Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperaiki Error An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet

 


Saat anda mencoba menjalankan Windows Update di laptop lama yang sudah lama tidak diupdate, untuk salah satu updatenya, anda mungkin menerima pesan error An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet. Anda kemudian menunggu sehari dan mencobanya kembali, namun itu tidak membantu. Ketika anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet. We’ll keep trying, or you can try again now.



Anda juga akan melihat tombol Retry, yang ketika anda klik, itu tidak membantu sama sekali. Dalam artikel ini, saya akan membagikan beberapa solusi bagaimana anda dapat memperbaiki masalah ini dan pada akhirnya dapat mengupdate Windows anda dengan sukses.



Memperaiki Error An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet


Meskipun menggunakan Update Assistant Windows 10 atau Windows 11 dapat membantu anda, namun anda dapat mencoba beberapa saran lainna berikut ini untuk memperbaiki error update Windows ini.



1. Gunakan Installation/Update Assistant Windows 10/11


Microsoft diketahui menginstall update pada perangkat yang tidak kompatibel dengan update  fitur tersebut. Namun, jika anda yakin ini adalah false positive, maka saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan Update Assistant Windows 10 atau Update Assistant Windows 11 untuk mendownload atau menginstall update yang bermasalah.




2. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows 10 dan Windows 11 menawarkan troubleshooter resmi untuk Windows Update. Berdasarkan pengalaman masa lalu, Microsoft telah merancang troubleshooter tersebut. Windows Update Troubleshooter dapat menyelesaikan banyak masalah dengan merestart service yang terkait dengan update, mengaturnya ke default dan mengaktifkan fitur yang dinonaktifkan. Untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings yang terbuka, pastikan anda di tab System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk dan biarkan troubleshooter melakukan tugasnya hingga selesai.




3. Hapus Folder SoftwareDistribution dan Catroot2


Windows Update mendownload semua file update ke folder khusus, dan jika ada yang salah dengan file tersebut, maka hal itu dapat menimbulkan masalah. Windows Update mungkin mencoba memperbaikinya secara internal tetapi selalu menemui kegagalan. Jika demikian, maka ikuti panduan mendalam saya untuk menghapus semua konten dari folder SoftwareDistribution dan juga folder CatRoot2. Setelah anda menghapusnya, folder tersebut akan dibuat kembali saat anda kembali mengupdate Windows anda.




4. Hapus Key Registry Tertentu


Solusi ini telah berhasil bagi banyak pengguna dalam memecahkan masalah error An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet. Key registry-nya terletak pada WindowsUpdate - Auto Update - RequestedAppCategories dan sama untuk banyak versi. Saya menyarankan anda untuk menghapus key tersebut tetapi hanya setelah anda membuat system restore point. Setelah ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus key registry tersebut.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\WindowsUpdate\Auto Update\RequestedAppCategories
  • Di lokasi, temukan key berikut ini di panel kiri dibawah keyreg RequestedAppCategories.
8B24B027-1DEE-BABB-9A95-3517DFB9C552
  • Setelah menemukannya, klik kanan pada key tersebut dan pilih Delete.
  • Kemudian klik Yes pada jendela konfirmasi.
  • Setelah selesai, tutup Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Sekarang anda dapat memeriksa kembali update Windows anda dan kali ini masalah anda akan teratasi.

Catatan: Jika saat anda merestart komputer anda, anda mendapatkan masalah pada system anda, maka anda dapat melakukan system restore menggunakan restore point yang telah anda buat sebelumnya.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga salah satu saran diatas membantu anda dalam memperbaiki error An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet saat update Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperaiki Error An update is being prepared for your device, but it’s not quite ready yet"