Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Driver NVIDIA, AMD, Realtek Tidak Dapat Diinstall di Windows 10/11

 


Terkadang, driver seperti NVIDIA, AMD dan Realtek menginstall sendiri dan muncul di daftar tetapi tidak merespons. Di lain waktu, mereka menolak menginstall di Windows 10 atau Windows 11. Apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini? Banyak yang menyarankan untuk menginstall ulang driver, namun trik ini jarang membantu. Oleh karena itu, artikel ini memberikan beberapa metode yang mungkin membantu anda jika driver NVIDIA, AMD atau Realtek tidak dapat diinstall di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Driver NVIDIA, AMD, Realtek Tidak Dapat Diinstall di Windows 10/11


Terkadang, driver menolak untuk menginstall karena ada jejak versi sebelumnya yang tertinggal atau instalasi tidak lengkap sehingga menimbulkan konflik. Display Driver Uninstaller (DDU) adalah utilitas removal driver yang menghapus sepenuhnya driver dan package graphics card AMD, Intel dan NVIDIA dari system anda. Ia tidak akan meninggalkan jejak apapun dari driver dan package tersebut. Ikuti metode yang dijelaskan dalam artikel ini untuk driver NVIDIA, AMD, atau Realtek yang tidak dapat diinstall di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Gunakan DDU untuk Menguninstall Driver NVIDIA dan AMD


Sebelum anda melanjutkan, saya menyarankan anda membuat system restore point. Ini akan memungkinkan anda untuk memulihkan system anda ke kondisi kerja sebelumnya jika terjadi masalah.

  • Sekarang, download driver NVIDIA/AMD dari website NVIDIA/AMD dan simpan ke Desktop anda. Langkah ini akan memudahkan kita nantinya.
  • Sekarang, download dan install Display Driver Uninstaller (DDU). Ini adalah tool gratis yang memungkinkan anda menghapus sepenuhnya driver graphics card dari system anda. Sebelum menjalankan utilitas ini, pastikan anda telah mendownload driver graphics card yang kompatibel yang tepat dengan system anda dari website resmi produsen perangkat anda.
  • Setelah instalasi selesai, buka tool tersebut dan cari deskripsi Select Graphic Driver. Di dekatnya, anda akan menemukan panah drop-down. Klik dan pilih NVIDIA/AMD dari daftar opsi yang ditampilkan.
  • Selanjutnya, klik Clean and restart (Highly Recommended) untuk membersihkan driver. Ini akan me-restart PC anda.



Masalahnya harus diselesaikan.


Catatan: Baca selengkapnya tentang cara clean install driver graphics card.



2. Gunakan Software Khusus yang Dikembangkan oleh Pabrikan


Produsen juga telah mengembangkan utilitas khusus yang membantu anda menginstall semua update terkini driver graphics card yang dirilis oleh produsen. Jika anda tidak ingin menggunakan utilitas DDU untuk menghapus driver display anda sepenuhnya, anda dapat menginstall software khusus dan melihat apakah software tersebut berfungsi.


Dalam hal driver graphics card, anda dapat menginstall software berikut pada system anda, berdasarkan produsen graphics card anda.

  • Intel Driver & Support Assistant
  • AMD Software Adrenalin Edition
  • NVIDIA GeForce Experience


Anda dapat mendownload tool-tool tersebut dari website resmi produsennya. Jika software ini tidak berfungsi atau gagal mengupdate driver graphics card anda, maka pilihan terakhir anda adalah menggunakan utilitas DDU.




3. Uninstall Driver Realtek dan Microsoft UAA


Error instalasi yang sering dikaitkan dengan driver Realtek HD Audio biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam menimpa file dalam driver Windows default atau konflik dengan Microsoft Universal Audio Architecture. Jadi, anda harus menguninstall driver Realtek dan Microsoft UAA yang ada terlebih dahulu, kemudian menginstall ulang driver Realtek.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Sekarang, buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, temukan dan perluas bagian System Devices.
  • Kemudian, klik kanan pada Microsoft UAA Bus Driver for High Definition Audio dan pilih Disable.
  • Setelah itu, restart komputer anda. Pastikan anda tetap masuk ke Safe Mode.
  • Sekali lagi, buka Devices Manager dan perluas bagian Sound, Video and Game Controllers.
  • Disini, klik kanan pada perangkat Realtek Audio dan pilih opsi Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.


  • Setelah selesai, perluas bagian System Devices, kemudian klik kanan pada perangkat Microsoft UAA Bus Driver for High Definition Audio yang dinonaktifkan dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Sekarang anda dapat menutup Device Manager.
  • Dengan asumsi anda memiliki file driver Realtek yang didownload, klik dobel padanya, untuk menginstal driver Realtek dan lanjutkan untuk menginstall driver.
  • Setelah semua langkah selesai, booting komputer ke Normal Mode dan restart komputer.


Saya harap ini berhasil untuk anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki driver NVIDIA, AMD, Realtek tidak dapat diinstall di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Driver NVIDIA, AMD, Realtek Tidak Dapat Diinstall di Windows 10/11"