Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Program Startup Windows


Salah satu pengalaman yang paling membuat frustrasi dalam kehidupan digital kita adalah ketika kita menyalakan PC dan itu berjalan sangat lemot seperti bekicot selama startup sementara kita dalam keadaan tergesa-gesa untuk memperbaiki pekerjaan kita. Beberapa program yang diinstal di komputer, seperti anti-malware, produktivitas dan aplikasi pihak ketiga dan system services lainnya, berjalan secara otomatis selama proses berlangsung, yang dapat menghambat CPU dan memory kita.

Dalam kebanyakan kasus, misalnya, Skype, Steam ataupun emulator Android adalah penyebab aktif yang memperlambat waktu startup pc, jadi ada baiknya kita harus mematikannya secara manual. Berikut adalah beberapa tweak dan hack yang berguna untuk membersihkan program startup Windows dan mempercepat waktu startup tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Catatan: Saat menginstal program atau software di masa mendatang, anda dapat menghapus ceklist pada opsi Start the program during startup sebelum anda mengklik tombol Finish selama proses instalasi.


1. Bersihkan Folder Startup

Anda dapat mulai membersihkan folder startup. Itu dapat diakses secara langsung dengan mengetikkan alamat ini di bar Windows Explorer:

C:\Users\user _name\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup


Jangan lupa untuk mengubah User Name dengan user name Windows anda.

Hapus shortcut program yang ingin anda hentikan pada saat startup. Pada tips ini hanya menghapus shortcut, tetapi bukan program itu sendiri, jadi jangan kawatir. Setelah itu Restart system dan lihat bagaimana PC meresponsnya.


2. Hentikan Program Startup Menggunakan Task Manager

Membersihkan folder startup tidak menghentikan shortcut program yang telah anda hapus. Namun, itu tidak akan menonaktifkan semuanya, termasuk program tersembunyi yang terdaftar di tab Startup Task Manager. Untuk membuka Task Manager, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc  kemudian pilih tab Startup. Pada tab Strartup ini berguna untuk fungsi-fungsi tingkat lanjut, dimana memungkinkan anda untuk melihat semua program dan services untuk membantu anda memutuskan mana di antara mereka yang aman untuk dihentikan atau dinonaktifkan pada saat startup.


Tab Startup menunjukkan dampak setiap program dari level rendah ke level tinggi, serta waktu BIOS terbaru di sudut kanan atas. Ini juga memberikan informasi tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sistem untuk boot. Untuk menonaktifkan program atau services, klik kanan lalu pilih Disable. Program akan berhenti pada startup, tetapi itu akan tetap di hard disk. Berhati-hatilah bahwa anda tidak dapat menghentikan program ini sepenuhnya. Yang terbaik adalah menonaktifkan satu per satu untuk menghindari masalah system dan merestart system setiap kali anda menonaktifkan satu program. Jika anda tidak yakin dengan fungsi program atau services selama startup, pilih Search online.


3. Gunakan Registry untuk Menghentikan Program Startup

Setelah anda menghapus shortcut di folder Startup dan menjalankan tips pada tab Startup Task Manager, anda dapat menggunakan Registry Editor untuk menghentikan program dan services.
  • Tekan tombol Win + R untuk membuka Run, kemudian ketik regedit dan klik OK.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Untuk Windows 10 dan Windows 11, anda dapat mengcopy jalur dibawah dan mempastekannya di Registry Editor dan tekan Enter.
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
  • Di panel kanan Registry Editor, anda akan melihat daftar program yang berjalan saat startup, sementara bidang Data menunjukkan jalur program atau services. Klik kanan program, pilih Delete dan itu akan secara otomatis berhenti pada startup di khusus account yang anda gunakan ini.
  • Jika anda memiliki beberapa account di system Windows anda, maka anda dapat membuka jalur dibawah ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft \Windows\CurrentVersion\Run
  • Klik kanan pada program atau services dan memilih Delete untuk menghapus program atau services di semua account system Windows anda.

Catatan: Menghapus key registry dapat menyebabkan ketidakstabilan system, jadi setiap kali anda menghapus entri, kotak dialog akan menanyakan apakah anda ingin menghapus key secara permanen atau tidak. Kerjakan pekerjaan anda terlebih dahulu dan cari tahu servises mana yang memperlambat startup anda.



4. Jalankan Services Computer Management Console

Cara lain untuk menghentikan program dan services saat startup adalah dengan menjalankan snap-in Services Computer Management Console. Ini memberikan semua deskripsi services yang ingin anda nonaktifkan dan memungkinkan anda untuk menghentikan sementara atau menguji services tertentu untuk memeriksa kinerja komputer ketika anda menghentikannya.
  • Untuk menjalankan tips ini, buka layar Run (Win + R) kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Services (Local) akan menunjukkan kepada anda nama program atau services, deskripsi (fungsinya), status, jenis startup, dan log in sebagai.
  • Klik Startup Type untuk melihat services yang dijalankan secara Otomatis dan Manual.
  • Jika anda ingin menghentikan program atau services selama startup, klik kanan dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, ubah Startup type ke Automatic (Delayed Start). Ini akan mempercepat waktu startup karena services tidak akan diluncurkan pada saat itu.


5. Aktifkan Fast Startup

Terakhir, cara lain untuk mempercepat waktu startup adalah dengan mengaktifkan mode Fast Startup. Ini tersedia di Windows 8, 10 dan Windows 11. Ini berfungsi setiap kali anda mematikan komputer dan menyalakannya. Fast Startup tidak akan berfungsi jika anda memilih Restart, jadi pastikan anda mematikan seluruh system.


Untuk mengetahui lebih jelas dan mengetahui cara mengaktikan atau menonaktifkan Fast Startup, anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang Apa yang dilakukan Fast Startup Windows dan Cara Menonaktifkannya.


6. Nonaktifkan Startup di Settings App Windows 10/11

Bagi pengguna Windows 10 dan Windows 11, anda juga dapat menonaktifkan startup aplikasi dari Settings Wisndows. Silahkan anda buka Settings dari Start Menu. Kemudian pilih Apps dan klik Startup di panel kiri. Di Windows 11, klik Apps di panel kiri dan klik Startup di panel kanan. Di panel kanan, silahkan menonaktifkan aplikasinya dengan menggeser  tombol ke posisi Off.



Saya sarankan anda untuk membaca deskripsi program dan services di Services Computer Management Console untuk mengetahui fungsi setiap services sebelum menonaktifkannya. Pembersihan pada folder startup hanya berbasis sentuhan, dan meskipun itu berpengaruh pada startup, meretas jalan anda ke registri editor dan snap-in services computer management console bermanfaat bagi pengguna tingkat lanjut dan menghentikan services di background.

Sekian tutorial kali ini. Berikan komentar anda di bawah ini tentang hasilnya setelah anda menerapkannya di komputer anda. Terimakasih dan GBU

Post a Comment for "Cara Membersihkan Program Startup Windows"