Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menggunakan Kamera Android Untuk Webcam


Kebanyakan dari pengguna PC desktop tidak memiliki aksesoris webcam. Akhir-akhir ini melakukan video call di Facebook misalnya adalah hal yang paling diinginkan seseorang. Entah itu hanya ingin melihat wajah seseorang atau mungkin melakukan tutorial make up atau mungkin menunjukan barang jualan anda.

Nah, bagaimana anda dapat melakukan itu jika anda tidak memiliki aksesoris webcam di PC desktop anda? Yang terpikir pertama kali adalah membeli sebuah webcam. Tapi bagaimana jika anda jauh dari tempat penjualan?  Daripada anda susah-susah bolak balik untuk membelinya, gunakan saja kamera smartphone Android anda sebagai gantinya. Cara yang akan saya tunjukan ini sangatlah mudah, jadi jangan takut untuk memulainya. Aplikasi yang dibutuhkan juga tidak besar, hanya kurang dari 5 Mb, jadi tidak usah khawatir kehabisan kuota.

Untuk memulainya ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan mode USB Debugging pada perangkat Android anda.

  • Caranya masuk ke Settings kemudian cari dan klik About device.
  • Di About device silahkan cari Build Number dan tekan padanya sebanyak 7 kali atau sampai ada pemberitahuan yang muncul dengan pesan You are now a developer atau Developer mode has been enabled.

2. Dowload DroidCam Wireless Webcam di Play Store dan install.


3. Sekarang hubungkan smartphone anda ke komputer melalui kabel USB dan kemudian biarkan komputer menginstal driver yang diperlukan di PC anda.

4. Download Dev47apps Windows client dan menginstalnya pada PC Windows anda.


5. Setelah semuanya terinstall, jalankan DroidCam Wireless Webcam di perankat Android anda. Jalankan juga DroidCam Client di PC anda.



6. Ikon USB pada DroidCam Client terdeteksi secara otomatis, jika tidak klik padanya. Kemudian klik Start pada DroidCam Client. Anda akan melihat jendela Command Prompt berkedip beberapa kali dan tampilan webcam akan muncul beberapa saat kemudian.


Sekarang anda dapat menggunakan webcam anda sesuka hati anda. Jika anda ingin berhenti maka anda tinggal mengklik Stop atau menutup DroidCam Client atau keluar dari DroidCam Wireless Webcam.


Bagaimana menurut anda, mudahkan? Tinggalkan komentar anda dibawah ini jika anda menemui masalah, secepatnya akan saya bantu atau sekedar berbagi cara yang lebih baik dalam menggunakan kamera Android untuk webcam. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. GBU

Post a Comment for "Cara Mudah Menggunakan Kamera Android Untuk Webcam"