Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Resolusi Layar Windows Berubah Saat Monitor Dimatikan

 


Apakah resolusi layar Windows anda berubah ketika monitor dimatikan? Ini bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi, terutama karena anda harus memperbaiki resolusi monitor anda setiap kali anda mematikan atau merestartnya. Masalah ini biasanya terjadi pada pengaturan multi-monitor. Jadi, jika anda juga mengalami masalah yang sama, maka berikut adalah beberapa solusi cepat untuk membantu anda mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Resolusi Layar Windows Berubah Saat Monitor Dimatikan


Anda dapat menggunakan beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah yang terkait dengan resolusi layar. Namun sebelum kita ke bagian solusinya, pastikan anda masuk sebagai administrator atau anda memiliki hak administrator karena solusi ini memerlukan izin admin untuk menjalankan beberapa situasi ini.



1. Perbaikan Driver Graphics


Salah satu alasan paling umum terjadinya error pada komputer anda adalah driver graphics yang rusak. Jika anda baru saja mengupdate driver graphics anda dan kemudian mengalami masalah ini, maka anda harus mencoba me-roll back driver graphics anda ke versi sebelumnya.



Namun, menginstall ulang driver graphics anda tetap merupakan ide bagus jika anda belum mengupdate driver-nya baru-baru ini, karena Windows dapat secara otomatis mendownload driver yang diperlukan untuk komputer anda.


Driver mungkin sudah terinstall di komputer anda, jadi uninstall driver-nya terlebih dahulu dan setelah itu, anda dapat mengunjungi website OEM komputer anda untuk mendownload driver dan menginstall driver yang diperlukan. Ini akan mencegah masalah apapun yang timbul dari driver yang out of date atau rusak.



2. Ubah Link State Power Management


Saat ini, monitor eksternal anda membutuhkan waktu lebih lama untuk beralih ke resolusi pilihan anda setelah dihidupkan, sementara layar laptop langsung berfungsi.


Untuk mengatasi hal ini, kita perlu memperbaiki pengaturan waktu yang diatur oleh LSPM. Link State Power Management (LSPM) adalah alasan lain mengapa resolusi monitor anda terpengaruh. Ini adalah fitur bawaan PCI Express yang bekerja dengan power management Windows untuk menghemat energi.


Ini memiliki tiga pengaturan yaitu Off, Moderate power savings dan Maximum power savings. Jika anda menonaktifkannya, maka ini akan menonaktifkan LSPM, sehingga menawarkan bangun lebih cepat dari sleep mode.


Namun, bila anda memilih moderate power savings, penghematan daya akan lebih sedikit dan waktu untuk pulih dari kondisi sleep lebih singkat.


Untuk mengubah Link State Power Management, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Power Options.
  • Selanjutnya, pilih Change plan settings disamping power plan yang saat ini anda gunakan.
  • Di halaman berikutnya, klik Change advanced power settings.
  • Di jendela Power Options yang muncul, perluas PCI Express dengan mengklik ikon + di sebelahnya dan kemudian perluas juga Link State Power Management.
  • Setelah itu, ubah On battery dan Plugged in (atau Setting pada PC desktop) menjadi Moderate power savings atau Maximum power savings dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.
  • Jika itu tidak menyelesaikan masalah, maka anda dapat memilih Off untuk menonaktifkan Link State Power Management.




3. Gunakan PersistentWindows


Jika anda menggunakan pengaturan multi-monitor, program PersistentWindows mungkin bisa membantu. Ini adalah software universal yang menyimpan semua posisi Windows dan tampilan monitor. Jadi, jika resolusi tiba-tiba berubah, maka ini akan mengembalikan ukuran dan posisi pengaturan awal anda.


Selain itu, software ini akan mendeteksi perubahan status system, seperti bangun dari sleep, menghubungkan atau memutuskan hubungan monitor eksternal, keluar dari full-screen gaming atau menghubungkan kembali ke RDP.

  • Kemudian, unzip file yang didownload dan jalankan program PersistentWindows dengan mengklik dobel padanya.
  • Sekarang, program akan berjalan di background (seharusnya terlihat dibawah system tray).



Program ini bekerja dengan secara otomatis memonitor posisi dan ukuran Windows anda. Setiap kali konfigurasi monitor berubah, Windows layout akan dikembalikan ke pengaturan dan resolusi terakhir yang cocok.


Terakhir, coba lakukan jika anda tidak menggunakan opsi Extended display saat menggunakan beberapa pengaturan monitor.


Metode di atas akan membantu anda memperbaiki perubahan resolusi layar Windows saat monitor dimatikan karena error. Jika gagal, coba reset pengaturan monitor anda ke pengaturan pabrik, kemudian periksa dengan pengaturan system lain untuk melihat apakah anda masih mengalami masalah.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki resolusi layar Windows berubah saat monitor dimatikan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Resolusi Layar Windows Berubah Saat Monitor Dimatikan"