Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 80090030 atau 80090016 Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned

 


Pada artikel ini, saya akan berbicara tentang cara untuk memperbaiki error Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned dengan error code 80090030 atau 80090016 di Outlook. Menurut pengguna yang terpengaruh, pesan error ini terjadi saat mereka sign in ke akun Outlook mereka di desktop Outlook atau aplikasi Outlook 365. Error ini mencegah mereka sign in ke akun mereka.



A. Memperbaiki Error 80090030 Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned


Saat masalah ini terjadi, maka anda akan melihat pesan error yang ditampilkan Outlook di layar seperti berikut ini.

Something went wrong

Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned. If this error persists, contact your system administrator with the error code 80090030.



Beberapa solusi berikut ini akan membantu anda mengatasi masalah ini. Mari kita lihat metode perbaikannya satu per satu secara mendetail.



1. Putuskan dan Hubungkan Kembali Akun Kerja atau Sekolah Anda


Terkadang, Trusted Platform Module gagal menginisialisasi protokol koneksi karena masalah server. Dalam kasus seperti itu, anda mungkin menerima pesan error seperti ini. Jika error terjadi karena masalah ini, maka memutuskan dan menghubungkan kembali akun Kerja atau Sekolah anda dapat memperbaikinya.


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Accounts di jendela Settings.
  • Di halaman berikutmya, klik Access Work or School di panel kiri.
  • Di panel kanan, pilih akun Sekolah atau Kerja dan dan klik Disconnect.
  • Setelah itu klik Connect dan ikuti petunjuk di jendela yang muncul untuk menghubungkan kembali akun Sekolah atau Kerja anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Accounts di panel kiri dan di panel kanan klik Access Work or School.
  • Di halaman berikutnya, pilih akun yang ingin anda putuskan dan klik Disconnect.
  • Sekarang, klik Connect pada halaman Access Work or School dan ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan akun Kerja atau Sekolah.



Sekarang, periksa apakah masalah berlanjut atau terpecahkan.



2. Nonaktifkan ADAL atau Aktifkan MFA


Penyebab utama yang dilaporkan dari masalah ini adalah masalah otentikasi. Ini dapat diperbaiki baik dengan menonaktifkan ADAL (Active Directory Authentication Library) atau dengan mengaktifkan MFA (Multi-Factor Authentication). Solusi ini telah terbukti efektif untuk banyak pengguna. Oleh karena itu, anda juga harus mencoba metode ini.


Nonaktifkan ADAL melalui Registry Editor

Solusi ini memerlukan beberapa modifikasi di Registry Editor. Oleh karena itu, sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda membackup registry dan membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Common\Identity

  • Disini, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value beri nama dengan EnableADAL.


  • Secara default, value data EnableADAL harus 0 (nol). Jika tidak, klik dobel pada DWORD tersebut, kemudian ubah value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan restart PC anda.

Ini harusnya memperbaiki masalah. Namun jika masalah masih ada, maka anda harus mengaktifkan Multi-Factor Authentication.


Aktifkan Multi-Factor Authentication
Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa error ini terjadi karena MFA dinonaktifkan di akun Microsoft 365 mereka. Secara default, MFA diaktifkan untuk alasan keamanan. Periksa apakah itu diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika anda menemukan MFA dinonaktifkan di akun anda, maka pertimbangkan untuk mengaktifkannya kembali dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.


  • Masuk ke Microsoft 365 admin center.
  • Klik Show all untuk memperluasnya dan kemudian pilih Azure Active Directory Admin Center.
  • Setelah itu, buka Azure Active Directory - Properties - Manage Security Defaults.
  • Di panel kanan, anda harus mengatur opsi Enable Security Defaults ke Yes. Jika opsi tersebut diatur ke No, maka klik tombol untuk mengubahnya ke Yes. Ini akan mengaktifkan MFA di akun anda.
  • Sekarang, gulir ke bawah dan klik Save.


3. Hapus Kredensial Anda

Masalahnya mungkin juga terkait dengan cache akun anda. Oleh karena itu, saya sarankan anda menghapus kredensial lama anda dan melihat apakah ada perubahan.

