Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Masalah Pada Pengaturan Multi Monitor di Windows


Menyiapkan system dual monitor sangat membantu pengguna karena berbagai alasan, termasuk kemampuan untuk melakukan banyak tugas atau agar tidak bolak-balik di antara dua aplikasi atau halaman website tanpa terus meminimalkan jendela.

Entah kenapa, pada saat-saat yang tidak anda duga, mungkin anda menghadapi masalah dengan monitor kedua. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah tersebut.


Tidak Ada Sinyal

Jika monitor kedua anda mendapatkan pesan no signal, itu berarti bahwa data tersebut tidak membuatnya dari komputer ke monitor. Ada beberapa hal berbeda yang bisa anda coba untuk memperbaikinya.

Jika anda menghubungkan monitor saat dihidupkan, system mungkin tidak mengenalinya. Matikan monitor lalu hidupkan kembali untuk melihat apakah system mengenali monitor kedua tersebut.

Hal lain yang mudah untuk diperiksa adalah kabelnya. Pastikan mereka terhubung dengan benar dan tidak satupun dari mereka yang longgar atau lepas. Jika terlihat baik-baik saja, cabut dan pasang kembali sehingga anda dapat memastikan bahwa anda telah memasangnya dengan aman. Anda mungkin juga perlu mencoba kabel baru.

Coba alat pendeteksi Windows untuk melihat apakah Windows belum mengenali bahwa monitor terpasang.

Untuk memeriksa ini:
  • Klik kanan pada desktop dan pilih Display settings.
  • Gulir ke bawah hingga anda menemukan bagian Multiple display.
  • Klik pada tombol Detect.


Jika monitor kedua memiliki lebih dari satu opsi input, pastikan anda telah menekan tombol untuk memilih jenis input tersebut.

Jika anda menggunakan kartu grafis khusus dengan banyak output, ubah port grafis yang anda gunakan. Port bisa rusak, dan berpindah port akan memperbaiki masalah.

Meskipun Windows 10 mendukung beberapa tampilan secara default, anda dapat mencoba meng-update driver grafis anda.
  • Di kotak Search di taskbar, ketik Device Manager dan buka. Anda juga dapat klik kanan pada tombol Start menu dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Klik panah di sebelah Display adapter. Klik kanan pada graphic card yang ingin anda update dan pilih Update driver.
  • Pilih Search automatically for updated driver software.
  • Pilih Update Driver.
  • Jika Windows tidak menemukan driver baru, anda dapat mencoba mencarinya di website pabrikan graphic card anda.

Untuk dapat melakukan update graphic card anda dengan benar anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara update driver VGA AMD di Windows 10 atau jika anda ingin melakukan clean install graphics card anda, anda dapat membaca cara clean install driver graphics card pada Windows.


Resolusi Yang Salah

Jika anda menambahkan monitor baru dengan resolusi yang lebih tinggi ke system anda, monitor baru anda dapat mencoba meng-copy pengaturan dari display lama anda atau mencocokkan pengaturan layar yang ada.

Untuk memperbaiki resolusi monitor baru, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Klik kanan desktop anda, dan pilih Display settings dari menu.
  • Klik monitor yang ingin anda edit di bagian atas jendela.
  • Gulir ke bawah dan cari Scale and layout.
  • Di bawah resolusi, gunakan menu drop-down untuk memilih resolusi monitor anda yang benar.


Jika ini tidak berhasil, coba update driver grafis anda seperti dijelaskan di atas.


Refresh Rate Yang Salah

Windows biasanya tidak tepat untuk memilih pengaturan terbaik untuk monitor baru anda, jadi anda mungkin harus mengatur sendiri refresh rate untuk mempercepat display.

Untuk memeriksa refresh rate yang digunakan monitor baru anda, coba gunakan TestUFO. Kemudian, bandingkan rate itu dengan rate tercepat untuk monitor baru anda.

Jika anda ingin mengubah rate, ikuti langkah-langkah ini.
  • Klik kanan desktop anda dan pilih Display settings dari menu.
  • Gulir ke bawah ke bagian bawah jendela dan klik Advanced display settings.
  • Klik Display adapter properties for X. Pastikan monitor yang ingin anda ubah.
  • Di jendela properties, pilih tab Monitor di bagian atas.
  • Di bawah bagian Monitor settings, gunakan kotak drop-down untuk memilih refresh rate yang ingin anda gunakan.



Jenis Layar/Display

Saat anda menambahkan monitor kedua ke system anda, anda dapat memilih untuk memperpanjang desktop, menduplikasi, atau menyimpan desktop hanya pada satu monitor. Untuk mengubah pengaturan ini:
  • Tekan Win + P.
  • Pada sebelah kanan layar anda akan ditampilkan jenis layar yang hendak digunakan. Pilih tampilan yang anda inginkan.



Meminimalkan Game

Masalah lain yang mungkin anda hadapi dengan menggunakan monitor kedua adalah jika game yang anda mainkan di monitor tunggal, pada saat anda meminimalkannya tanpa kendala. Pada dual monitor anda bisa secara tidak sengaja mengklik display kedua anda karena tidak ada penghalang antara monitor.

Jika ini terjadi pada anda, cobalah salah satu troubleshooting tips ini:
  • Periksa display option anda di game itu sendiri. Jika anda bermain dalam mode Windowed, cobalah beralih ke Full Screen.
  • Coba beralih ke mode Borderless Window. Itu tidak akan menghentikan anda dari menggerakkan mouse anda ke layar lain, tetapi itu akan mencegah permainan dari meminimalkan ketika anda melakukannya.
  • Coba Dual Monitor Tool. Tool Kursor memungkinkan anda untuk mengunci mouse pointer ke salah satu monitor. Ingatlah untuk membukanya saat anda menyelesaikan game!
  • Matikan layar kedua, atau tekan Win + P untuk mengubah tampilan ke desktop saja.

Gunakan tips ini untuk menjadikan monitor kedua pengalaman yang lebih memuaskan dan mengurangi masalah yang membuat anda tidak menyelesaikan tugas anda. Semoga berhasil.

Jangan lupa berikan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dala menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengaturan multi monitor. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Masalah Pada Pengaturan Multi Monitor di Windows"