Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus History Clipboard Windows


Saat anda mengcopy sesuatu di Windows dan mem-paste-nya di tempat lain, data yang anda miliki di Clipboard digital tidak hilang. Jika anda ingin menghapus histori atau riwayat clipboard Windows anda dan menyimpan clipboard anda sendiri, ada beberapa cara untuk melakukannya.



Apa itu Clipboard Windows

Clipboard Windows adalah tempat penyimpanan sementara data saat anda mengcopy dan mempastekan item. Di versi Windows sebelumnya, anda tidak dapat menyimpan catatan tentang apa yang anda copy. Setiap kali anda memasukkan sesuatu ke dalam Clipboard, entri terakhir akan dihapus.

Pada update Oktober 2018 fitur ini memberi pengguna kemampuan untuk menyimpan histori item dan teks yang telah anda copy. Anda dapat kembali dan mempastekan item lebih dari sekali atau menyematkan item yang lebih sering anda pastekan ke panel sehingga anda tidak akan menghapusnya secara tidak sengaja.

Anda dapat memeriksa apakah komputer anda memiliki histori Clipboard diaktifkan dengan menekan Win + V saat dalam program apapun. Jika kotak yang muncul mengatakan anda harus mengaktifkan histori, mesin anda hanya menyimpan satu item setiap kali. Anda dapat mengaktifkan histori dengan mengklik tombol.

Untuk lebih jelas dalam cara penggunaannya anda dapat membaca tutorial saya tentang Cara Menggunakan Clipboard History di Windows 10/11.


Haruskah Anda Menghapus History?

Kemampuan untuk menyimpan histori yang anda copy memiliki banyak keuntungan, jadi mengapa anda harus berpikir untuk menghapus histori itu?

Pertama-tama, sejumlah besar data di Clipboard mengurangi jumlah memori yang tersedia. Clipboard dapat menampung hingga 4MB. Clipboard yang penuh dapat memperlambat komputer anda.

Jika anda menggunakan komputer orang lain, anda pasti tidak ingin meninggalkan jejak item di clipboard dimana pemilik komputer dapat melihatnya, terutama jika itu adalah hal yang pribadi.

Atau apakah anda membiarkan orang lain yang menggunakan komputer anda dan mereka memiliki akses ke apa yang ada di Clipboard? Jika anda memiliki data rahasia atau sensitif dan tetap tersedia di sana, itu dapat dilihat oleh semua orang yang menggunakan perangkat anda.

Terakhir, jika anda mengcopy dan mempatekan password anda, itu akan tersedia bagi orang lain untuk melihat di dalam histori clipboard tersebut.


Cara Menghapus Bagian atau Semua HistoriClipboard

Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat menghapus histori penyimpanan komputer anda. Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan ini.


1. Tambahkan Item Kosong ke Histori Clipboard

Metode ini akan menambahkan item kosong ke histori clipboard sehingga anda tidak dapat mempastekan apapun. Hal ini tidak akan menghapus semua histori melainkan hanya membuat seseorang untuk tidak dapat mengakses item yang anda copy dan pastekan yang terakhir kali..

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run, kemudian ketik cmd /c "echo off | clip" dan klik OK.



2. Hapus Semua Histori Clipboard

Untuk menghapus semua entri histori yang ada di Clipboard anda, anda dapat menggunakan menu pada Clipboard settings.

  • Ketik Clipboard di kotak Search Windows dan klik dobel Clipboard settings untuk membukanya.

  • Gulir ke bagian bawah jendela dan klik Clear.



3. Hapus Item Tertentu

Anda dapat memilih untuk menghapus hanya satu atau dua gambar atau klip sekaligus daripada menghapus semua histori. Untuk melakukan ini, anda dapat menggunakan panel Clipboard.

  • Tekan Win + V.
  • Klik pada tiga titik di sudut kanan atas pada masing-masing item yang ingin anda hapus.

  • Klik Delete untuk menghapusnya secara permanen dari clipboard.
  • Anda juga dapat menghapus semua histori dari panel ini dengan mengeklik opsi Clear all.



Meskipun Clipboard bukan sesuatu yang mungkin sering anda pikirkan, perlu diketahui bahwa apa yang anda copy dan paste dapat diakses oleh siapa saja. Ini tidak memiliki opsi keamanan lainnya.

Jika anda tidak ingin khawatir tentang seseorang yang mengakses histori Clipboard anda, dan anda tidak berpikir anda akan memiliki banyak alasan untuk kembali dan mempastekan sesuatu lebih dari sekali, anda dapat mematikan opsi tersebut. Buka Clipboard settings dan nonaktifkan histori Clipboard.


Sekian tutorial kali ini. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pengalaman tentang clipboard Windows. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Menghapus History Clipboard Windows"