Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows Hello Error Something went wrong, Try again later di Windows 10/11

 


Jika anda mendapatkan error Something went wrong, Try again later selama pengaturan Windows Hello di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki error ini. Pesan error ini muncul dalam berbagai skenario, seperti, jika pengguna mencoba mengatur PIN Windows Hello, pengenalan wajah (facial recognition) atau sidik jari (fingerprint) untuk pertama kalinya atau jika pengguna ingin menghapus fitur Security Windows Hello.




Memperbaiki Windows Hello Error Something went wrong, Try again later di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error Something went wrong, Try again later selama pengaturan Windows Hello di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menggunakan perbaikan berikut ini. Sebelum anda melanjutkan ke langkah pemecahan masalah lebih lanjut, saya sarankan anda untuk memeriksa update Windows. Jika update Windows tersedia, maka install dan kemudian periksa apakah ada perubahan.


Jika anda mendapatkan error ini saat menyiapkan metode sign-in Windows Hello untuk pertama kalinya, maka anda dapat membuat user account baru sebagai solusi cepat.



1. Rollback dan Install Ulang Driver Fingerprint


Anda dapat mencoba me-rollback driver fingerprint anda dan melihat apakah ini memperbaiki pesan error. Saat anda me-rollback driver fingerprint, Windows akan menginstall versi sebelumnya. Me-rollback driver ke versi sebelumnya dapat memperbaiki masalah jika update terkini menyebabkan masalah ini. Gunakan instruksi yang disebutkan dibawah ini untuk me-rollback driver fingerprint anda.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Biometric devices.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver fingerprint anda dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Driver.
  • Sekarang, jika opsi Roll Rack Driver aktif, maka klik opsi tersebut dan ikuti petunjuk di layar.


Jika opsi Roll Back driver tidak aktif, maka anda dapat mencoba mengupdate driver atau menginstall ulang driver fingerprint anda. Gunakan langkah-langkah berikut untuk mengupdate dan menginstall ulang driver fingerprint anda.

  • Buka kembali Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Biometric devices.
  • Kemudian, klik kanan pada driver fingerprint anda dan pilih Update driver.
  • Ikuti petuntuk di jendela update driver yang muncul.
  • Jika itu tidak membantu, maka klik kanan pada driver fingerprint anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall pada jendela konfirmasi.


  • Untuk menginstall ulang driver fingerprint, restart PC anda. Selain itu, anda dapat mengklik menu Action dan memilih Scan for hardware changes.


Anda juga dapat men-download driver fingerprint versi terbaru dari website resmi produsen komputer anda dan kemudian menginstall driver secara manual.



3. Clear TPM


TPM (Trusted Platform Module) adalah hardware chip keamanan yang menyimpan kunci enkripsi dan melakukan tugas terkait keamanan. Kunci enkripsi dan data keamanan tersimpan yang rusak dapat menyebabkan masalah ini. Dalam hal ini, meng-clear TPM pada perangkat anda dapat membantu memperbaiki masalah ini. Mereset PIN dapat membantu memperbaiki masalah ini.



Sebelum anda meng-clear TPM, nonaktifkan BitLocker (jika ada) di semua drive anda atau simpan password enkripsi di suatu tempat. Ini akan membantu anda menghindari kehilangan kunci enkripsi untuk drive anda dan tidak akan dapat membacanya kembali.


Untuk menonaktifkan BitLocker, anda dapat mengklik kanan pada  drive anda dan pilih Manage BitLocker atau membuka Control Panel dan pilih BitLocker Drive Encryption. Kemudian, di jendela BitLocker Drive Encryption pilih Turn off BitLocker. Selanjutnya, klik Turn off BitLocker sekali lagi dan proses menonaktifkan enkripsi dimulai.




4. Hapus File di dalam Folder NGC


Folder NGC juga menyimpan dan mengelola informasi terkait PIN. Jika data atau konten yang disimpan di folder Ngc ini rusak, maka anda mungkin menghadapi masalah sign-in (Windows Hello). Inilah sebabnya mengapa Windows Hello menampilkan pesan error ini. Dalam hal ini, anda perlu menghapus isi folder Ngc.


Folder Ngc ini tetap tersembunyi secara default. Pertama, anda perlu menampilkan file dan folder tersembunyi agar anda dapat mengakses folder ini. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka File Explorer dan pergi ke path berikut ini.
C:\Windows\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft
  • Kemudian, pilih semua file dan folder yang ada di folder NGC dan hapus mereka. Anda juga dapat menghapus folder NGC.


Jika anda tidak dapat menghapus semua file di dalam folder NGC, anda dapat mengganti namanya. Alternatifnya, anda dapat memindahkan file di dalam folder NGC ke direktori lain.


5. Jalankan Scan SFC dan DISM

File system yang rusak juga dapat menyebabkan pesan error Something went wrong, Try again later. Dalam hal ini, anda dapat menscan file system image dengan menjalankan scan SFC (System File Checker) melalui Command Prompt dengan hak administrator. Jika ini tidak berhasil, anda dapat menjalankan scan DISM (Deployment Image Servicing and Management) dan melihat apakah itu membantu.



6. Periksa Pengaturan Group Policy (untuk pengguna domain)

Perbaikan ini ditujukan untuk pengguna domain. Jika system anda tersambung ke server domain dan anda tidak dapat mengatur PIN Windows Hello karena pesan error ini, maka hubungi administrator anda terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini.

Jika anda seorang administrator dan anda tidak dapat mengatur PIN Windows Hello karena pesan error Something went wrong. Try again later, maka saya sarankan anda memeriksa pengaturan Group Policy. Petunjuk berikut akan memandu anda dalam hal ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - System - Logon
  • Di jendela Group Policy Editor, klik dobel pada kebijakan Turn on convenience PIN sign-in di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Enabled.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



7. Modifikasi Registry Windows

Jika anda tidak dapat mengatur PIN Windows Hello atau opsi sign-in lainnya karena pesan error ini, maka anda dapat mengubah registry Windows.

Ini adalah perbaikan registry. Memodifikasi registry Windows dapat menyebabkan masalah serius pada system anda, jadi ikuti semua langkah dibawah ini dengan hati-hati. Saya menyarankan anda membuat system restore point dan membackup registry anda sebelum melanjutkan.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\PolicyManager\default\Settings\AllowSignInOptions
  • Di lokasi, klik kanan pada entri bernama value di panel kanan dan pilih Modify. Anda djuga dapat mengklik dobel pada value untuk membukanya.
  • Di jendela edit DWORD, masukan 1 pada kotak Value data-nya dan klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart PC anda atau restart Windows Explorer melalui Task Manager untuk menerapkan perubahan.



Itu dia. Semoga membantu.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows Hello error Something went wrong, Try again later di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows Hello Error Something went wrong, Try again later di Windows 10/11"