Widget HTML Atas

Cara Menggunakan Clipboard History di Windows 10/11


Windows clipboard history telah mengalami evolusi besar mulai dengan update Windows 10 pada bulan Oktober 2018. Di masa lalu system Windows tidak menyimpan clipboard history. Ini hanya menyiratkan bahwa ketika anda melakukan operasi copas, hanya item langsung yang dicopy ke clipboard dan tersedia untuk dipastekan. Konten clipboard sebelumnya ditimpa secara default dan hilang selamanya.

Software pihak ketiga digunakan untuk menjadi satu-satunya alternatif untuk mengelola item clipboard. Beberapa dari mereka memiliki kapasitas untuk mengingat semua yang dicopy - teks biasa, teks dengan format, HTML, gambar dan bahkan file.

Dengan update pada Oktober 2018 di Windows 10, kini anda dapat mengakses history item yang dicopy ke clipboard, menyematkan item yang sering digunakan, dan menyinkronkan clipboard di seluruh PC anda. Fitur ini pun di bawa ke Windows 11. Pada artikel ini, saya akan memandu anda tentang cara menggunakan fitur ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Cara Mengaktifkan Fitur Clipboard Baru Dari Windows 10/11

Fitur ini hanya tersedia dari Windows 10 versi 1809 atau lebih baru dan juga Windows 11. Tetapi secara default, fitur ini dinonaktifkan dan anda harus mengaktifkannya agar anda dapat menikmati fitur-fiturnya yang kaya.

Untuk mengaktifkan clipboard di Windows 10 anda, buka Settings komputer anda dari Start menu atau dengan menekan tombol Win + I dan arahkan ke System - Clipboard. Pastikan tombol toggle Clipboard history diaktifkan ke On. Sementara di Windows 11, anda dapat mengaksesnya dengan mengklik System di panel kiri jendela Settings, kemudian klik Clipboard di panel kanan. Selanjutnya aktifkan opsi Clipboard history ke On.


Windows secara otomatis menyinkronkan semua item yang dicopy di semua perangkat secara default setelah sakelar toggle ini dinyalakan. Mungkin anda juga perlu tetapi juga merupakan pilihan pribadi untuk memilih Sync across devices. Melakukan ini memastikan informasi sensitif tidak disinkronkan.



Bagaimana Cara Mengakses Clipboard History

Cara tercepat untuk mengakses history item yang disimpan ke clipboard anda adalah dengan menggunakan tombol Win + V. Tombol kombinasi ini digunakan dari aplikasi apapun yang ingin anda gunakan untuk mengakses clipboard. Cara ini berlaku baik di Windows 10 maupun Windows 11.

Menekan tombol kombinasi Win + V akan membuka panel clipboard dan juga menampilkan item yang sudah tersimpan di clipboard. Item-item ini diurutkan berdasarkan yang terbaru. Mengeklik salah satu item yang ditampilkan akan mempastekannya ke aplikasi saat ini.


Fitur clipboard Windows 10 dan Windows 11 yang baru memungkinkan anda untuk menyematkan item yang paling sering disisipkan untuk akses cepat. Untuk mencapai ini, klik pada pin di sisi kanan dari item yang anda perlu sematkan.


Cara Menghapus Clipboard History

Karena item yang dicopy secara otomatis disimpan di clipboard baru Windows 10 atau Windows 11, jadi ini mungkin menjadi penting untuk membersihkan clipboard dari waktu ke waktu, yang merupakan proses yang sangat sederhana. Anda harus memperhatikan bahwa dengan membersihkan items maka itu akan hilang selamanya.

Untuk menghapus clipboard history, buka Settings dari Start menu Windows 10 anda dan arahkan ke System - Clipboard. Selanjutnya, klik tombol Clear di bawah Clear clipboard data. Sementara di Windows 11, klik System di panel kiri jendela Settings, kemudian klik Clipboard di panel kanan. Selanjutnya klik Clear di sebelah opsi Clear clipboard data.


Semua item akan dikosongkan dengan pengecualian item yang telah disematkan. Untuk menghapus item yang disematkan, pertama-tama anda harus melepas pin dan kemudian mengulangi proses diatas.

Jadi kesimpulannya, bahwa item yang dicopy pada clipboard Windows 10 dan Windows 11 ini dapat disinkronkan di semua perangkat yang menjalankan update Windows terbaru ini. Agar ini berfungsi, anda harus login dengan akun Microsoft yang sama.

Saat ini, Windows 10 hanya akan menyinkronkan data berukuran kurang dari 100 KB menggunakan fitur ini. Bagian teks yang panjang dan gambar besar tidak akan disinkronkan hingga Microsoft meningkatkan batas ini.

Setelah anda mengetahui cara menggunakan clipboard history, jangan lupa untuk menghapusnya jika yang anda lakukan berhubungan dengan privasi anda. Untuk melakukannya, baca artikel saya tentang cara menghapus history clipboard Windows.

Sekian artikel kali ini, semoga anda mendapatkan sedikit pencerahan. Semoga berhasil mempraktekkan apa yang anda baca disini. GBU

No comments for "Cara Menggunakan Clipboard History di Windows 10/11"