Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Your IT administrator has limited access to some areas of this app di Windows 10/11

 


Jika saat anda mencoba membuka Windows Security Center atau halaman Settings lainnya di Windows 10 atau Windows 11, anda menerima pesan error yang menyatakan Page not available, Your IT administrator has limited access to some areas of this app, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda. Error ini terkait dengan aplikasi  Windows Security atau Windows Defender, dimana sebagian aplikasi tidak dapat diakses. Ini bisa berupa App & Browser control atau Device Security atau bagian manapun dari aplikasi  Windows Security. Dalam artikel ini, saya akan mengidentifikasi potensi penyebabnya, serta memberikan solusi paling sesuai yang dapat anda coba agar berhasil menyelesaikan masalah tersebut.


Windows mengizinkan admin IT untuk memblokir akses ke seluruh aplikasi atau sebagian darinya melalui Group Policy Editor. Ini berlaku untuk aplikasi apapun jika dapat dikontrol melalui Privacy Policy atau Registry Settings. Karena Windows Security adalah solusi keamanan default untuk semua pengguna Windows,maka admin IT tidak ingin anda mengubah apapun. Anda mungkin seorang admin, tetapi jika komputer anda dikelola oleh orang lain, dia mungkin telah menonaktifkan sebagian dari komputer tersebut.




Penyebab Terjadinya Error


Alasan utama mengapa error ini terjadi adalah karena akun pengguna tidak diizinkan untuk mengakses bagian dari Windows Security. Selain itu, error ini dapat terjadi karena PC anda mungkin memiliki group policy yang membatasi anda untuk menyesuaikan pengalaman lebih jauh dari pengaturan yang diterapkan.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error dengan pesan error lengkap seperti berikut ini.

Page not available

Your IT administrator has limited access to some areas of this app, and the item you tried to access is not available. Contact IT helpdesk for more information.


Error ini mengacu pada izin yang tidak mencukupi yang dapat disebabkan oleh software antivirus pihak ketiga dan juga Group Policies yang berlaku.



Memperbaiki Error Your IT administrator has limited access to some areas of this app di Windows 10/11


Jika anda menghadapi error Page not available, Your IT administrator has limited access to some areas of this app, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah solusi tersebut membantu menyelesaikan masalah tersebut.


Anda harus mencoba solusi dibawah ini, jika PC Windows 10 atau Windows 11 anda bukan bagian dari jaringan perusahaan yang dikelola oleh administrator IT; jika tidak, hubungi admin IT anda seperti yang ditunjukkan pada pesan error.



1. Akun Kerja atau Sekolah


Jika komputer anda adalah bagian dari akun perusahaan atau akun sekolah, maka anda mungkin tidak dapat berbuat banyak. Admin menonaktifkan beberapa fitur dengan sengaja, sehingga tidak dapat diubah oleh anda atau apapun. Hal ini menjamin keamanan dan kebijakan komputer.


Namun, jika anda merasa perlu mengubahnya, hubungi admin IT anda dan lakukan perubahan yang di perlukan.



2. Pastikan Anda Login Sebagai Administrator


Pertama dan terpenting adalah memastikan anda login ke PC sebagai administrator. Jika anda memiliki beberapa akun yang dibuat di system anda, maka login ke akun administrator anda. Jika anda masuk ke Windows dengan akun lain tanpa hak admin, maka anda akan mendapatkan error Page not available saat membuka Windows Security Center.



3. Uninstall Software Keamanan Pihak Ketiga (jika ada)


Jika anda menginstall software keamanan pihak ketiga di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mengalami masalah ini. Dalam hal ini, untuk memperbaiki masalah ini, anda harus menguninstall semua program antivirus pihak ketiga dari PC anda menggunakan AV removal tool khusus untuk menghapus semua file yang terkait dengan program antivirus anda. Bahkan jika anda sebelumnya, menguninstall software keamanan pihak ketiga melalui Programs and Features di Control Panel tetapi masih mendapatkan error ini, maka kemungkinan besar, ada file sisa dari software AV yang masih mengganggu berfungsinya Windows Security Center.



4. Periksa Pengaturan Group Policy


Jika hal ini terjadi pada komputer yang dikelola sendiri dengan satu atau dua akun administrator, maka kemungkinan ada sesuatu yang mengubah pengaturan yang membatasi akses ke beberapa area aplikasi ini. Hal ini mirip dengan error dimana akses penuh ke Windows Security diblokir. Gambar dibawah menunjukkan bagaimana group policy dan bagian Windows Security dipetakan satu sama lain.



Jika anda memahami pemetaannya, sekarang saatnya mengubah pengaturan bagian yang diblokir untuk anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Windows Security
  • Sekarang, buka bagian yang dinonaktifkan atau hilang untuk anda dari aplikasi.


