Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Nonton Video dengan Teman yang Berjauhan

 


Selalu menyenangkan berkumpul dengan teman atau keluarga dan bersantai di sofa untuk menonton film atau acara TV terbaru yang wajib ditonton. Namun, mungkin sulit untuk menyatukan semua orang di ruangan yang sama untuk melakukan hal tersebut apalagi dengan pandemi Corona seperti saat ini.


Untungnya, ada sejumlah layanan yang memungkinkan anda menikmati konten online favorit seperti Netflix dan YouTube secara sinkron dimanapun anda berada. Jadi, apakah anda sedang menjalin hubungan jarak jauh, pindah dari rumah, atau ingin tetap terhubung dengan teman-teman di seluruh dunia, maka anda pasti ingin melihat daftar aplikasi ini.


1. Zoom


Semua orang sedang membicarakan aplikasi video conference ini sekarang. Aplikasi ini menawarkan cara cepat dan mudah untuk mengatur rapat yang penuh dengan orang, yang dapat anda akses melalui aplikasi atau melalui URL di browser anda.


Zoom hadir dengan banyak fitur unggulan, tetapi salah satu yang terbaik adalah screen sharing atau berbagi layar. Ini memungkinkan anda berbagi apapun yang terjadi di layar anda, termasuk film atau acara TV apapun yang mungkin anda tonton.




Anda dapat mengontrol volume suara apapun yang anda tonton untuk teman-teman anda, dan juga memiliki opsi untuk membiarkan webcam anda tetap terlihat, memungkinkan anda untuk melihat teman-teman anda saat anda menonton.



2. Netflix Party


Netflix Party adalah ekstensi browser eksklusif untuk Chrome. Ini memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan pemutaran video Netflix di banyak komputer. Karena hanya perlu dipasang di satu komputer, ini mungkin salah satu yang termudah untuk disiapkan. Setelah anda menginstal ekstensi, buka Netflix dan pilih film atau acara TV untuk ditonton.




Setelah dimuat, pause video anda dan klik tombol NP merah di kanan atas jendela browser anda. Ini akan menghasilkan link unik yang dapat anda kirim ke orang lain. Mereka kemudian akan diarahkan ke "room" anda dimana mereka dapat menonton video anda secara sinkron dengan anda. Selain itu, Netflix Party memungkinkan pengguna untuk terlibat satu sama lain dengan antarmuka obrolan teks sederhana.



3. Syncplay


Syncplay merupakan multi-platform dan kompatibel dengan semua aplikasi pemutar video terbesar di luar sana termasuk VLC, KM Player dan Media Player Classic. Syncplay adalah tools gratis yang memungkinkan anda menyinkronkan video streaming dengan teman. Anda hanya perlu menyimpan film yang ingin anda tonton secara lokal di hard drive anda dan hanya dengan menekan tombol Play maka anda dan teman anda siap menonton video tersebut.




Setiap orang dapat menggunakan tombol pause atau rewind streaming, dan ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kenyamanan menggunakan pemutar video favorit anda sambil menonton film bersama.



4. Twoseven


Dibuat oleh pasangan yang harus menghabiskan waktu lama terpisah dalam hubungan mereka, twoseven dirancang dengan mempertimbangkan kesederhanaan dan berjalan langsung dari browser anda.


Twoseven sejauh ini mendukung YouTube, Netflix, Vimeo, dan Crunchyroll, tetapi yang terpenting, Twoseven juga memungkinkan anda menonton video pribadi yang dimiliki seseorang di PC mereka (hanya salah satu dari anda yang harus memiliki video tersebut).




Bukan itu saja, aplikasi berbasis browser memiliki kemampuan teks dan video di dalamnya, jadi anda tidak perlu bergantung pada aplikasi obrolan video eksternal untuk melihat teman anda dan berbagi pengalaman menonton video dengan mereka secara langsung.


Bahkan ada ekstensi Twoseven untuk Chrome yang langsung memberitahu anda jika video di website tertentu didukung dalam aplikasi dan memungkinkan anda membagikannya dengan teman anda dengan beberapa klik.



5. Gaze


Jika platform streaming pilihan anda adalah YouTube, maka Gaze mungkin yang anda cari. Cara menggunakan Gaze sangat sederhana. Seorang pengguna membuat ruang dan mengirimkan link ruang tersebut ke orang lain. Selanjutnya, kedua pihak kemudian dapat segera memulai streaming video secara sinkron. Sayangnya, Gaze hanya bisa digunakan oleh kedua pengguna secara bersamaan. Meskipun ini mungkin cocok untuk kencan jarak jauh dengan pacar anda, tapi jika anda bermaksud mengundang lebih dari satu orang, anda sebaiknya melihat beberapa layanan lain di daftar ini.




Selain streaming video YouTube, Gaze juga memungkinkan anda untuk menyinkronkan file lokal. Ketahuilah bahwa untuk melakukan ini, kedua pihak harus memiliki file yang sama yang ingin anda tonton. Untungnya, ada sejumlah website yang memungkinkan pengguna mengirim file besar secara gratis.



6. Watch2gether


Dengan Watch2gether, menonton video online dengan teman secara real time cukup mudah. Tidak diperlukan pendaftaran dan yang anda butuhkan hanyalah nama panggilan anda.




Untuk memulai, cukup klik tombol Create a Room di halaman beranda. Ketik nama panggilan anda, dan itu akan membawa anda ke ruang video (dan obrolan) tempat anda dapat mulai menambahkan teman ke obrolan. Anda memiliki pilihan untuk mengundang teman anda sendiri ke ruang yang anda buat atau bergabung dengan ruang yang sudah beroperasi dan menjadi bagian dari pesta menonton dan percakapan.


Bagian yang menyenangkan tentang Watch2gether adalah anda memiliki pilihan untuk memilih atau mencari sumber video dari YouTube, Vimeo, DailyMotion, atau audio dari SoundCloud.



7. MyCircleTV


Yang satu ini besar karena menggabungkan kemampuan VoIP. MyCircleTV mengedepankan fitur utama obrolan suara gratis sambil menonton video online dengan teman. Banyak orang mendambakan dan mencari ini sebagai karakteristik ketika memilih hal besar berikutnya dalam layanan telekomunikasi, terutama jika itu adalah solusi tanpa biaya.




MyCircleTV memungkinkan sekelompok teman menikmati obrolan suara gratis selama berjam-jam sambil menonton video online dengan teman. Teman dapat diundang melalui berbagai cara, termasuk lewat Twitter, LinkedIn, Facebook, dan email.


Tidak ada persyaratan pendaftaran di MyCircleTV, tetapi setelah terdaftar, anda akan aktif dan berjalan, menonton video online gratis dengan teman.


Video dari DailyMotion, Vimeo, dan YouTube dapat dibagikan di obrolan suara ini. Sebagai bonus tambahan, 5GB video dapat diupload ke ruang pengguna khusus dalam format video .mp4 (h264, AVC atau MPEG4-PART10 untuk video dan AAC untuk audio) danjuga dengan format .flv.



8. Sync Video


Jika privasi adalah hal yang penting untuk anda, maka Sync Video cocok untuk anda. Sync Video tentu saja dibuat dengan mempertimbangkan privasi, karena memungkinkan anda menonton video online dengan teman secara gratis. Disini, nama panggilan anda tidak diperbolehkan jika anda mendaftar untuk layanan gratis.




Keuntungannya adalah setelah terdaftar, anda akan diberikan "room" virtual permanen pribadi anda sendiri. Anda dapat kembali ke ruangan ini setiap kali ingin menggunakan layanan ini dan mengundang teman untuk menonton video online dengan Aanda.


Video Vimeo dan YouTube dapat ditambahkan dan disimpan ke playlist dan ditonton oleh anda dan teman anda di "room" virtual anda kapan saja. Anda juga dapat membuat room baru atau membuat nama panggilan baru kapan saja.


Anda dapat mengundang teman anda ke "room" anda kapan saja dengan mengklik Invite Friends di sisi kiri atas halaman. Anda memiliki pilihan untuk membuat "room" anda menjadi publik.



9. Kast


Kast berbeda dari banyak layanan lain yang disebutkan dalam daftar ini karena tidak terbatas hanya menyinkronkan video streaming. Sebaliknya, Kast memungkinkan pengguna untuk "berbagi" browser. Ini memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan semua jenis konten di beberapa perangkat dari jarak jauh. Meskipun menyinkronkan video dari Netflix atau YouTube mungkin merupakan langkah awal, Kast juga dapat menyinkronkan game, dokumen, dan lainnya.




Bangun dan berlari dengan Kast sangatlah mudah. Anda dapat mendownload Desktop client untuk Windows atau macOS, atau cukup gunakan versi web (hanya didukung di browser Chrome) untuk memulai sesi. Dari sini, anda dapat membuat pesta sendiri, atau bergabung dengan live streaming yang sudah ada.



10. Plex VR


Plex VR membawa sinkronisasi video ke level lainnya. Alih-alih hanya berbagi layar, Plex VR memungkinkan anda berbagi apartemen loteng virtual, teater drive-in, atau void yang tandus dan menyeramkan dengan teman dan orang yang anda cintai.




Di ruang virtual ini, anda akan dapat mengobrol dengan teman dan menonton video yang bersumber dari salah satu perpustakaan media pengguna Plex. Video disinkronkan sehingga semua pengguna menikmati video secara bersamaan, namun pengguna dapat secara mandiri mengubah ukuran dan posisi layar agar sesuai dengan preferensi mereka. Akhirnya, untuk melengkapi semua ini, setiap orang memiliki avatar lucu seperti Duplo yang mewakili mereka di dalam ruangan.


Plex VR adalah cara paling rumit untuk berbagi konten streaming dengan teman dari jarak jauh dan berpotensi paling mahal. Agar semua ini berfungsi, semua peserta harus memiliki hardware yang kompatibel dengan Google Daydream, Gear VR, atau Oculus Go.


Setelah mengetahui aplikasi yang tepat untuk anda gunakan, sekarang saatnya mulai membuat jadwal nobar untuk koleksi video anda tersebut.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Aplikasi Nonton Video dengan Teman yang Berjauhan"