Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Webcam Tidak Bekerja di Windows 10/11


Setelah pembaruan terakhir di Windows 10, banyak driver hardware lama tidak akan berfungsi dengan benar dengan system operasi baru ini. Anda mungkin mendapat pesan yang mengatakan, “We can’t find or start your camera” dengan error kode 0xA00F4244 atau 0x200F4244. Windows kini memiliki opsi baru, system yang akan menonaktifkan webcam anda di semua aplikasi. Webcam yang tidak berfungsi juga bisa karena software antivirus anda, masalah dengan driver, atau pengaturan privasi anda, antara lain.

Berikut adalah beberapa tips pemecah masalah yang dapat anda coba untuk memperbaiki webcam anda.


1. Periksa Pengaturan Camera

Jika webcam anda dinonaktifkan disini, tidak ada aplikasi, bahkan aplikasi desktop, yang akan dapat menggunakannya. Opsi ini berubah dengan update Windows 10 di bulan April lalu. Sebelum pembaruan ini, hanya aplikasi dari Windows store (UWP) yang terpengaruh, bukan aplikasi desktop. Lihat di pengaturan Windows anda untuk memeriksa masalah ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings - Privacy - Camera.
  • Di bagian atas, cari Camera access for this device is on.


  • Jika tidak diaktifkan maka klik tombol Change dan aktifkan.
  • Di bawahnya, periksa Allow apps to access your camera dan pastikan itu Aktif.


  • Selanjutnya, lihat Choose which apps can access your camera. Pastikan aplikasi yang ingin anda gunakan dengan kamera anda diaktifkan.


  • Aktifkan kembali perangkat. Semoga kembali normal.

Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & Security di panel kiri dan di panel kanan di bawah bagian App permission, klik Camera.
  • Di halaman berikutnya, pastikan Camera access di aktifkan. 
  • Pastikan aplikasi yang anda gunakan dibawah bagian Let apps access your camera juga diaktifkan.



2. Periksa Windows Device Manager

Jika perangkat anda di nonaktifkan di Device Manager, maka anda juga akan mengalami masalah ini. Untuk itu, anda perlu memeriksanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Device Manager.
  • Perluas Cameras, Imaging devices atau Sound, video and game controllers.
  • Klik kanan pada perangkat anda.
  • Pilih Enable Device.




3. Periksa Antivirus Anda

Software antivirus, yang dirancang untuk melindungi privasi anda, terkadang dapat memengaruhi kemampuan webcam anda untuk berfungsi. Ia tidak ingin membiarkan kamera menyala untuk menghindari akses yang tidak sah. Periksa pengaturan di software anda dan hubungi pabrikan untuk informasi lebih lanjut.


4. Install atau Update Driver

Sebagian besar waktu Windows akan menginstall driver yang diperlukan ketika menginstall hardware, tetapi kadang-kadang ini tidak akan berfungsi dengan benar. Jika webcam anda tidak berfungsi, anda mungkin perlu mengunjungi website produsen dan mendownload paket penginstalan driver dari mereka. Bahkan jika driver anda diinstall pada awalnya, mungkin saja ada versi terbaru yang akan menyelesaikan masalah anda. Seringkali, website akan menawarkan saran pemecahan masalah khusus perangkat lainnya.

Untuk dapat memeriksa driver:
  • Buka Device Manager.
  • Buka Cameras, Imaging devices atau Sound, video, dan game controllers.
  • Klik kanan pada webcam anda dan klik Properties.


  • Buka tab Driver, dan klik Detail driver.


  • Cari file bernama stream.sys. Jika ada, kamera anda sudah usang dan tidak dapat digunakan oleh Windows 10 dan Windows 11 .




5. Uninstall Driver Webcam Anda

Untuk menguninstall driver Camera anda, akses tab Driver seperti yang dijelaskan di atas.

  • Klik Uninstall Device.


  • Beri ceklist pada  Delete the driver software for this device dan klik Uninstall.


  • Kembali ke Device Manager, dan buka menu Action. Tunggu sampai menginstal ulang driver.
  • Restart PC anda.


6. Periksa Koneksi

Jika anda memiliki kamera eksternal, dan tidak satupun aplikasi anda dapat menggunakan webcam, selalu layak dicoba untuk memastikan bahwa koneksi fisik apapun aman. Jangan khawatir - mudah diabaikan. Bahkan yang paling berpengalaman di antara kita kadang-kadang akan membuat kesalahan ini. Cukup cabut kabelnya dan colokkan kembali, pastikan sudah terpasang dengan benar.

Ada kemungkinan juga ada masalah dengan port USB itu sendiri. Coba colokkan webcam ke port lain. Periksa juga kamera anda untuk memastikan bahwa tidak ada yang menutupi kamera.


7. Pilih Perangkat Yang Tepat

Jika anda memiliki beberapa perangkat perekam video yang terhubung ke komputer anda, aplikasi yang anda coba gunakan mungkin memilih perangkat yang salah.

Perbaiki ini dengan masuk ke layar Settings aplikasi anda dan cari opsi untuk memilih perangkat yang anda sukai.

Jika perangkat anda tidak terdaftar dalam Settings aplikasi, aplikasi anda mungkin tidak mendukung webcam yang anda coba gunakan. Misalnya, aplikasi store Windows 10 atau Windows 11 baru hanya mendukung webcam yang diproduksi baru-baru ini, jadi jika anda memiliki yang lebih lama, mungkin tidak akan berfungsi dengan aplikasi baru. Sebagian besar aplikasi desktop masih kompatibel dengan webcam lama.


8. Coba di Komputer Lain

Akhirnya, jika anda memiliki webcam eksternal, hubungkan ke komputer lain dan lihat apa yang terjadi. Jika tidak berfungsi, mungkin perangkat anda sudah rusak. Namun jika tidak, semoga anda bisa memperbaiki masalah apapun dengan salah satu tips ini!


9. Kamera Windows 10/11 Tidak Bekerja pada Aplikasi Zoom

Masalah yang terwujud dalam beberapa bulan terakhir adalah kamera Windows 10 atau Windows 11 tidak berfungsi untuk aplikasi video call populer seperti Zoom, Skype, Hangouts, Messenger, dan sebagainya. Ini bisa jadi karena versi Zoom terbaru tidak berfungsi dengan baik dengan kamera sekunder atau virtual, dan solusinya mungkin mencoba versi software yang lebih lama.

Anda dapat menemukan versi Zoom di Uptodown yang lebih lama. Coba rollback ke versi sebelum versi anda saat ini dan lihat apakah itu berfungsi.

Khusus untuk pengguna Lenovo, ada masalah lain yang memengaruhi webcam di Zoom, Skype, dan aplikasi obrolan video lainnya.

Untuk memperbaikinya, buka Lenovo Vantage, kemudian klik Device - My Device Settings - Display & Camera. Di jendela ini, nonaktifkan opsi Camera Privacy Mode agar webcam tersedia untuk aplikasi panggilan video.


Semoga berhasil! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan notifikasi Kamera On/Off di Windows 10/11 atau cara menyesuaikan brightness Webcam di Windows 11. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Webcam Tidak Bekerja di Windows 10/11"