Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Format Ulang Hard Drive Eksternal Tanpa Menghilangkan Data Anda


Apakah anda menyimpan data dari PC anda ke hard drive eksternal? Semoga hal itu anda lakukan. Ini cara cerdas untuk menjaga data anda tetap aman. Tetapi apa yang terjadi jika drive eksternal itu rusak, dan anda harus memformatnya agar dapat diakses kembali? Bisakah anda memformat ulang tanpa kehilangan semua data anda? Itu memang mungkin, tetapi bisakah anda melakukannya?

Jawaban singkatnya adalah YA! Hal itu dimungkinkan untuk memformat ulang drive dan menyimpan file anda dengan memformat drive anda dan kemudian menggunakan recovery tool data untuk mengembalikan informasi anda.


Cara Memformat Ulang Drive

Memformat ulang drive pada Windows adalah proses yang sangat mudah. Namun, anda perlu memastikan dua kali lipat bahwa anda melengkapi format Quick. Format cepat hanya menghapus struktur organisasi file pada drive, tanpa menghapus file yang sebenarnya. Anggap saja membuang banyak folder file tetapi tidak isinya. Anda cukup menumpuk semua kertas dalam satu tumpukan. Itulah yang dilakukan Quick File. Ini menghapus folder dan meninggalkan semua file dalam satu tumpukan.
  • Pertama, sambungkan drive eksternal ke komputer anda menggunakan port USB. Tunggu hingga Windows mengenali drive anda.
  • Buka File Explorer.
  • Klik pada This PC.
  • Temukan drive eksternal anda dari daftar Devices and Drives.
  • Klik kanan pada drive dan pilih Format dari daftar opsi. Pastikan kotak Quick Format diklik! Jika tidak dicentang, anda akan kehilangan semua data anda. Biarkan semua pengaturan lainnya tetap sama.
  • Klik tombol Start, dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah anda menyelesaikan proses ini, jangan menulis data lagi ke drive eksternal anda. Data baru ini akan menimpa file yang ditinggalkan selama proses pemformatan ulang. Jika anda menyimpan sesuatu yang baru, itu tidak hanya akan menimpa satu file juga. Ini berpotensi merusak ratusan data lama anda.


Pulihkan Data Anda

Setelah anda memformat ulang drive anda, pindah langsung ke menggunakan data recovery software pihak ketiga. Meskipun program-program ini mungkin tidak dapat mengembalikan 100% file anda, menggunakannya pasti akan menghemat lebih banyak daripada yang anda miliki tanpa mencoba proses ini. Ada berbagai opsi data recovery software yang dapat anda pilih, tetapi disini ada beberapa yang paling populer.


1. Recuva


Recuva adalah yang paling populer karena kemampuannya untuk memulihkan file dari hard drive, DVD atau CD, kartu memori, dan drive eksternal. Recuva bekerja dengan mencari data yang tidak direferensikan, dan dikenal untuk memulihkan struktur direktori yang hilang dan mengganti nama dua file dengan nama yang sama selama pemulihan data.

Recuva gratis untuk didownload tanpa batas data. Ada juga versi pro yang menambahkan pembaruan otomatis dan dukungan untuk hard drive virtual.


2. Stellar


Karena antarmuka pengguna yang efisien, Stellar Data Recovery sangat baik untuk pengguna pemula dan non-teknis. Bahkan memiliki wizard sederhana dimana anda hanya memberitahu program apa yang harus dicari dan dimana mencari file yang dihapus. Program ini menampilkan fitur "Try Before You Buy" yang menghilangkan risiko tidak menjadi yang anda butuhkan. Program ini dijual seharga $99.



3. Ontrack Easy Recovery


Ontrack EasyRecovery adalah powerhouse di antara data recovery software. Ini terkenal karena kekuatannya untuk memulihkan lebih banyak file daripada pesaingnya, tetapi antarmuka pengguna kurang intuitif daripada program lain. Ia memiliki lisensi tahunan $79 tanpa batas berapa kali anda dapat menggunakannya.


4. EaseUS Data Recovery Wizard


Fitur bagus EaseUS Data Recovery Wizard adalah antarmuka pengguna yang sudah dikenal, yang disusun seperti Windows Explorer. Mereka yang tidak mengerti teknologi mungkin akan menemukan antarmuka yang lebih nyaman digunakan daripada software lain. EaseUS Data Recovery Wizard gratis, tetapi hanya akan memulihkan total 500 MB data sebelum anda perlu memutakhirkan ke versi Pro seharga $69,99 (Kecuali jika anda ingin berbagi tentang produk di media sosial. Kemudian anda dapat menggunakan hingga 2GB). Untuk lebih jelasnya tentang EaseUS Data Recovery Wizard ini, anda dapat membaca Cara Terbaik Mengembalikan File Yang Dihapus di Windows.


Bagaimana Menghindari Seluruh Masalah ini

Jika anda tidak ingin khawatir kehilangan semua data anda jika hard drive eksternal anda rusak, anda harus menyimpan beberapa cadangan data di tempat yang berbeda. Misalnya, simpan cadangan di perangkat lokal anda, dan simpan juga salinan cadangan dengan penyedia penyimpanan cloud. Semakin banyak cadangan, semakin sedikit anda perlu khawatir.

Terimakasih sudah berkunjung di blog Matertipsorialindo. Semoga membantu menyelesaikan persoalan anda. Jangan lupa berbagi dengan saya tentang pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. GBU

Post a Comment for "Cara Format Ulang Hard Drive Eksternal Tanpa Menghilangkan Data Anda"