Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Tombol Windows di Keyboard PC Anda


Hampir setiap PC Windows memiliki tombol Windows pada keyboardnya. Tombol Windows dapat ditekan untuk membuka Start menu dengan cepat atau dapat di kolaborasikan dengan tombol lain untuk membuka menu lainnya atau mengambil screenshot tampilan layar anda. Tombol ini kedengarannya sangat berguna bagi sebagian besar pengguna, namun pada situasi tertentu itu bisa sangat menjengkelkan.

Misalkan jika anda bermain game dan salah menekannya, maka itu akan menendang anda keluar dari full screen game. Pada system operasi lama dengan resourcenya yang terbatas, ini dapat menyebabkan PC anda tiba-tiba freeze. Untungnya, ada cara untuk menonaktifkan tombol Windows di PC anda.


Cara menonaktifkan Tombol Windows

Cara termudah untuk menonaktifkan tombol Windows adalah dengan memetakan kembali tombol tersebut. Ini berarti kita akan menugaskannya ke fungsi lain yang tidak mengganggu apa yang kita lakukan. Anda dapat memetakan kembali tombol Windows tersebut menggunakan utilitas PowerToys gratis dari Microsoft.

Untuk menonaktifkan tombol Windows pada Keyboard PC anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


1. Menggunakan Tools PowerToys

  • Download dan install Microsoft PowerToys di PC anda. Anda juga akan memerlukan .NET Core untuk menginstalnya. Anda dapat mendownloadnya langsung dari tautan yang disediakan di installer jika anda belum menginstalnya.


  • Setelah terinstall, luncurkan PowerToys.
  • Kemudian, klik Keyboard Manager dari menu di panel kiri dan klik Open Settings di panel kanan.


  • Di halaman berikutnya, klik Remap a key di panel kanan.


  • Kemudian, klik ikon + (plus). Ini akan memungkinkan anda untuk menambahkan kustomisasi pemetaan keyboard anda.
    • Selanjutnya, pilih Win dari menu drop-down Physical Key dan pilih Disable di menu drop-down Mapped To.


    • Dalam hal ini, dengan memilih Disable, ini akan menghapus fungsionalitas tombol Windows, dan tidak ada yang terjadi ketika anda menekannya. Jika anda ingin memetakannya kembali untuk melakukan fungsi lain, anda dapat memilihnya dari kolom kanan.
    • Setelah memilih fungsionalitas tombol Windows atau mungkin Disable untuk menonaktifkannya, klik OK dan kemudian Continue Anyway.


    Setelah itu, tombol Windows harus dinonaktifkan. Pengaturan disimpan secara otomatis, sehingga anda dapat menutup utilitas dan menggunakan komputer anda seperti biasa.


    Cara mengaktifkan kembali kunci Windows

    Jika sebelumnya anda telah menonaktifkan tombol Windows anda dan ingin mengaktifkannya kembali, anda dapat menggunakan utilitas PowerToys yang sama untuk melakukannya.

    • Buka utilitas PowerToys dan arahkan ke Keyboard Manager dipanel kiri dan klik Open Settings di panel kanan.
    • Kemudian klik Remap a Key di panel kanan.
    • Dalam daftar, cari pemetaan Win - Disable dan klik ikon Delete terdekat. Ini akan menghapusnya.
    • Setelah itu tekan OK untuk mengkonfirmasi pengaturan dan mengembalikan fungsi tombol Windows anda seperti semula.



    2. Menggunakan Group Policy Editor

    Metode ini hanya untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11 edisi Pro dan Enterprise. Untuk pengguna Windows edisi Home, silahkan mengikuti metode lainnya, atau jika anda ingin menggunakan metode ini maka anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Group Policy Editor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Setelah itu ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan tombol Windows.
    • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
    • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur berikut di bawah ini.
    User Configuration - Administrative Templates - Windows Components - File Explorer

    • Disini, di panel kanan, temukan dan klik dobel pada kebijakan Turn off Windows Key hotkeys.


    • Kemudian di jendela edit kebijakan, pastikan untuk memilih Enabled dan klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.

    Hanya itu saja yang anda lakukan. Tombol Windows akan di nonaktifkan segera setelah anda mengklik Apply dan OK. Dan untuk mengaktifkannya kembali, di jendela edit kebijakan Turn off Windows Key hotkeys, pilih Disabled atau Not Configured.


    Selain PowerToys danGroup Policy Editor, ada juga beberapa software lain yang dapat anda gunakan untuk memetakan kembali tombol Windows anda, mis. WinHotKey. Anda juga mungkin ingin membaca tutorial lainnya tentang cara mengubah tombol Caps Lock keyboard menjadi tombol Google Search.

    Sekian tutorial kali ini, semoga membatu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam penggunaan metode di atas. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

    Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Tombol Windows di Keyboard PC Anda"