Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Menghapus File dari Hard Drive Eksternal di Windows 10/11

 


Apakah anda tidak dapat menghapus file dari hard drive eksternal di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda? Jika ya, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut dengan sukses.


Anda dapat dengan mudah menghapus file dari hard drive eksternal anda. Buka saja File Explorer, kemudian buka drive eksternal anda, klik kanan pada file atau folder yang ingin anda hapus dan pilih opsi Delete. Anda juga dapat memilih semua file dan tekan tombol Delete pada keyboard anda.


 

Penyebab Tidak Dapat Menghapus File dari Hard Drive Eksternal
 

Mungkin ada berbagai alasan mengapa anda tidak dapat menghapus file dari hard drive eksternal anda. Salah satu alasan umum adalah hard drive eksternal diatur ke write-protected sehingga anda tidak dapat menghapus data dari drive. Alasan umum lainnya adalah system file hard drive rusak atau drive berisi bad sector, sehingga sulit untuk memodifikasi file. Kemungkinan masalah lain yang memicu masalah tersebut adalah karena permission/izin yang diperlukan tidak cukup untuk melakukan proses Delete.


 

Memperbaiki Tidak Dapat Menghapus File dari Hard Drive Eksternal
 

Jika anda tidak dapat menghapus beberapa file dan folder dari hard drive eksternal anda, maka berikut beberapa solusi yang dapat anda terapkan untuk memperbaiki masalah tersebut.


Sebelum menerapkan perbaikan ini, coba lepaskan hard drive eksternal anda dan hubungkan kembali ke PC anda. Selain itu, coba hubungkan hard drive ke port USB lain dan lihat apakah itu membantu. Jika tidak, lanjutkan dengan solusi dibawah ini.

 

1. Pastikan File Tersebut Tidak Sedang Digunakan oleh Proses Lain


File yang tidak dapat anda hapus mungkin sedang digunakan oleh proses lain. Jadi, pastikan file tersebut tidak sedang digunakan dan kemudian coba hapus file tersebut.

 


2. Ambil Kepemilikan Atas File/Folder yang Bermasalah


Masalah ini mungkin disebabkan karena masalah permission/izin pada file atau folder target. Jadi, hal pertama yang dapat znda lakukan adalah mengambil kepemilikan atas file dan folder yang tidak dapat anda hapus dan melihat apakah masalahnya telah teratasi. Anda juga dapat mereset permission file dan folder ke default dan kemudian mencobanya kembali.


 

3. Jalankan Perintah CHKDSK

Jika cara di atas tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat menggunakan perintah Check Disk Utility (CHKDSK) untuk memperbaiki error drive. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Perhatikan bahwa G adalah drive eksternal anda.
Chkdsk G: /f /r
 
Setelah perintah selesai di jalankan, anda dapat mencoba menghapus file dari hard drive eksternal anda dan memeriksa apakah masalahnya telah teratasi.
 

4. Hapus Write Protection pada Drive Eksternal Anda
 
Jika anda masih tidak dapat menghapus file dari drive eksternal, mungkin hard drive eksternal anda diatur ke write-protected, itulah sebabnya anda tidak dapat menghapus atau mengedit file. Jika kasus ini terjadi pada anda, maka anda perlu menonaktifkan write-protected dari drive eksternal anda dan periksa apakah masalahnya sudah hilang. Untuk melakukannya, anda dapat menggunakan command-line Disk Management Tool bawaan Windows yang disebut diskpart.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti # dengan drive letter hard drive eksternal anda.

Diskpart
List disk
Select disk #
Attributes disk clear readonly


  • Setelah semua perintah diatas di jalankan, sekarang jalankan perintah Exit dua kali untuk keluar dari Diskpart dan menutup Command Prompt.
 
 
5. Hubungkan Hard Drive ke Komputer Lain dan Periksa Apakah itu Membantu

Jika masalah masih berlanjut, maka anda dapat mencoba menghubungkan hard drive eksternal anda ke komputer lain dan melihat apakah anda dapat menghapus file dan folder yang tidak diinginkan.

 
6. Coba Gunakan Software Delete File Pihak Ketiga

Mungkin ada beberapa file membandel di hard drive eksternal anda yang tidak dapat dihapus dengan metode penghapusan normal. Jadi, dalam hal ini, anda dapat menggunakan oftware penghapus file pihak ketiga untuk menghapus file dan folder yang tidak diinginkan dari drive. Ada beberapa software penghapus file gratis yang bagus, antara lain Free File Unlocker, Tizer Unlocker, Emco Unlock It, Delete Doctor, Wise Force Deleter dan Unlocker, yang bisa anda gunakan.



7. Format Hard Drive Eksternal Anda

Jika tidak ada yang berhasil, maka anda perlu memformat hard drive eksternal anda. Ini menjadi pilihan terakhir jika semua metode diatas tidak membantu. Hard drive anda mungkin rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi, sehingga anda tidak dapat memodifikasi file. Jika skenario ini dapat diterapkan, maka anda dapat memformat hard drive eksternal dan melihat apakah ini membantu.

Perhatikan bahwa memformat drive akan menghapus semua data anda yang tersimpan di dalamnya. Jadi, jika ada beberapa file penting yang tidak ingin anda hilangkan, backup terlebih dahulu file tersebut di drive lain sebelum anda melanjutkan proses pemformatan. Ini adalah solusi yang bagus jika anda ingin menghapus sebagian besar file. Namun, gunakan ini jika solusi di atas tidak berhasil.

 
Saya harap salah satu solusi diatas membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat menghapus file dari hard drive eksternal di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Menghapus File dari Hard Drive Eksternal di Windows 10/11"