Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membagikan Layar Ponsel Anda Menggunakan Google Duo di Android

 


Tetap berhubungan melalui video call adalah cara baru di tahun 2020. Akibatnya, pengguna terus berbondong-bondong menuju aplikasi yang menawarkan layanan ini untuk penggunaan pribadi dan profesional. Google Duo adalah salah satu dari banyak opsi yang dapat dipilih pengguna saat ini.


Aplikasi tersebut, yang pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi pesaing Facetime tanpa embel-embel adalah salah satu yang terbaik di kelompoknya dan tersedia untuk digunakan pada perangkat ponsel serta desktop. Disini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat membagikan (share) layar anda dengan orang lain di Google Duo pada Android.



Perbedaan Antara Google Duo dan Google Meet


Sebelum membahas seluk-beluk tentang bagaimana anda dapat berbagi layar dengan Google Duo, mari kita berbelok sedikit dan berbicara sedikit tentang bermacam-macam aplikasi Google saat ini untuk video call.


Pendekatan perusahaan terhadap solusi video dan chat telah membingungkan selama bertahun-tahun dengan Google meluncurkan berbagai aplikasi yang berbagi banyak fungsi. Pilihan (gratis) pembuat Android saat ini menjadi sedikit lebih mudah dan hanya mencakup Google Meet, Google Duo dan Google Hangouts.


Perbedaan terbesar antara Google Meet dan Google Duo adalah Google Meet ditujukan untuk orang-orang profesional dan dapat menyelenggarakan rapat berskala besar. Layanan ini awalnya ditujukan untuk pelanggan bisnis Google G Suite, tetapi sejak pandemi, raksasa teknologi telah membuat aplikasi tersedia untuk semua, meskipun rapat dibatasi masing-masing hingga 60 menit dan hingga 250 orang.


Sebaliknya, Google Duo memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam percakapan empat mata menggunakan ponsel (atau PC) mereka. Meski begitu, layanan ini menawarkan opsi obrolan grup, dengan hingga 32 peserta diizinkan untuk bergabung dalam diskusi. Ini membuat aplikasi sempurna untuk digunakan selama waktu "social distancing" ini sehingga anda dapat dengan mudah tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.


Kedua layanan tersebut memiliki beberapa kesamaan. Misalnya, keduanya mengenkripsi data anda dan dapat berjalan di ponsel dan PC. Google Duo sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat Android, sedangkan Google Meet mudah diakses melalui aplikasi Gmail atau aplikasi mandiri. Kedua aplikasi tersebut mengharuskan pengguna memiliki akun Google yang berfungsi.



Bagaimana dengan Google Hangouts?


Hangouts adalah aplikasi messaging/perpesanan dan video chat yang paling lama berjalan di Google. Layanan ini masih ada dan tetap cukup populer dengan beberapa pengguna. Ini dapat diakses di hangouts.google.com, langsung melalui Gmail atau melalui aplikasi ponsel.


Namun, pada Oktober 2020 Google mengeluarkan pernyataan pers yang mengungkapkan niatnya untuk memulai migrasi pengguna Hangouts ke Chat (yang merupakan bagian dari Google Workspace) pada paruh pertama tahun 2021. Sesuai perusahaan, Chat akan menjadi gratis untuk digunakan bagi siapa saja. Saat ini, pengguna memerlukan akun G Suite/Workspace berbayar untuk mengakses Chat.


Lebih lanjut, Google mengatakannya dengan otomatis memindahkan semua data Hangouts (percakapan, kontak, serta histori) ke Chat, meskipun tanggal pastinya belum ditentukan. Sebagai tanda bahwa itu sudah mengarah ke sana, Google telah mengupdate pengalaman video call group di Hangouts dengan Meet untuk memberikan rapat dengan kualitas yang lebih baik. Opsi video chat perorangan masih tersedia melalui Hangouts.


Untuk saat ini, anda masih dapat mengandalkan Hangouts untuk memenuhi (sebagian besar) kebutuhan video call anda, karena aplikasi chat yang sudah lama akan bertahan sedikit lebih lama.



Cara Berbagi Layar Ponsel Anda Menggunakan Google Duo


Fitur ini masih cukup baru, karena Google mulai meluncurkannya pada akhir September. Anda memerlukan perangkat yang menjalankan Android 9 Pie atau lebih tinggi untuk memanfaatkan berbagi layar di Google Duo.


  • Buka aplikasi Google Duo di ponsel anda.

  • Pilih orang yang ingin anda panggil.

  • Ketuk tombol Video Call biru untuk memulai.



  • Setelah orang yang anda panggil menjawab, anda akan melihat beberapa tombol muncul di bagian bawah.

  • Ketuk ikon terakhir, yang memiliki tiga bintang kecil di atasnya dan pilih Screen Share.



  • Sebuah pesan akan muncul yang memperingatkan anda bahwa anda akan memberi Google Duo akses ke informasi yang ditampilkan di layar anda. Ini termasuk data sensitif seperti kata sandi, detail pembayaran dan lainnya.

  • Dengan mengetahui hal ini, jika anda merasa nyaman dan tidak mempermasalahkan itu, maka tekan Start Now.



  • Screen Share kemudian akan dimulai.


Saat ini berlangsung, anda akan melihat ikon cast merah kecil di bar status di pojok kanan atas, yang menandakan anda sedang berbagi layar. Anda bebas keluar dari aplikasi Duo untuk melakukan hal lain, seperti membuka galeri foto untuk menunjukkan foto terbaru hewan peliharaan anda kepada teman.



Matikan Fitur dengan Cepat


Setelah anda menyelesaikan apa yang ingin anda lakukan, cukup ketuk lagi tombol Screen Share (yang terlihat seperti ponsel) dan screen share akan segera berhenti. Atau anda dapat, geser ke bawah panel notifikasi dan ketuk End screenshare.




Dari menu yang sama di aplikasi, Google Duo juga memudahkan untuk menambahkan efek atau mengaktifkan Portrait mode yang akan mengaburkan latar belakang anda.


Catatan: Fitur Screen Share tampaknya belum tersedia di semua perangkat Android. Jadi jika anda salah satunya maka bersabarlah untuk mendapatkan fitur ini.


Jika anda ingin menggunakan panggilan video yang mendukung screen share dengan fitur yang lebih maka anda mungkin harus beralih ke Meet Now Skype atau Zoom dengan fitur yang lebih banyak dan lebih baik.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membagikan Layar Ponsel Anda Menggunakan Google Duo di Android"