Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Drive exFAT Tidak Muncul di Windows 10/11

 


Saat beberapa pengguna Windows menghubungkan drive exFAT mereka, system mereka menolak untuk mengenalinya dan drive tersebut tidak muncul di File Explorer. Dalam artikel ini, saya akan membahas masalah ini secara mendetail dan melihat apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, jika drive exFAT tidak muncul atau drive exFAT tidak terinstall di komputer anda, artikel ini cocok untuk anda.



Memperbaiki Drive exFAT Tidak Muncul di Windows 10/11


Jika drive eksternal exFAT anda tidak muncul di File Explorer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Colokkan ke Port Lain


Ada kemungkinan port yang anda colokkan ke drive anda tidak berfungsi. Jika demikian, colokkan ke port lain lalu periksa apakah masalahnya telah teratasi. Jika setelah menghubungkan ke port lain, Windows mengenali drive exFAT, maka anda perlu memperbaiki port USB yang tidak berfungsi. Pastikan juga bahwa anda tidak menonaktifkan port USB tertentu di Windows 10 atau Windows 11 anda secara tidak sengaja.



2. Konfigurasikan Drive Unrecognized Sebagai Aktif


Kita akan gunakan aplikasi Disk Management Windows untuk mengkonfigurasi drive exFAT yang tidak dikenali. Kita akan menandainya sebagai aktif dan memberikan drive letter baru agar dapat diakses. Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Temukan dan buka Disk Management melalui Search Windows.
  • Di jendela Disk Managemen, kemudian klik kanan pada drive exFAT dan klik Mark Partition as Active.
  • Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar untuk menandai drive sebagai aktif.
  • Untuk menetapkan drive letter padanya, klik kanan pada drive dan pilih Change Drive Letter and Paths.
  • Terakhir, ikuti petunjuk di layar untuk menetapkan drive letternya.



Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk anda.



3. Format Ulang Drive


Anda mungkin mengalami masalah ini karena beberapa bug dan gangguan yang mungkin terjadi pada saat pemformatan. Dalam hal ini, anda akan memformat ulang drive dan melihat apakah masalahnya dapat teratasi atau tidak. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka  Command Prompt dengan hak admin dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + shift + Enter. Atau buka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil mennekan Enter.
Diskpart
List disk
  • Perintah diatas akan menampilkan semua drive yang terpasang di system anda.


  • Sekarang, anda perlu mengidentifikasi drive exFAT. Anda dapat melakukannya dengan memeriksa ukuran drive yang terdaftar.
  • Setelah itu, jalankan perintah berikut ini satu per satu. Ubah huruf drive ke huruf drive sebenarnya. Ubah drive_letter dengan drive_letter exFAT.
Select disk drive_letter
Clean
Create partition primary
Format fs=exFAT
Assign


  • Perintah ini akan memformat ulang drive dan mengatur formatnya menjadi exFAT.
  • Setelah itu, jalankan Exit dua kali untuk keluar dari Diskpart dan menutup Command Prompt.

Jika anda tidak dapat melakukan langkah-langkah yang disebutkan diatas atau tidak dapat menemukan drive yang benar, maka ada metode alternatif lain untuk memformat USB drive atau hard drive anda yaitu melakukannya melalui Disk Management.


Mudah-mudahan ini akan berhasil untuk anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki drive exFAT tidak muncul di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Drive exFAT Tidak Muncul di Windows 10/11"