Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki TPM Error 80284001 di Teams atau Outlook

 


Terkadang, saat mencoba sign in ke Microsoft Teams atau Outlook, anda mungkin mengalami error TPM dengan error code 80284001. Jadi, meskipun anda terhubung ke jaringan, anda mungkin melihat error seperti, Connection error atau anda mungkin melihat sesuatu seperti error berikut ini.

Something went wrong

Your computer's Trusted Platform Module has malfunctioned. If this error persists, contact your system administrator with the error code 80284001.



Sangat jelas seperti yang katakan pada pesan error, bahwa error code 80284001 ini terkait dengan Trusted Platform Module (TPM) perangkat anda dan sebagian besar terjadi jika itu tidak berfungsi dengan benar. Kemungkinan penyebabnya adalah pengaturan TPM di BIOS salah atau driver sudah out of date. Namun, mungkin juga anda tidak menjalankan versi terbaru dari Microsoft Office atau Microsoft Teams atau Outlook.



Memperbaiki TPM Error 80284001 di Teams atau Outlook


Meskipun mungkin ada beberapa alasan lain mengapa anda mengalami error TPM dengan error code 80284001 di Teams atau Outlook, artikel ini memiliki beberapa solusi yang terbukti dapat membantu pengguna memperbaiki masalah tersebut.



1. Update Windows, Office dan driver TPM 2.0


Anda mungkin ingin memeriksa apakah OS Windows dan Microsoft Office diupdate ke versi terbaru atau tidak.


Untuk mengupdate OS Windows anda, anda dapat membuka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian klik Windows Update.


Sementara untuk mengupdate Office, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Anda harus membuka salah satu aplikasi Microsoft Office, entah itu Word atau Exel atau lainnya.
  • Selanjutnya, klik tab Home dan klik Account di panel kiri.
  • Sekarang, klik menu drop-down Update Options dan pilih opsi Update Now.
  • Setelah itu, Office akan memeriksa update yang tersedia, kemudian mendownload dan menginstallnya.



Anda juga perlu memeriksa apakah driver TPM 2.0 telah diupdate ke versi terbaru atau perlu diinstall ulang. Jika anda menginstal TPM 2.0 di PC, maka TPM 2.0 akan muncul di bagian Security Devices di Device Manager. Untuk mengupdate TPM di perangkat anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas Security devices dan temukan Trusted Platform Module.
  • Kemudian, klik kanan padanya dan pilih Update driver.


  • Di jendela update driver, pilih Search automatically for drivers.
  • Halaman berikutnya akan meminta anda untuk mencari driver yang diupdate pada Windows Update.
  • Ini akan membuka Windows Update dan anda kemudian dapat menavigasi ke Advanced Options - Optional Updates.
  • Periksa apakah ada update driver yang tersedia. Jika ya, maka update driver TPM anda.



2. Siapkan TPM


Terkadang, anda mungkin mengalami error TPM di Teams atau Outlook jika TPM tidak diatur dengan benar. Oleh karena itu, pastikan anda mengubah pengaturan TPM untuk memperbaiki error TPM. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik tpm.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Trusted Platform Module (TPM) Management on Local Computer, klik Prepare the TPM di panel kanan.
  • Sekarang, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.



Langkah ini akan membantu anda memperbaiki error code 80284001 ini.



3. Backup Data dan Clear TPM


Alternatifnya, anda dapat meng-clear TPM dan memeriksa apakah ini membantu memperbaiki TPM error 80284001 di Teams atau Outlook. Sebelum itu, backup data system penting apapun. Setelah itu, anda dapat meng-clear TPM melalui Windows Security atau menggunakan perintah PowerShell.




4. Nonaktifkan ADAL di Registry Editor


Salah satu alasan lain mengapa anda mungkin mengalami error TPM di Teams atau Outlook adalah karena masalah autentikasi. Dalam hal ini, anda dapat menonaktifkan keyreg ADAL di Registry Editor atau mengaktifkan MFA (Multi-Factor Authentication) di Microsoft 365 admin center. Untuk menonaktifkan ADAL atau mengaktifkan MFA, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini pada metode ke-2.




5. Hapus Folder Microsoft.AAD.BrokerPlugin


Terkadang, error TPM di Teams atau Outlook mungkin terkait dengan folder Microsoft.AAD.BrokerPlugin yang rusak. Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah ini, penting untuk menghapus folder tersebut. Jadi, untuk itu, buka File Explorer, kemudian navigasikan ke jalur berikut dibawah ini dan hapus folder. Pastikan anda menampilkan folder tersembunyi.

C:\Users\user_name\AppData\Local\Packages\Microsoft.AAD.BrokerPlugin_cw5n1h2txyewy

Setelah anda menghapus folder tersebut, anda dapat mencoba masuk ke Teams atau Outlook dan memeriksa apakah anda masih melihat error 80284001 atau tidak.



6. Ambil Kepemilikan Folder Ngc dan Hapus

Jika error TPM masih berlanjut pada Teams, maka anda dapat mengambil alih kepemilikan folder NGC dan menghapusnya. Dalam hal ini, luncurkan File Explorer dan pergi ke lokasi berikut dibawah ini.

C:\Windows\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft

Di lokasi, ambil kepemilikan folder NGC dan setelah berhasil melakukannya, hapus isi folder NGC tersebut.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki TPM error 80284001 di Teams atau Outlook di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki TPM Error 80284001 di Teams atau Outlook"