Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Meet Now Skype

 


Zoom meeting sangat populer akhir-akhir ini, tetapi paket personal meeting gratis memiliki batas waktu 40 menit. Microsoft telah memperkenalkan alternatif Zoom gratis yang bernama Meet Now, yang mendukung hingga 50 pengguna, panggilan tak terbatas dan tanpa batas waktu. Sebelumnya saya sudah menuliskan secara garis besar tentang apa itu Meet Now disini, dan kali ini lebih kepada cara penggunaan yang lebih mendetail.


Jika anda adalah organizer atau penyelenggara rapat, Meet Now menjadi pilihan yang baik sebagai pengganti Zoom. Namun anda perlu ketahui bahwa Meet Now hanya mendukung Windows 10 dan anda harus memiliki akun Skype. Namun, penerima dapat dengan mudah menghadiri video conference di Android, iPhone atau Mac dan tidak memerlukan akun Skype.


Disini saya menunjukkan langkah-langkah mendetail tentang cara memulai video conference dengan Meet Now dan berkolaborasi dengan berbagai peserta.



Cara Mengaktifkan Meet Now di Windows 10/11


Hanya pengguna Windows 10 atau Windows 11 yang dapat bertindak sebagai meeting organizer di Meet Now. Periksa apakah ikon Meet Now terlihat mencolok di dekat system tray. Jika tidak, anda dapat mengaktifkannya dari taskbar.

  • Klik kanan pada taskbar dan pilih Taskbar settings.


  • Di panel kanan Settings, gulir kebawah ke bagian Notification area dan klik Turn system icons on or off.


  • Anda kemudian dapat dengan mudah mengaktifkan ikon system Meet Now.



Setelah melakukannya, maka setiap kali anda melakukan booting atau merestart PC anda, ikon Meet Now harus terlihat jelas di dekat system tray. Bagi banyak orang, ini merupakan gangguan: anda dapat menonaktifkan ikon system untuk Meet Now dan meluncurkannya langsung dari Skype di Windows 10 atau Windows 11.



Buka quick action di aplikasi desktop Skype anda dan anda dapat dengan mudah memulai video conference Meet Now disini.




Buat Skype Meeting di Meet Now


Untuk membuat Skype meeting di Meet Now, anda dapat mengaktifkan proses secara manual dari Skype atau menjalankannya dari system tray. Layar berikut menunjukkan opsi pertama dimana anda harus menekan Continue untuk memulai.


Sangat mudah untuk menyiapkan Skype meeting di Meet Now. Link meeting secara otomatis dibuat dan anda hanya perlu memasukkan topik meeting.



Anda dapat mengklik Skype contacts dan menambahkan mereka ke meeting.



Klik Share a link for others to join untuk mengirim URL undangan meeting melalui email atau teks dalam format join.skype.com/URL.



Anda juga dapat menjadwalkan Meet Now meeting lebih awal dari opsi Schedule a call. Anda dapat mengirim pesan video opsional untuk penerima sehingga mereka merasa akrab dengan anda.



Skype Meet Now mendukung banyak cara untuk membagikan permintaan meeting: Gmail, Outlook, Facebook, aplikasi email Windows 10 atau Windows 11 default anda, atau dengan mengcopy link.



Begitu meeting dimulai, anda harus bisa melihat kehadiran anda sendiri di ruangan itu. Tunggu orang lain bergabung.


Sementara anda menunggu meeting dimulai, anda juga dapat menyesuaikan pengaturan audio dan video anda.



Anda juga dapat mengklik Choose background effect. Disana, anda dapat menyesuaikan pengaturan background ruangan anda jika tidak terlalu menarik. Anda dapat memilih efek background yang profesional.



Uji juga mikrofon dan speaker anda di bagian bawah jendela yang sama ataupun di system Windows anda dan selesaikan masalah apapun sebelumnya.


Meeting yang sedang berlangsung terlihat jelas dan dapat diminimalkan dengan menutup jendela Meet Now. Ini tidak akan memutuskan panggilan. Anda dapat membuat video conference tetap aktif selama yang anda inginkan dan tidak perlu khawatir meeting akan berakhir.



Bergabung Dalam Percakapan Skype di Meet Now (PC)


Jika anda adalah peserta di system desktop (Windows, Mac, Linux), anda akan menerima permintaan rapat melalui email. Klik atau copy link meeting untuk meluncurkannya di jendela baru browser.



Anda harus memberi izin ke Skype browser untuk menggunakan mikrofon dan speaker PC anda. Saat ini, Meet Now hanya mendukung browser Edge dan Chrome. Anda dapat dengan mudah bergabung dalam meeting sebagai tamu atau masuk dengan akun Skype anda.



Selanjutnya, anda akan melihat notifikasi web untuk Skype. Klik Allow untuk dilihat dan didengar di panggilan tersebut.


Jendela meeting di ujung penerima terlihat berbeda dari jendela penyelenggara. Segera setelah anda bergabung dengan panggilan, organizer akan mendapatkan peringatan tentang kehadiran anda.




Bergabung Dalam Percakapan Skype di Meet Now (Phone/Tablet)


Anda dapat dengan mudah menghadiri Meet Now conference di smartphone atau tablet. Yang anda butuhkan hanyalah browser untuk mengakses meeting. Periksa folder spam email anda jika pengirimnya tidak anda kenal. Kemudian klik URL meeting.


Buka URL meeting di browser ponsel favorit anda .


Jika anda memiliki aplikasi dan akun Skype, anda dapat menggunakannya untuk mengakses meeting. Jika tidak, ketuk Join conversation sebagai tamu, yang lebih cepat.




Apakah Meet Now Merupakan Alternatif Zoom yang Layak?


Dalam hal fitur, Meet Now sebanding dengan Zoom. Baik organizer dan penerima dapat dengan mudah berbagi layar mereka (More - Share screen) dan dapat memilih apakah akan membatasinya hanya jendela aplikasi atau menampilkan seluruh layar.



Organizer dapat menunda meeting selama istirahat dan melanjutkannya setelah itu. Speaker bisa dimute dengan mudah. Anda dapat mengaktifkan ikon video conference atau menonaktifkannya untuk panggilan suara.



Para peserta dapat mengangkat tangan dengan mengklik Raise Hand jika memiliki pertanyaan atau ide.



Meeting dapat dengan mudah direkam dan disimpan oleh organizer dengan mengklik Record.



Meet Now memiliki fitur canggih yang disebut Add subtitles, dimana akan menambahkan subtitel ke panggilan suara dan video secara real time. Ini sangat berguna jika orang kesulitan memahami suara dan aksen anda. Klik More dan pilih Turn subtitles on untuk menampilkannya.



Anda juga dapat dengan mudah menyinkirkan pengguna manapun dari panggilan Meet Now kapan saja. Ingat, mereka akan menerima pemberitahuan bahwa mereka "dikeluarkan dari rapat", yang mungkin terdengar sedikit menyinggung, jadi lebih baik meminta peserta untuk pergi dengan sopan.



Sebagai alternatif lain untuk Zoom, Meet Now memberikan hasil yang baik. Saya merekomendasikannya untuk mereka yang mencari meeting gratis, tidak terbatas dan berkualitas tinggi. Satu-satunya kelemahan dari Meet Now adalah anda harus menjadi pengguna Windows 10 atau Windows 11 untuk dapat menjadi meeting organize. Satu-satunya fitur Zoom yang tidak didukung di Meet Now adalah "online whiteboard" yang merupakan ruang bersama untuk berkolaborasi di antara banyak pengguna. Namun, fitur ini didukung di Skype for Business.


Jika anda mengalami masalah dengan webcam anda, maka anda juga dapat membaca artikel saya tentang cara memperbaiki webcam tidak bekerja di Windows 10/11. Atau anda juga dapat membaca artikel lainnya tentang aplikasi nonton video dengan teman yang berjauhan.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Meet Now Skype"