Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The system is not authoritative for the specified account di Windows 10/11

 


Jika anda mendapatkan pesan error The system is not authoritative for the specified account and therefore cannot complete the operation di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda. Saya akan menunjukkan kepada anda langkah-langkah yang harus diambil untuk memecahkan masalah dalam berbagai situasi saat error mungkin terjadi.


Error yang juga dikenal sebagai System Error 8646 ini sering dialami oleh pengguna Windows saat mencoba login ke PC mereka menggunakan Microsoft account atau Local account atau oleh administrator system saat mencoba mereset password akun untuk pengguna domain mereka. Pesan error lengkapnya berbunyi seperti berikut ini.

The system is not authoritative for the specified account and therefore cannot complete the operation. Please retry the operation using the provider associated with this account. If this is an online provider please use the provider’s online site.



Jika error di atas menyebabkan masalah bagi anda, maka lanjutkan membaca untuk mempelajari cara menghilangkannya.



Memperbaiki Error The system is not authoritative for the specified account di Windows 10/11


Untuk memperbaiki pesan error The system is not authoritative for the specified account and therefore cannot complete the operation di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, gunakan beberapa solusi berikut ini. Mari kita lihat secara mendetail.



1. Reset Password Microsoft Account Online atau Buat Akun Pengguna Baru


Error ini sering terjadi saat menangani Microsoft account (akun yang terhubung ke alamat email) dan bukan local account.


Jika anda mencoba mengubah password untuk Microsoft account menggunakan tool Computer Management saat anda login ke Windows dengan Local account, anda tidak akan dapat melakukannya. Ini karena Microsoft account tidak dapat dimodifikasi atau dimanipulasi menggunakan Lcal account.


Untuk memperbaikinya, anda perlu mengunjungi Microsoft account online untuk mereset password akun.


Namun, jika anda seorang administrator yang mencoba mereset password akun untuk pengguna domain yang tidak lagi mengingat informasi apapun untuk memverifikasi identitas akunnya, anda perlu membuat local account baru untuk pengguna tersebut. Hal ini dikarenakan administrator account di Windows tidak mempunyai kewenangan untuk menimpa password Microsoft account.



Setelah membuat akun baru, anda dapat menggunakan hak administrator untuk memindahkan data pengguna dari folder profil lama ke folder profil baru.



2. Login Menggunakan Local Account, bukan Microsoft Account


Jika anda mencoba mengatur password untuk Microsoft account yang telah dikonfigurasi dengan PIN selama setup, maka coba nonaktifkan opsi For improved security, only Allow Windows Hello sign-in for Microsoft accounts on this device di Settings Windows.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Accounts di panel kiri dan klik Sign-in options di panel kanan.
  • Selanjutnya, anda akan melihat opsi untuk mengatur atau mengubah password.



Jika anda masih tidak dapat mengubah password, maka anda dapat beralihlah ke Local Account.

  • Untuk itu, kembali ke tab Accounts di panel kiri jendela Settings dan dan klik Your info di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Sign in with a local account instead dibawah bagian Accounts settings.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk yang di tampilkan.




3. Hapus Ceklist pada Users cannot change password di Local Users and Groups


Jika anda menggunakan local account (tidak terhubung ke email), maka anda mungkin masih mengalami error ini. Jika demikian, ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki masalah ini.

  • Klik kanan pada This PC di File Explorer dan pilih Manage (Di Windows 11, klik Show more options terlebih dahulu).
  • Di jendela Computer Management, navigasikan ke System Tools - Local Users and Groups - Users.
  • Selanjutnya, klik kanan pada user name anda dan pilih Properties.
  • Seleha itu, hapus ceklist pada opsi User cannot change password.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



Anda sekarang seharusnya dapat mengubah password anda.



4. Ubah Password dari Control Panel


Jika anda login dengan local account yang memiliki hak administrator dan masih tidak dapat mengubah password user account (untuk local account lain di system anda), maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke SmallLarge icons dan pilih User Accounts.
  • Selanjutnya, klik Manage another account.
  • Setelah itu, pilih akun yang ingin anda atur ulang passwordnya dan klik Change the password.
  • Masukkan detail password yang diperlukan dan klik Change password.




5. Aktifkan Administrator Account Bawaan untuk Mengubah Password


Jika anda mengalami error setelah mengupgrade OS Windows, maka boot PC anda dalam Safe Mode with Networking dan periksa apakah anda dapat login menggunakan Microsoft account anda.


Jika anda dapat login, maka buat administrator account baru dan gunakan untuk mengubah password untuk akun lainnya.


Jika anda tidak dapat login dengan Microsoft account anda dalam Safe Mode, maka saya sarankan anda untuk mengaktifkan super administrator account atau administrator account bawaan untuk mengubah password. Akun ini dinonaktifkan secara default di Windows sebagai tindakan keamanan untuk membantu melindungi system dari akses tidak sah dan potensi kerentanan keamanan.



Setelah anda mengaktifkannya, reboot PC anda, kemudian login ke administrator account bawaan dan coba reset password untuk akun lainnya.


Setelah anda berhasil mereset password, jangan lupa untuk menonaktifkan kembali administrator account bawaan.



Saya harap solusi di atas membantu anda.


Bagaimana cara memperbaiki System Error 8646?

Jika anda mengalami System Error 8646 di Windows 10 atau Windows 11 saat mencoba mereset  password Microsoft account menggunakan perintah net user, maka coba ubah password melalui Settings Windows, dari Control Panel atau dengan mengunjungi Microsoft account online. Jika error terus berlanjut, boot PC anda ke Safe Mode dan jalankan perintah SFC dan DISM dalam Command Prompt dengan hak admin untuk memperbaiki data user account yang rusak.


Mengapa standard account harus digunakan ketika hak administrator tidak diperlukan?

Menggunakan standard account dan bukan administrator account ketika hak istimewa yang lebih tinggi tidak diperlukan akan mengurangi risiko perubahan yang tidak disengaja atau disengaja serta potensi dampak malware yang dapat membahayakan keamanan system. Selain itu, standard account membantu pengelolaan dan kontrol yang lebih baik, terutama di lingkungan multi-user yang mengharuskan memastikan bahwa hanya pengguna tepercaya yang dapat melakukan perubahan di seluruh system.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The system is not authoritative for the specified account di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The system is not authoritative for the specified account di Windows 10/11"