Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Excel Error There’s a problem with the clipboard, but you can still paste your content within this workbook

 


Saat menyalin konten dari sheet Excel, beberapa pengguna mendapatkan pesan error There’s a problem with the clipboard, but you can still paste your content within this workbook. Error ini mencegah konten dicopy ke Clipboard, sehingga pengguna tidak dapat mempastenya ke aplikasi lain. Jika anda berada dalam situasi seperti ini, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda.




Memperbaiki Excel Error There’s a problem with the clipboard, but you can still paste your content within this workbook


Jika anda tidak bisa menyalin konten dari Excel karena error There’s a problem with the clipboard, but you can still paste your content within this workbook, maka gunakan metode perbaikan yang disediakan dibawah.



1. Hapus History Clipboard


Pesan error mengatakan ada masalah dengan Clipboard. Oleh karena itu, langkah pertama adalah menyelesaikan masalah yang terkait dengan Clipboard. Biasanya, masalah Clipboard diperbaiki dengan menghapus history Clipboard. Anda harus melakukan hal yang sama disini. Jadi, hapus history Clipboard anda dan lihat apakah itu membantu. Menghapus history Clipboard itu mudah. Tekan tombol Win + V untuk membuka Clipboard, kemudian klik Clear all untuk menghapus semua history Clipboard.



Jika menghapus history Clipboard tidak berhasil, saya sarankan anda menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Clipboard.



2. Tutup Semua Aplikasi lain dan Coba Lagi


Mungkin juga aplikasi lain yang berjalan di system anda menggunakan Clipboard. Jadi, tutup semua aplikasi yang dibuka secara paralel dengan Microsoft Excel dan lihat apakah error di perbaiki atau masih berlanjut. Beberapa pengguna melaporkan bahwa error ini terjadi karena Windows Explorer, sehingga menutup Windows Explorer dapat memperbaiki error tersebut.


Saya juga menyarankan anda me-restart Windows Explorer. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berasa di tab Processes.
  • Setelah itu, pilih atau klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.




3. Nonaktifkan Live Preview


Banyak pengguna melaporkan bahwa menonaktifkan fitur Live Preview di Excel telah memperbaiki error ini. Jadi, anda juga harus mencoba ini. Langkah-langkah untuk menonaktifkan Live Preview tertulis dibawah ini.

  • Buka Excel, kemudian klik File dan pilih Options.
  • Di jendela Excel Options, pastikan anda berada di tab General.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada opsi Enable Live Preview di bawah bagian User Interface options di panel kanan.
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, luncurkan ulang Excel dan lihat apakah masalahnya telah teratasi atau belum.




4. Nonaktifkan Linkedin Features


Jika menonaktifkan Live Preview tidak membantu, maka menonaktifkan opsi Linkedin Features di Excel dapat memperbaiki masalah ini. Langkah-langkah berikut akan membantu anda dalam hal ini.

  • Buka Excel, kemudian klik File dan pilih Options.
  • Di jendela Excel Options, pastikan anda berada di tab General.
  • Sekarang di panel kanan, gulir ke bawah ke bagian Linkedin Features.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada opsi Enable Linkedin features in my Office applications.
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, luncurkan ulang Excel dan lihat apakah anda bisa menyalin konten ke Clipboard atau tidak.




5. Nonaktifkan Add-ins


Jika masalah masih berlanjut, mungkin Add-ins yang terinstall yang menyebabkan masalah. Oleh karena itu, anda perlu memeriksanya dengan menonaktifkan add-ins di Excel satu per satu. Ikuti langkah-langkah yang disediakan dibawah ini untuk melakukannya.

  • Buka Excel, kemudian klik File dan pilih Options.
  • Di jendela Excel Options, alihkan ke tab Add-ins di panel kiri.
  • Di panel kanan, pilih COM Add-ins pada menu Manage dan klik Go.
  • Di jendela COM Add-ins, jika add-ins diaktifkan, maka itu akan diberi ceklist pada masing-masing add-in.
  • Sekarang, hapus ceklist pada salah satu add-in untuk menonaktifkan add-in tersebut dan klik OK.
  • Setelah itu, mulai ulang Excel.
  • Periksa apakah masalahnya masih berlanjut atau tidak.
  • Jika masih berlanjut, maka nonaktifkan add-in lainnya dengan mengulangi proses diatas hingga masalahnya hilang.



Jika setelah menonaktifkan semua add-in, masalah belum teratasi, berarti tidak ada add-in yang menyebabkan masalah ini. Jadi dipastikan penyebab masalahnya ada di tempat lain.



6. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Aplikasi atau service background mungkin juga menjadi penyebab masalah ini. Untuk memeriksanya, anda harus memecahkan masalah dalam Clean Boot. Setelah anda masuk ke Clean Boot, buka Microsoft Excel untuk memeriksa apakah anda dapat menyalin konten dari file Excel atau tidak. Jika pesan error tidak muncul saat menyalin konten dari Excel, maka aplikasi atau service background mengalami konflik dengan Microsoft Excel dan memicu pesan error ini.



Dalam Clean Boot, semua aplikasi background dinonaktifkan. Sekarang, aktifkan satu per satu dan restart komputer anda setiap kali anda mengaktifkan salah satu aplikasi. Setelah me-restart komputer anda, periksa status masalahnya. Jika tidak terjadi error, maka aplikasi yang baru saja anda aktifkan bukan pelakunya. Sekarang, ulangi langkah yang sama, yaitu masuk ke clean boot, aktifkan kembali salah satu aplikasi lainnya dan restart komputer anda. Lakukan langkah ini hingga anda mendapatkan kembali error. Dengan begitu, anda akan tahu bahwa aplikasi terakhir yang anda aktifkan adalah penyebabnya.


Setelah anda menemukan pelakunya, anda sekarang dapat menguninstal aplikasi tersebut. Anda dapat mengikuti proses yang sama untuk mengetahui service pihak ketiga yang bermasalah.



7. Perbaiki Office


Jika tidak ada perbaikan di atas yang membantu anda, maka upaya terakhir anda adalah memperbaiki Office anda. Lakukan Online Repair.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Excel Error There’s a problem with the clipboard, but you can still paste your content within this workbook. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Excel Error There’s a problem with the clipboard, but you can still paste your content within this workbook"