pembahasan tentang metode dan langkah-langkahnya, hal wajib yang harus ada tentunya kamera. Jika PC anda tidak dilengkapi dengan kamera atau kamera anda rusak, anda bisa menggunakan kamera smartphone android anda. Untuk menghubungkannya agar bisa digunakan di metode ini, baca artikel saya tentang Cara Mudah Menggunakan Kamera Android Untuk Webcam.


Berbagi Layar di Messenger

Ini sangat sederhana dan tidak ada yang perlu dipasang, hanya satu tombol untuk mengeklik.
  • Pastikan anda menggunakan Facebook di Google Chrome (tidak akan berfungsi di browser lain).


  • Temukan kontak atau percakapan yang ingin anda bagikan dengan layar anda dan mulai panggilan video.
  • Klik tombol screen share di bagian bawah panggilan.




Berbagi layar melalui Facebook Live

Ini sedikit lebih rumit, tapi tidak banyak. Seperti sebelumnya, pastikan anda menggunakan Google Chrome, karena berbagi layar yang ada di dalamnya tidak akan berfungsi dengan browser lain.
  • Klik tombol Live Video pada posting Facebook anda.


  • Pada layar yang muncul, cari tombol Screen Share di antara menu pemilihan kamera dan menu pilihan input suara.


  • Anda akan diminta untuk menginstal ekstensi Facebook Screen Sharing. Ini adalah ekstensi kecil dan harus dipasang dengan cepat tanpa perlu memulai ulang browser.


  • Setelah ekstensi diinstal, klik tombol Screen Share lagi. Anda kemudian akan diminta untuk memilih apa yang ingin anda bagikan - seluruh layar anda, satu jendela aplikasi (aplikasi apa pun yang saat ini terbuka), atau tab Chrome. Jika anda ingin berbagi jendela aplikasi dan tidak muncul di daftar, maksimalkan dan kembali ke menu bagan layar. Itu seharusnya muncul.


  • Jika anda ingin mengubah apa yang anda bagikan, anda harus menghentikan pembagian layar dan memulainya lagi dengan pilihan baru anda.



Berbagi Layar Dengan Streaming Software

Jika anda mencari lebih banyak fitur, seperti berbagi beberapa jendela aplikasi atau memasang wajah di sudut layar bersamaan dengan berbagi layar, anda akan ingin menghubungkan streaming software anda sendiri ke Facebook. OBS Studio, XSplit, Bebo, atau streaming software lainnya dapat berfungsi dengan baik. Ini sebenarnya adalah proses yang sangat sederhana, dan Facebook memandu anda melewatinya.
  • Buka Live Video dan masuk ke tab Connect di bagian atas.


  • Buka streaming software anda dan temukan dimana anda dapat memasukkan stream key.


  • Anda dapat memilih untuk menggunakan koneksi aman (tidak pernah ada ide yang buruk) atau streaming key tetap (menggunakan kunci yang sama setiap kali anda melakukan Live Video sehingga anda tidak perlu memasukkan yang baru ke software anda setiap kali).


  • Pastikan software anda sudah diatur untuk Facebook Live, dan masukkan streaming key yang diberikan Facebook kepada anda.


  • Mulai streaming dari software anda dengan pengaturan apapun yang anda suka.

Jika anda hanya perlu melakukan pembagian layar cepat untuk rapat atau untuk membantu seseorang memperbaiki komputer mereka, fitur berbagi layar Facebook akan baik-baik saja, selama anda baik-baik saja menggunakan Chrome. Jika anda membutuhkan sesuatu yang mewah, seperti efek, jendela tambahan, transisi di antara layar, atau apapun itu, anda akan lebih baik menggunakan software berbagi layar berfitur lebih lengkap, tetapi kecuali anda mencoba masuk ke dalam streaming pro, Facebook tools juga baik untuk digunakan.

Jika anda sedang mencari alternatif lain untuk berbagi layarmaka taruhan terbaik anda adalah Zoom. Dilain pihak Meet Now Skype dan Google Duo juga layak untuk anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membagikan Layar Anda Dengan Teman di Facebook"