Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Instalasi GeForce Experience Driver yang Gagal

 


Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki error Installation Failed saat mengupdate atau menginstall GeForce Game Ready Driver melalui NVIDIA Geforce Experience. GeForce Game Ready Driver menghadirkan pengalaman bermain game terbaik untuk game favorit anda. Ini juga memungkinkan anda untuk mengoptimalkan pengaturan game dengan satu klik.

GeForce Game Ready Driver, Installation Failed




Memperbaiki Instalasi GeForce Experience Driver yang Gagal


Menurut laporan, pesan error Installation Failed terjadi saat menginstall atau mengupdate GeForce Game Ready Driver melalui aplikasi GeForce Experience di komputer Windows. Jika anda tidak dapat menginstall atau mengupdate GeForce Game Ready Driver karena error ini, maka gunakan beberapa saran berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Jalankan File Exe dengan Hak Administrator


Terkadang error instalasi terjadi karena hak administrator. Game Ready Driver mungkin memerlukan hak administrator untuk diinstall pada system anda. Untuk itu, klik kanan pada file exe dan pilih Run as administrator. Selanjutnya klik Yes di jendela UAC yang muncul. Sekarang, ikuti wizard di layar untuk menginstall driver.



2. Tutup Semua Program Lainnya


Selama instalasi sebuah program, disarankan agar semua program yang berjalan di komputer ditutup. Ini karena program yang sedang berjalan terkadang dapat mengalami konflik dengan file installer, sehingga proses instalasi gagal. Saya menyarankan anda untuk menutup semua program yang terbuka dan menghentikan semua aplikasi startup yang berjalan di background. Anda dapat melakukannya melalui Task Manager. Setelah melakukan ini, lihat apakah anda dapat menginstall driver.



Periksa juga apakah Windows Update sedang didownload di background. Jika system anda sedang mendownload Windows Update, maka anda tidak dapat menjeda atau menghentikannya. Dalam hal ini, tunggu hingga proses download dan instalasi update selesai dan kemudian coba kembali.



3. Nonaktifkan Sementara Antivirus Anda


Terkadang, program antivirus menganggap file asli sebagai virus dan memblokir instalasinya. Ini adalah tanda false positive dan dapat dihindari. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Oleh karena itu nonaktifkan antivirus pihak ketiga anda dan kemudian install drivernya. Jika error tidak terjadi, maka biarkan proses instalasi selesai. Setelah berhasil menginstall Game Ready Driver, aktifkan kembali antivirusnya.



4. Nonaktifkan Memory Integrity di Windows Security


Saya juga menyarankan anda menonaktifkan Memory Integrity di Windows Security. Memory Integrity adalah fitur dalam Windows Security yang mencegah serangan memasukkan kode berbahaya ke dalam proses dengan keamanan tinggi. Setelah menonaktifkan fitur ini, jalankan file executable dan lihat apakah error kembali terjadi atau tidak. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali Memory Integrity setelah proses instalasi selesai.


Untuk menonaktifkan Memory Integrity di Windows Security, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Windows Security melalui system tray di Taskbar anda.
  • Di jendela Windows Security, pilih Device Security.
  • Selanjutnya, klik Core isolation details di bawah bagian Core isolation.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Memory integrity ke Off.




5. Download Ulang Driver


File exe yang anda download mungkin rusak sehingga anda menghadapi pesan error Installation Failed setiap kali anda mencoba menginstall driver. Oleh karena itu, saya menyarankan anda menghapus file instalasi tersebut, kemudian mendownload driver versi terbaru dari GeForce Game Ready Driver dari website resmi NVIDIA dan kemudian menjalankan file installernya. Lihat apakah error kembali terjadi kali ini.



6. Lakukan Clean Install Driver


Apakah error terjadi saat melakukan Express Installation driver? Jika ya, maka lakukan Custom Installation driver. Kemungkinan alasan mengapa instalasi gagal saat melakukan Express Installation Game Ready Driver adalah karena kerusakan driver. Driver yang diinstall sebelumnya mungkin rusak sehingga anda tidak dapat mengupdate atau menginstall driver melalui opsi Express Installation.


Jadi, jalankan file installer, kemudian pilih opsi Custom Install dan kemudian beri ceklist pada opsi Perform a clean installation di layar berikutnya. Langkah ini akan menghapus driver versi sebelumnya dan kemudian menginstall driver versi terbaru.



Ini seharusnya berhasil.



7. Jalankan Scan Chkdsk


Jika error masih terjadi, kemungkinan ada beberapa bad sector pada hard drive anda yang menyebabkan kegagalan instalasi. Jadi, saya menyarankan anda untuk menjalankan scan ChkDsk. Setelah itu, coba install kembali.




Semoga membantu.


Mengapa NVIDIA Experience terus gagal diinstall?

Ada banyak alasan mengapa NVIDIA GeForce Experience gagal diinstall di komputer Windows anda, seperti file installer yang rusak, aplikasi NVIDIA GeForce Experience yang diinstall sebelumnya, konflik antivirus dan lainnya.


Bagaimana cara clean install driver NVIDIA?

Untuk melakukan clean install driver graphics NVIDIA, jalankan file installer dan pilih opsi Custom Install. Sekarang, beri ceklist pada opsi Perform a clean installation. Langkah ini akan menghapus versi driver graphics yang terinstall saat ini dan kemudian menginstall versi terbaru.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki instalasi GeForce Experience Driver yang gagal di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Instalasi GeForce Experience Driver yang Gagal"