Untuk menghapus kredensial lama, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Credential Manager.
  • Kemudian pilih Windows Credentials di halaman berikutnya.
  • Perluas setiap kredensial di bawah bagian Generic Credentials dan klik Remove. Anda harus menghapus semua kredensial di bawah bagian Generic Credentials.
  • Setelah selesai, tutup Control Panel dan restart komputer anda.


Sekarang, masuk ke akun anda di aplikasi Outlook dan periksa apakah masalah terselesaikan.


4. Update Firmware TPM

Jika masalah masih berlanjut. mungkin ada masalah dengan TPM module anda. Oleh karena itu, anda harus mempertimbangkan untuk mengupdate Firmware TPM.


B. Memperbaiki Error 80090016 Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned

Error Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned dengan error code 80090016 dikaitkan dengan Outlook 365. Pengguna yang terpengaruh telah melaporkan bahwa error code ini mencegah mereka sign in ke akun mereka atau menambahkan akun pengguna baru ke Outlook 365. Pesan error lengkap yang ditampilkan Outlook 365 akan terlihat seperti berikut ini.

Something went wrong.
Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned. If this error persists, contact your system administrator with the error code 80090016.


Jika anda melihat pesan error ini di aplikasi Outlook 365 anda, maka coba beberapa solusi berikut ini untuk menyelesaikan masalah.


1. Putuskan Akun Kerja atau Sekolah Anda dan Hubungkan Kembali

Ini adalah solusi paling sederhana untuk memperbaiki error code 80090016 di Outlook 365. Cukup putuskan hubungan akun Kerja atau Sekolah anda, kemudian hubungkan kembali. Solusi ini telah memperbaiki masalah bagi banyak pengguna.

Saya telah menjelaskan prosesnya diatas pada bagian memperbaiki error 80090030 Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned.


2. Buat Value Baru atau Ubah yang Sudah Ada di Registry Editor

Jika memutuskan dan menghubungkan kembali akun Kerja atau Sekolah anda ke Windows 10 atau Windows 11 tidak memperbaiki masalah anda, maka anda dapat membuat value baru atau ubah value yang sudah ada di HKEY_LOCAL_MACHINE Registry Hive. Sebelum anda melanjutkan, akan lebih baik untuk membackup registry anda atau membuat system restore point. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Cryptography\Protect\Providers\df9d8cd0-1501-11d1-8c7a-00c04fc297eb

  • Disini, klik kanan di ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan ProtectionPolicy.


  • Secara default, Value Data dari DWORD yang baru dibuat adalah 0 (nol). Untuk itu, klik dobel pada ProtectionPolicy, kemudian ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu restart PC anda.

Periksa apakah masalah berlanjut. Jika ya, coba perbaikan Registry berikutnya.


3. Buat Value Baru di HKCU Registry Hive

Coba solusi ini jika perbaikan di atas tidak menyelesaikan masalah anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Common\Identity

  • Di lokasi ini, periksa apakah anda melihat value DisableADALatopWAMOverride dan DisableAADWAM di panel kanan.
  • Jika anda tidak menemukan dua value tersebut, maka buatlah dengan mengklik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan DisableADALatopWAMOverride. Kemudian buat sekali lagi dan beri nama dengan DisableAADWAM.
  • Setelah itu, klik dobel pada masing-masing value, kemudian ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Terakhir, restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Periksa kembali, apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.


4. Hapus Data di Dalam Folder Microsoft.AAD

Hapus data di dalam folder Microsoft.AAD. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik %UserProfile% dan tekan Enter.
  • Sekarang, buka folder Local dan kemudian folder Packages.
  • Kemudian temukan folder Microsoft.AAD.BrokerPlugin_cw5n1h2txyewy. Anda dapat menggunakan Search di File Explorer untuk menemukan folder ini dengan mudah.
  • Setelah anda menemukannya, buka folder tersebut dan hapus semua data yang ada didalamnya.


Ini harus memperbaiki masalah ini.


Semoga artikel ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki TPM hilang atau tidak muncul di BIOS atau cara mengaktifkan TPM di Hyper-V untuk menginstal Windows 11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 80090030 atau 80090016 Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned di Outlook. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 80090030 atau 80090016 Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned"