Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Tombol Caps Lock Keyboard Menjadi Tombol Google Search


Apakah anda sering menggunakan tombol Caps Lock di keyboard anda? Sebagian besar pengguna komputer tampaknya tidak membuat tombol Caps Lock pada keyboard mereka ke fungsi yang lain dan membiarkannya begitu saja walaupun mereka jarang atau bahkan tidak pernah menggunakannya.

Bagaimana jika anda bisa mengubah tombol Caps Lock menjadi sesuatu yang lain? Dengan SharpKeys, anda dapat memetakan ulang tombol Caps Lock agar dapat membuka Google Search secara default. Selain itu, SharpKeys juga dapat digunakan untuk memetakan kembali tombol Caps Lock ke perintah lain dan juga dapat digunakan untuk tombol lain.


Cara Mengubah Tombol Caps Lock Menjadi Tombol Search

1. Langkah pertama adalah mendownload SharpKeys dari halaman CodePlex dan instal itu. Jalankan aplikasi setelah instalasi selesai.

2. SharpKeys akan menyambut anda di programnya dan memberitahu anda apa yang dilakukannya. Klik OK untuk memulai.

3. Selanjutnya klik Add untuk mulai memetakan kembali tombol Caps Lock anda. Dari sini, gulir ke bawah dan klik Special: Caps Lock (00_3A) di kolom Map this key (From key):. Anda akan ingin memilih tombol untuk memetakannya. F10 secara luas oleh para pengguna komputer dianggap sebagai tombol yang paling tidak berguna pada keyboard. Karena anda mungkin tidak menggunakannya, klik Function: F10 (00_44) di kolom Top this key (To key):.


4. Setelah itu klik OK. Popup akan muncul untuk memberitahu anda bahwa pengaturan telah diubah dalam registry. Klik OK.


5. Sekarang Restart komputer anda agar perubahan diterapkan. Setelah direstart, tombol Caps Lock anda tidak akan berfungsi lagi seperti sebelumnya. Ini memungkinkan kita untuk membuatnya menjadi tombol Google Search.

6. Di Desktop anda, klik kanan dan pilih New - Shortcut. Ini akan membuka panduan untuk Create Shortcut.


7. Masukkan lokasi shortcut baru. Untuk mengubah shortcut ini menjadi tombol Google Search, anda harus memasukkan http://www.google.com/ ke dalam kotak Type the location of the item:. Setelah itu klik Next.


8. Beri nama untuk tombol shortcut anda. Anda dapat memberi nama Google Search atau apapun yang anda inginkan. Nama itu sendiri tidak masalah untuk proses pemetaan tombol. Klik Finish saat anda melalui penamaan shortcut.


9. Klik kanan pada ikon shortcut yang baru dibuat dan pilih Properties. Tekan atau ketik F10 di kotak Shortcut key, lalu klik Apply dan OK untuk keluar dari Properties shortcut baru anda.


10. Sekarang klik tombol Caps Lock dan Google Search sekarang akan terbuka untuk anda dan mulai mencari sesuka hati anda.



Mengubah tombol Caps Lock menjadi sesuatu yang lebih berguna dapat membantu anda menjadi lebih efisien saat menggunakan shortcut keyboard. Dengan SharpKeys, anda dapat mengubah tombol apapun yang tidak sering anda gunakan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang shortcut keyboard khusus untuk Windows 10 yang wajib anda ketahui untuk mempermudah kegiatan anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengubah Tombol Caps Lock Keyboard Menjadi Tombol Google Search"