Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tombol Windows Tidak Berfungsi dalam Game di Windows 10/11

 


Jika tombol Windows pada keboard tidak berfungsi pada game di PC Windows anda, maka artikel ini disediakan untuk anda. Tombol Windows dengan cepat membuka Start menu di komputer anda. Ketika ditekan dengan tombol lain, ia melakukan tindakan lain. Misalnya, Win + D akan menampilkan desktop, Win + M akan meminimalkan semua jendela dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan tombol Windows untuk keluar dari fullscreen game saat bermain game. Namun ada beberapa pengguna mengeluh bahwa tombol Windows mereka tidak melakukan apapun saat berada dalam game. Mari kita cari tahu mengapa masalah ini terjadi.


Mengapa tombol Windows tidak berfungsi dalam game di Windows 10/11?

Salah satu alasan utama tombol Windows tidak berfungsi dalam game di Windows 10 atau Windows 11 adalah karena anda mengaktifkan game mode di keyboard anda. Kebanyakan keyboard gaming modern memiliki fitur game mode dimana dalam mode tersebut, itu akan menonaktifkan tombol Windows sehingga anda tidak dapat keluar dari fullscreen game jika ditekan secara tidak sengaja. Alasan lainnya adalah tombol Windows terkunci secara tidak sengaja atau sengaja menggunakan tombol Win Lock.

Anda mungkin menghadapi masalah ini dalam skenario lain, termasuk tombol filter yang diaktifkan, tombol yang dipetakan ulang, driver keyboard yang rusak, konflik software dan lainnya.



Memperbaiki Tombol Windows Tidak Berfungsi dalam Game di Windows 10/11


Jika tombol Windows tidak berfungsi dalam game di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan beberapa solusi dibawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Pastikan Tombol Windows Tidak Rusak


Sebelum mencoba perbaikan lainnya, singkirkan kemungkinan tombol Windows anda rusak secara fisik. Periksa apakah tombolnya berfungsi di tempat lain atau tidak. Anda juga dapat mencoba membersihkan tombol Windows pada keyboard anda dari debu untuk melihat apakah tombol berfungsi dengan baik atau tidak.



2. Unlock Tombol Windows atau Tekan Tombol Fn + Win


Jika anda memiliki keyboard gaming, maka kemungkinan besar keyboard tersebut memiliki tombol Lock untuk menonaktifkan tombol Windows. Jadi, cari tombol Win Lock di keyboard anda dan tekan untuk unlock tombol Windows.



Beberapa pengguna yang terpengaruh juga melaporkan bahwa menekan tombol Fungsi (Fn) dengan tombol Windows berhasil untuk mereka. Jadi, anda dapat mencoba melakukan hal yang sama dan melihat apakah ini membantu anda dalam mengaktifkan tombol Windows di game.



3. Nonaktifkan Gaming Mode


Masalah ini sering terjadi jika gaming mode komputer anda diaktifkan. Fitur Gaming Mode berguna tetapi sering kali memicu konflik dengan fungsi reguler keyboard anda. Ini juga menonaktifkan fungsi tombol Windows dan Menu untuk menghindari penggunaan yang tidak disengaja.



Anda dapat menemukan tombol Gaming Mode di keyboard anda dan menekannya untuk menonaktifkan fitur tersebut. Untuk beberapa keyboard gaming, anda mungkin harus menekan kombinasi tombol untuk menonaktifkan atau mengaktifkan Gaming Mode. Jika anda memiliki keyboard Razor, tekan kombinasi tombol Fn + F10 untuk mengaktifkan/menonaktifkan Gaming Mode. Jika anda memiliki keyboard gaming Logitech, anda dapat menggunakan tombol Fn + F8 untuk menonaktifkan Gaming Mode. Untuk keyboard gaming Alienware, anda dapat menekan Fn + F6 untuk mengaktifkan/menonaktifkan Gaming Mode. Demikian pula, anda dapat menonaktifkan Gaming Mode di keyboard lain agar tombol Windows berfungsi dengan benar di game.



4. Update atau Install Ulang Driver Keyboard


Masalah ini mungkin terjadi jika driver keyboard anda rusak atau out of date. Jadi, pastikan driver keyboard anda sudah yang terbaru. Anda dapat menggunakan Device Manager untuk mengupdate driver keyboard anda. Jika tidak berhasil, anda dapat menguninstall driver keboard anda dan kemudian menginstall driver keyboard anda kembali untuk memperbaiki masalah ini.




5. Nonaktifkan Filter Keys


Jika anda mengaktifkan tombol Filter keys, hal ini akan menghindari atau memperlambat penekanan tombol yang berulang dan mungkin memengaruhi fungsi tombol Windows anda. Oleh karena itu, nonaktifkan tombol Filter dari Settings Windows anda dan lihat apakah berfungsi. Berikut cara melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Ease of Access di jendela Settings..
  • Di halaman berikutnya, gulir ke bawah dan klik Keyboard di panel kiri jendela.
  • Di panel kanan, nonaktifkan Use Filter Keys ke Off dan juga hapus ceklist pada opsi Allow the shortcut key to start Filter Keys.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Accessibility di panel kiri dan klik Keyboard di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Filter Keys ke Off.
  • Setelah itu, klik Filter Keys untuk membuka pengaturan lanjutan dan nonaktifkan Keyboard shortcut for Filter keys ke Off.




6. Restart File Explorer

Hal lain yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah merestart File Explorer. Ini akan menghapus semua kesalahan yang mencegah user interface (antarmuka pengguna) Windows berfungsi dengan benar. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Sekarang, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Kemudian, temukan dan klik kanan pada Windows Explorer dan pilih opsi Restart dari menu konteks yang muncul.
  • Setelah selesai, lihat apakah tombol Windows berfungsi dengan baik dalam game.




7. Aktifkan Tombol Windows Menggunakan Tweak Registry


Anda dapat mengaktifkan kembali tombol Windows menggunakan Registry Editor jika anda telah menonaktifkan tombol Windows di system anda. Namun, pastikan anda membackup registry anda terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan agar anda dapat memulihkannya jika terjadi kesalahan modifikasi. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Keyboard Layout
  • Di lokasi, klik kanan pada Scancode Map dan pilih Delete.
  • Kemudian, klik Yes pada jedela konfirmasi.
  • Setelah selesai, tutup Registry Editor dan restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


Langkah diatas akan mereset semua tombol keyboard anda ke fungsi regulernya jika keyboard anda sebelumnya telah dipetakan ulang.


Tips tambahan yang dapat anda lakukan adalah jika game controller anda terpasang, maka coba cabut. Mungkin tombol Windows tidak berfungsi karena gamepad anda terhubung, dan ada tombol yang ditekan di atasnya. Jadi, putuskan sambungannya dan pastikan tidak ada tombol yang ditekan untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi. Jika masalah telah teratasi, update gamepad anda dan gunakan tombol Windows di game anda. Anda juga dapat memeriksa artikel ini dan artikel ini untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tombol Windows tidak berfungsi dalam Game di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tombol Windows Tidak Berfungsi dalam Game di Windows 10/11"