Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Boot Langsung ke UEFI dari Windows 10/11


Jika anda ingin mengubah prioritas boot, mengaktifkan atau menonaktifkan boot aman atau mengubah pengaturan tingkat rendah lainnya, maka anda perlu boot ke mode UEFI. Tergantung pada produsen motherboard, anda harus menekan tombol tertentu atau kombinasi tombol pada keyboard Aanda untuk mengakses mode UEFI. Meskipun layar splash menampilkan kunci yang perlu anda tekan, itu bisa sangat membingungkan bagi pemula. Jika anda pernah dalam situasi ini, anda bisa boot ke mode UEFI langsung dari Windows. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menekan kunci yang relevan secepat mungkin pada saat boot.

Booting ke UEFI dari Windows tidak sulit. Namun, anda hanya dapat melakukan ini jika motherboard anda mendukung atau memiliki chip UEFI di atasnya. Jika motherboard anda tidak mendukung UEFI, anda tidak bisa boot ke UEFI dari Windows. Dikatakan demikian karena kebanyakan motherboard modern dilengkapi dengan chip UEFI dan mendukung UEFI dan legacy BIOS.

Jika anda tidak tahu atau tidak yakin apakah motherboard anda mendukung UEFI atau tidak, anda dapat dengan mudah memverifikasi langsung dari Windows.


Periksa Jika System Anda Mendukung UEFI atau Legacy BIOS

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah anda menggunakan UEFI atau BIOS. Windows sendiri menampilkan semua informasi system dalam satu aplikasi bernama System Information. Dengan mengakses aplikasi System Information anda dapat menemukan apakah anda menggunakan BIOS atau UEFI.
  • Tekan Win + R, ketik msinfo32 dan tekan Enter. Tindakan ini akan membuka aplikasi System Information.
  • Pilih System Summary pada panel kiri. Di panel kanan anda dapat melihat apakah anda menggunakan BIOS atau UEFI di samping BIOS Mode. Jika anda melihat UEFI, maka system anda menggunakan bios UEFI. Jika anda melihat Legacy, maka system anda menggunakan Legacy BIOS.


Atau, anda juga dapat menemukannya menggunakan Disk Management tool.
  • Buka Start menu dan cari Check and format hard disk partitions dan buka. Jangan khawatir, saya tidak akan mempartisi atau memformat hard drive anda.
  • Jika anda melihat partisi bernama Healthy (EFI System Partition),  maka system anda mendukung UEFI. Jika anda tidak memiliki partisi ini, maka sastem anda menggunakan Legacy BIOS.


Setelah anda mengonfirmasi dukungan motherboard anda untuk UEFI, lanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mem-boot UEFI langsung dari Windows 10 atau Windows 11.


Boot ke UEFI dari Settings App

Untuk boot ke UEFI dari panel Settings, kita akan menggunakan opsi Advanced Start-up.
  • Cari Settings di Start menu dan buka. Pergi ke Update and Security - Recovery dan klik pada tombol Restart Now di bawah bagian Advanced Startup.
  • Pada layar Advanced startup, buka Troubleshoot - Advanced options, dan klik opsi UEFI Firmware Settings.
  • Pada layar berikutnya klik tombol Restart, dan anda akan dibawa ke layar UEFI.


Boot ke UEFI dari Command Prompt

Anda juga dapat melakukan boot ke UEFI dari Windows dengan menjalankan satu perintah.
  • Cari Command Prompt di Start Menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as administrator.
  • Pada Command Prompt , jalankan perintah di bawah ini:

shutdown /r /fw

  • Windows akan menampilkan pesan peringatan yang mengatakan bahwa sistem akan restart dalam waktu kurang dari satu menit.
  • Tutup pesan peringatan dan simpan semua pekerjaan anda. Sistem akan secara otomatis memulai ulang dan akan boot ke mode UEFI.
Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu anda. Jika anda ingin mengconvert Legacy BIOS ke UEFI di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat membacanya di artikel ini. Komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk boot langsung ke UEFI dari Windows 10. Terimakasih atas kunjungan anda. GBU

Post a Comment for "Cara Boot Langsung ke UEFI dari Windows 10/11"