  • Anda harus membuka setiap kebijakan dan mengubah akses menjadi Not configured atau Disabled. Sebagai contoh, kebijakan Device Performance and Health dinonaktifkan untuk saya, dan ketika saya mengubah kebijakan terkait menjadi Disabled, kebijakan tersebut mengaktifkan akses untuk saya.


Berikut adalah daftar lengkap dalam urutan yang sama seperti yang anda lihat di group policy.
  • Account protection
  • App and browser protection
  • Device performance and health
  • Device Security
  • Enterprise Customization
  • Family Options
  • Firewall and network protection
  • Notifications
  • Systray
  • Virus and Threat Protection

Jika anda tidak memiliki akses ke Group Policy, maka anda dapat menggunakan Registry Editor untuk mengaturnya. Namun sebelum melakukan ini, anda disarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Langkah-langkah dibawah ini akan merinci apa yang anda perlukan untuk menyelesaikan masalah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut diawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender Security Center
  • Anda harus mengubah nilai DWORD untuk setiap key menjadi 0 (nol), yang berarti Not configured atau Disabled.


Temukan detail selengkapnya tentang Registry di artikel saya lainnya yang berjudul Memperbaiki Error Your IT administrator has disabled Windows Security di Windows 10/11.

Anda mungkin juga perlu melihat pengaturan berikut ini.

Mirip dengan bagaimana admin IT dapat memblokir hal-hal tertentu, admin PC juga dapat melakukan hal yang sama. Namun, tidak seperti admin IT, mengubahnya disini bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, jika anda perlu menguji website untuk mencari malicious, anda perlu menonaktifkan atau mengaktifkan Microsoft Defender Exploit Guard.

Sebagai admin PC anda, buka jalur berikut dan ubah kebijakannya.

Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Microsoft Defender Antivirus - Microsoft Defender Exploit Guard - Network Protection

Kebijakan tersebut dengan jelas menyatakan;
Enable or disable Microsoft Defender Exploit Guard network protection to prevent employees from using any application to access dangerous domains that may host phishing scams, exploit-hosting sites, and other malicious content on the Internet.

Setelah selesai, admin PC selalu dapat mengubahnya kembali ke pengaturan default.

Demikian pula, pengaturan dapat diubah menggunakan Registry Editor, namun anda harus tahu persis apa yang harus diubah. Di Registry Editor, anda harus mengikuti jalur berikut ini dan mengubahnya.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender\Policy Manager


5. Aktifkan Windows Security Center Secara Manual

Jika karena alasan tertentu Windows Security Center dinonaktifkan, maka anda harus mengaktifkan aplikasi secara manual. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Notepad di komputer anda.
  • Kemudian, copy-paste kode sintaks berikut ini ke Notepad.
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\SecurityHealthService]
"Start"=dword:00000002

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wscsvc]
"Start"=dword:00000002
  • Selanjutnya, save file dengan mengklik File dan pilih Save As.
  • Di jendela Save As, beri nama yang dikuti dengan ekstensi .reg (misalnya Enable_WSC.reg).
  • Kemudian ubah Save as type ke All Files dan klik Save untuk menyimpannya.
  • Setelah itu, klik dobel pada file .reg yang disimpan untuk menggabungkannya registry di system anda.



6. Reset Windows Security Center

Solusi ini mengharuskan anda mereset aplikasi Windows Security dan melihat apakah itu membantu.



7. Hubungi Administrator System Anda

Jika komputer anda adalah bagian dari bisnis dimana tim IT hanya dapat mengubah sebagian besar pengaturannya, maka anda harus terhubung dengan mereka. Anda mungkin tidak memiliki akses penuh ke Group Policy dan kemampuan untuk mengubah apapun. Jika perusahaan memilih untuk tidak mengizinkan akses, maka anda harus menyesuaikannya. Perhatikan bahwa meskipun akses diblokir, aplikasi tetap menjalankan tugasnya di background seperti yang dikonfigurasi oleh admin. Anda mungkin perlu menghubungi administrator system anda dan melihat apakah ada pengaturan Group Policy yang telah diterapkan.


Semoga membantu.

Saya telah melihat artikel di luar sana yang bahkan meminta anda untuk mengupgrade OS, merestorenya dan terkadang Reset. Solusi-solusi tersebut bahkan tidak mendekati penyelesaian masalah. Ini adalah kasus langsung dimana kebijakan telah diubah baik oleh admin IT atau apapun untuk komputer rumah.

Maksimal, jika ada akun admin lain di komputer, itu mungkin telah menonaktifkan akses untuk anda meskipun anda seorang admin. Sebaiknya hubungi pengguna tersebut atau buat akun admin lain dan gunakan itu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat memperbaiki error Your IT administrator has limited access to some areas of this app di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Your IT administrator has limited access to some areas of this app di Windows 10/11"