Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data di Windows 10/11

 


GUID Partition Table (GPT) diperkenalkan sebagai bagian dari Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). GPT memberikan lebih banyak pilihan dibandingkan metode partisi MBR tradisional yang umum di PC Windows 10/8/7. Jika anda memiliki Hard Drive berukuran besar, anda mungkin ingin meng-convert MBR ke GPT. Hal ini karena disk MBR hanya mendukung empat entri tabel partisi. Jika seseorang menginginkan lebih banyak partisi, ia perlu membuat struktur sekunder yang dikenal sebagai partisi extended. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca perbedaan antara MBR dan GPT.


Jadi untuk hard drive apapun yang melebihi 2TB, kita perlu menggunakan partition style GPT saat mempartisi hard drive anda. Jika anda memiliki disk yang lebih besar dari 2 TB, sisa ruang disk tidak akan digunakan kecuali anda meng-convert-nya ke GPT. Jumlah partisi pada disk GPT tidak dibatasi oleh temporary scheme, seperti partisi container yang ditentukan oleh MBR Extended Boot Record (EBR).


Berikut adalah gambar disk dasar yang menjelaskan format GPT.




Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data


Salah satu tantangan utama yang kita hadapi saat meng-convert MBR ke GPT adalah bahwa convert dari MBR ke GPT hanya dapat dilakukan jika tidak ada partisi atau volume di disk, sehingga convert tidak mungkin dilakukan tanpa kehilangan data. Saya masih tidak tahu mengapa Microsoft belum menawarkan solusi yang lebih sederhana untuk masalah ini.



Cara Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data di Windows 10/11


Untungnya ada beberapa solusi yang akan membantu anda meng-convert MBR ke GPT tanpa kehilangan data. Namun sebelum anda memulainya, selalu ada baiknya untuk MEMBACKUP DATA ANDA terlebih dahulu ke tempat yang aman.



1. Convert MBR ke GPT Menggunakan Diskpart


Untuk memulai, backup semua data anda dan kemudian gunakan perintah DISKPART untuk meng-convert partition style dari MBR ke GPT.

  • Buka Search Windows, kemudian ketik diskpart dan klik pada hasil yang muncul untuk membuka tool diskpart yang merupakan utilitas command line. Anda juga dapat membuka Command Promt dengan hak admin atau membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Promt, kemudian masukan perintah Diskpart dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter untuk menampilkan daftar disk. Menggunakan perintah dibawah ini, berarti anda memiliki lebih dari satu disk.
List disk
  • Kemudian, catat nomor disk yang ingin anda ubah partition style-nya ke GPT.
  • Sekarang, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Ganti # dengan nomor disk yang ingin anda convert.
Select disk #
  • Terakhir, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter untuk meng-convert hard drive anda.
Convert GPT
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan jalankan perintah Exit dua kali untuk keluar dari Diskpart dan menutup Command Prompt.



2. Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data Menggunakan Gptgen

Anda dapat meng-convert MBR ke GPT tanpa kehilangan data menggunakan utilitas command line yang bernama Gptgen.

Gptgen adalah utilitas yang dirancang untuk meng-convert hard drive yang dipartisi secara non-destruktif dalam skema MBR “MSDOS-style” yang umum (termasuk partisi extended) untuk menggunakan GUID partition table (GPT).

Ini adalah utilitas yang tersebar luas tetapi agak rumit untuk dijalankan. Sintaks utilitas tersebut adalah seperti berikut ini.

gptgen [-w] \\.\physicaldriveX

  • Pada perintah diatas, X adalah nomor drive yang di tampilkan di Disk Management atau dari perintah “List disk” pada utilitas Diskpart.
  • Perintah -w membuat gptgen menulis tabel partisi GUID yang dihasilkan ke disk. Jika tidak, tabel utama akan ditulis ke file bernama “primary.img” dan tabel sekunder ke “secondary.img” di direktori tempat program dipanggil.
  • Anda kemudian dapat menggunakan dd untuk menulis tabel ke disk.



3. Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data Menggunakan Partition Assistant

Cara lainnya adalah menggunakan utilitas AOMEI Partition Assistant Standard Edition. Ini adalah software manajemen partisi multifungsi gratis. Fitur utilitas ini dapat membantu anda mengconvert disk berisi data menjadi partition style GPT atau MBR tanpa kehilangan data.

Catatan: Tampaknya sekarang versi gratis Partition Assistant tidak mengizinkan convert MBR ke GPT.

Untuk mengconvert hard drive anda ke MBR atau GPT menggunakan AOMEI Partition Assistant Standard Edition, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Setelah itu, install dan luncurkan aplikasi.
  • Di jendela aplikasi, klik kanan pada disk MBR yang ingin anda convert dan pilih Convert to GPT Disk.
  • Kemudian, konfirmasikan operasi anda dengan mengklik OK untuk melanjutkan.
  • Setelah itu, klik Apply pada toolbar untuk melakukan perubahan.



4. Gunakan MBR2GPT Disk Conversion Tool

Untuk mengconvert MBR ke GPT menggunakan tool MBR2GPT bawaan, anda perlu memboot ke Advanced Startup Options dan mengakses Command Prompt dari sana. Setelah itu, anda dapat menjalankan perintah untuk meng-convert hard drive anda ke partition style lainnya.


Jika anda mengalami error saat menggunakan tool MBR2GPT, maka artikel ini akan membantu anda memperbaikinya. Atau anda dapat menelusuri blog ini untuk mendapatkan bantuan untuk error yang lebih spesifik.




Bagaimana Saya Dapat Meng-convert MBR ke GPT tanpa Menginstall Ulang Windows?
Untuk meng-convert MBR ke GPT tanpa menginstall ulang Windows, anda harus menggunakan software pihak ketiga, seperti AOMEI Partition Assistant. Setelah convert selesai, anda harus mengaktifkan mode boot UEFI sebelum mem-boot komputer anda. Jika tidak, maka komputer anda mungkin gagal melakukan booting. Disk Management Windows tidak menawarkan cara apapun untuk meng-convert tanpa kehilangan data.

Haruskah Saya Menggunakan MBR atau GPT untuk Windows 10/11?
GPT lebih baik daripada MBR dalam hal menyiapkan drive. GPT lebih modern dan merupakan standar kuat yang digunakan oleh semua komputer. Jika anda mencari kompatibilitas dengan system lama, anda mungkin harus melanjutkan dengan MBR.

Apakah Layak Meng-convert MBR ke GPT?
Jika anda beralih ke system yang lebih modern, maka itu sepadan. System file menawarkan keamanan lebih, mendukung ukuran partisi dan ukuran disk yang lebih besar menggunakan disk ke disk GPT. Namun, Windows tidak menawarkan convert tanpa format atau kehilangan data pada partisi utama, jadi lebih baik menggunakan software pihak ketiga.

Bisakah MBR bekerja dengan UEFI?
Ya, UEFI mendukung kompatibilitas backward menggunakan legacy mode, tetapi ada kemungkinan OS modern, seperti Windows 11, tidak lagi mendukung MBR. Jadi meskipun ini mungkin berfungsi pada system yang lama, ini tidak akan berfungsi pada versi Windows yang akan datang.

Apa Batasan MBR vs UEFI?
Jika anda berencana menggunakan ukuran disk yang besar, misalnya ruang disk lebih dari 2,2 TB, MBR tidak akan berfungsi karena system file tidak mendukungnya berdasarkan desainnya. MBR menggunakan nilai 32-Bit untuk menggambarkan awal dan akhir sehingga dibatasi pada 2,2 TB. Karena UEFI menggunakan 64-Bit, maka UEFI dapat mendukung ruang disk hingga 9,4 zettabytes (ZB). Oleh karena itu ada keuntungan besar dari disk GPT.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam meng-convert MBR ke GPT tanpa kehilangan data di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini jika anda mengetahui metode lain untuk meng-convert MBR ke GPT dengan aman. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data di Windows 10/11"