Widget HTML Atas

Cara Convert Legacy BIOS ke UEFI di Windows 10


Di versi Windows sebelumnya anda terpaksa menginstal ulang seluruh system operasi jika anda ingin convert dari Legacy BIOS atau Master Boot Record (MBR) ke UEFI atau GUID Partition Table (GPT). Namun di Windows 10, Microsoft memperkenalkan tools baru dan sederhana yang disebut MBR2GPT yang memungkinkan anda mengconvert dari Legacy BIOS ke UEFI hanya dengan dua perintah.

Inilah cara anda dapat menyamar dari Legacy BIOS ke UEFI di Windows 10.


Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelumnya

Meskipun mengconvert Legacy BIOS ke UEFI di Windows 10 itu mudah, ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan lakukan sebelum melanjutkan.

1. Tidak akan ada kehilangan data saat mengonversi Legacy BIOS ke UEFI. Namun, sebagai tindakan pencegahan, harap buat cadangan system anda.

2. Anda harus menggunakan Windows 10 v1703 atau lebih tinggi. Jika anda tidak yakin, tekan Win + R, ketik winver dan tekan Enter. Pada baris kedua anda akan melihat "Version 1703" atau lebih tinggi. Misalnya, saat menulis ini, versi Windows 10 terbaru adalah Version 1809.


3. Disk yang anda coba convert seharusnya tidak memiliki lebih dari tiga partisi. Jika anda memiliki lebih dari tiga partisi pada drive instalasi Windows 10, gabungkan atau hapus partisi berlebih.

4. Jika anda menggunakan BitLocker untuk mengenkripsi system anda, decrypt drive dan nonaktifkan perlindungan BitLocker sebelum memulai proses convert. Dengan perlindungan BitLocker dihidupkan, Windows 10 tidak dapat mengubah drive anda dari Legacy BIOS ke UEFI.

5. Setelah mengconvert, anda mungkin harus mengubah pengaturan firmware motherboard anda dari Legacy BIOS ke UEFI. Tergantung pada produsen motherboard anda, prosedur untuk beralih dari satu ke yang lain akan berbeda. Siapkan manual motherboard anda untuk mempermudah anda.


Periksa Apakah Anda Menggunakan Legacy BIOS

Hal terakhir yang perlu anda periksa adalah apakah anda menggunakan Legacy BIOS. Lagi pula, tidak ada gunanya mengonversi jika anda sudah menggunakan UEFI.

Untuk mengetahuinya, cari Create and format hard disk partitions di Start menu, dan tekan Enter untuk membuka Disk Management tool bawaan. Sekarang, klik kanan pada disk instalasi Windows dan pilih Properties.


Di jendela properties pergi ke tab Volumes. Disini, jika anda melihat Master Boot Record (MBR) di sebelah Partition style, anda berada di Legacy BIOS.



Convert Legacy BIOS ke UEFI

Setelah anda mengonfirmasi bahwa anda menggunakan BIOS Legacy dan telah mencadangkan system anda, anda dapat mengconvert Legacy BIOS ke UEFI.

1. Untuk mengconvert, anda perlu mengakses Command Prompt dari Windows advanced start-up. Untuk itu, tekan Win + X, pergi ke Shut down or sign out dan klik tombol Restart sambil menahan tombol Shift.

2. Tindakan di atas akan mem-boot ulang system anda ke layar Advanced Start-up. Disini, buka Troubleshoot - Advanced Options, dan pilih opsi Command Prompt.


3. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memvalidasi disk yang ingin kita convert. Ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

mbr2gpt /validate

Jika anda melihat pesan Validation completed successfully, maka anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika anda melihat kesalahan, disk atau system anda mungkin tidak memenuhi persyaratan convert.

4. Setelah memvalidasi disk, jalankan perintah di bawah ini.

mbr2gpt /convert


Segera setelah anda menjalankan, Windows 10 akan memulai proses convert, yaitu akan menambahkan semua file boot UEFI dan komponen GPT yang diperlukan dan kemudian memperbarui Boot Configuration Data.

5. Sekarang Restart system anda, luncurkan layar pengaturan firmware motherboard anda dan ubah dari Legacy BIOS ke UEFI. Prosedur untuk mengubah dari Legacy BIOS ke UEFI tergantung pada pabrikan motherboard anda. Konsultasikan manual untuk langkah-langkah yang tepat.

6. Setelah boot ke Windows 10, anda dapat memverifikasi apakah anda telah diconvert atau tidak. Sama seperti sebelumnya, buka jendela properties disk dari Disk Management tool, dan buka tab Volumes. Disini, anda akan melihat GUID Partition Table (GPT) di sebelah Partition style.


Sekian. Jika anda ingin mengetahui perbedaan lengkap keduanya, baca artikel saya tentang perbedaan antara BIOS dan UEFI. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk mengconvert Legacy BIOS ke UEFI di Windows 10. Terimakasih. GBU

1 comment for "Cara Convert Legacy BIOS ke UEFI di Windows 10"

Post a Comment