Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu MBR2GPT Convert Tool di Windows 10/11 dan Cara Menggunakannya

 


Windows 10 dan Windows 11 memperkenalkan MBR2GPT Disk Conversion Tool baru yang dapat digunakan untuk mengkonvert komputer Windows 10 dengan aman dan non-destruktif dari BIOS lama ke partisi disk UEFI, serta mengotomatiskan konvert sebagai bagian dari proses peningkatan di tempat anda dari Windows 7 ke Windows 10 atau dari Windows 10 ke Windows 11. Selain itu, tidak seperti metode Wipe & Load, semua ini dapat dicapai tanpa harus memindahkan data anda dari disk.



MBR2GPT Disk Conversion Tool


MBR2GPT.exe, terletak di folder System32, adalah tools command line yang akan membantu anda mengonvert disk dari Master Boot Record (MBR) ke gaya partisi GUID Partition Table (GPT) tanpa mengubah atau menghapus data pada disk. Anda dapat menjalankan tools ini dari command prompt Windows PE (Windows Preinstallation Environment) serta dari OS Windows 10 atau Windows 11.




Dengan menggunakan MBR2GPT.exe, anda dapat mengonvert disk berformat MBR yang terpasang ke GPT, termasuk disk system, dalam Windows PE environment serta dalam system operasi. Anda juga dapat menggunakan tools ini untuk mengonversi disk MBR dengan volume yang dienkripsi BitLocker.


Disk system operasi yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11 juga dapat dikonvert, asalkan anda melakukan konvert secara offline.


Namun, konvert secara offline pada disk sistem dengan versi Windows sebelumnya yang diinstal, seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 tidak didukung secara resmi. Jadi untuk melakukannya anda harus mengupgrade terlebih dahulu ke Windows 10 atau Windows 11, kemudian melakukan konvert MBR ke GPT.



1. Konvert MBR ke GPT Menggunakan MBR2GPT.exe


Untuk melakukan konver MBR ke GPT menggunakan tools baru dari Windows MBR2GPT.exe ikuti langkah-langkah dibawah ini. Proses ini sebenarnya mudah, tetapi jika terjadi kesalahan maka dapat menyebabkan anda akan kehilangan data anda. Segala kesalahan dalam proses konvert, bukan tanggung jawab blog ini.


Catatan: Jika anda menggunakan tools dari Desktop Windows, lompat ke bagian akhir artikel!

  • Booting ke layar Advanced Startup Options, kemudian pilih Troubleshoot - Advanced options.
  • Disini pilih Command Prompt.


  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk memvalidasi bahwa drive memenuhi persyaratan untuk di konvert.


mbr2gpt /validate

  • Setelah itu masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk mengonvert drive dari MBR ke GPT.

mbr2gpt /convert


  • Setelah selesai, keluar dari command prompt dengan mengetik exit dan tekan Enter, kemudian Restart PC anda.


Perhatikan bahwa MBR2GPT hanya dapat digunakan dari Windows Preinstallation Environment. Dan metode ini lebih disarankan dari pada menggunakannya di desktop Windows anda.


2. Menggunakan Tools MBR2GPT di Desktop Windows

Jika anda menggunakan tools ini dari Desktop Windows anda, maka anda harus menggunakan /allowfullos untuk menimpa. Jadi perintahnya akan seperti dibawah ini. Jangan lupa menjalankan command prompt dengan hak admin (Run as administrator).

mbr2gpt /validate /allowfullos
mbr2gpt /convert /allowfullos



Anda dapat membaca semua tentang MBR2GPT Disk Conversion Tool baru ini, termasuk sintaks yang akan digunakan disini di Website Microsoft.

Untuk mengetahui tentang MBR dan GPT, anda dapat membaca artikel saya tentang perbedaan antara MBR dan GPT. Dan jika anda mengalami masalah dengan disk MBR anda, maka baca tutorial saya tentang cara memperbaiki MBR (Master Boot Record) di Windows 10/11. Atau anda dapat mengklik kategori MBR untuk mendapatkan kumpulan artikel tentang Master Boot Record.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu MBR2GPT Convert Tool di Windows 10/11 dan Cara Menggunakannya"