Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tombol Tab Keyboard Tidak Berfungsi di PC Windows

 


Jika tombol TAB pada keyboard untuk PC Windows anda tidak berfungsi, berikut adalah panduan untuk memperbaikinya dan mengembalikan fungsi normalnya. Tombol TAB biasanya digunakan sebagai jalan pintas untuk berpindah dari satu bidang ke bidang lainnya di website, formulir, dokumen dan sebagainya. Selain itu, tombol TAB juga digunakan untuk membuat indentasi berbeda di margin kiri di aplikasi seperti Google Docs, Microsoft Word dan lainnya.


Situasi ini bisa membuat anda frustrasi, terutama jika anda terbiasa menggunakan tombol TAB secara rutin dan tiba-tiba mengalami masalah dengan fungsinya. Ketika anda bergantung pada tombol ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan komputer, masalah ini dapat menyebabkan rasa kurang produktif dan kelelahan.


Jika tombol TAB tidak berfungsi, ada kemungkinan masalah yang lebih besar terjadi pada komputer anda daripada hanya masalah pada tombol tersebut. Namun, jangan khawatir, ada beberapa solusi terbaik yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah ini.



Penyebab Tombol TAB Keyboard Tidak Berfungsi


Tombol TAB pada keyboard mungkin tidak berfungsi dengan baik karena berbagai alasan. Ini dapat terjadi jika memiliki kerusakan fisik, debu atau bentuk kotoran lainnya. Alasan lainnya adalah jika driver keyboard rusak atau out of date, error sementara atau gangguan pada aplikasi seperti TeamViewer. Dalam kasus yang jarang terjadi, masalah ini dapat disebabkan oleh file system yang rusak atau serangan malware.


Apapun penyebabnya, yang anda inginkan hanyalah melihat tombol TAB berfungsi seperti sebelumnya. Jadi, sekarang mari kita lihat bagaimana anda dapat memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Tombol Tab Keyboard Tidak Berfungsi di PC Windows


Jika tombol TAB keyboard tidak berfungsi saat anda menekannya untuk berpindah dari satu sisi website, dokumen, editor atau lainnya, maka coba solusi berikut untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Restart PC


Merestart komputer Windows anda adalah langkah awal yang dapat memperbaiki masalah teknis sementara yang menyebabkan tombol TAB tidak berfungsi. Jadi, simpan dan tutup semua yang anda perlukan dan restart komputer anda. Ini akan memicu perbaikan otomatis yang terjadi saat Windows melakukan booting.



2. Jalankan Troubleshooter Windows yang Relevan


Mungkin ada masalah keyboard atau hardware yang mencegah tombol TAB berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, anda perlu menjalankan dua troubleshooter utama, yaitu Keyboard troubleshooter dan Hardware and Devices troubleshooter.


Untuk menjalankan Keyboard troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian di panel kanan, klik Keyboard dan klik Run the troubleshooter.
  • Jendela Troubleshooter akan terbuka.
  • Ikuti semua petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses perbaikannya.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian, temukan Keyboard dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Jendela troblesoot akan muncul. Ikuti petunjuk di jendela Troubleshooter yang muncul.



Jika Keyboard troubleshooter tidak memperbaiki masalah ini, maka anda sekarang dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter melalui Command Prompt dengan hak admin. Anda perlu menyelesaikan proses di jendela troubleshooter dan kemudian memeriksanya kembali apakah masalah dapat di perbaiki atau tidak.




3. Update, Install Ulang atau Rollback Driver Keyboard


Driver keyboard yang mengalami masalah seperti out of date, bug, tidak kompatibel, rusak atau lainnya dapat memicu beberapa tombol tidak berfungsi dengan baik termasuk tombol TAB. Untuk memperbaikinya, anda perlu menguupdate, menginstall ulang atau me-roll back driver keyboard pada PC Windows anda.


Jika driver sudah out of date, maka update driver anda. Anda dapat mengikuti salah satu metode berikut untuk mengupdate driver keyboard anda.

  • Periksa update driver di Windows Update atau melalui Device Manager.
  • Jika anda mendownload driver dengan format .inf atau .sys, maka ikuti langkah di artikel ini untuk menginstallnya.



Jika dengan mengupdate driver masalah tidak terselesaikan, maka anda perlu menguninstall driver keyboard dari Device Manager dan kemudian menginstall ulang driver keyboard anda. Namun jik, masalah ini terjadi setelah anda mengupdate driver keyboard anda, maka anda dapat me-roll back driver ke versi sebelumnya. Setelah itu, periksa kembali dan lihat apakah anda telah memperbaiki masalahnya.



4. Periksa Kerusakan Fisik atau Debu


Tombol keyboard mungkin tidak berfungsi jika ada debu atau kotoran lain di bawahnya. Ini juga dapat terjadi jika keyboard anda rusak. Pada langkah ini, anda perlu membersihkan semua bagian keyboard anda terutama pada bagian dibawah tombol TAB. Anda dapat menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran. Jika tombol keyboard anda dapat di lepas, maka lakukan itu dan bersihkan. Setelah selesai, kembalikan komponen dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak.



PERINGATAN: Jika masalah ini terjadi pada keyboard laptop anda dan anda tidak memiliki pengetahuan teknis, maka anda perlu membawa laptop anda ke teknisi untuk melakukan solusi ini.



5. Akhiri Proses TeamViewer


TeamViewer merupakan program remote desktop yang dapat anda gunakan untuk mirroring layar smartphone Android anda ke PC. Aplikasi ini dapat mengganggu tombol keyboard termasuk tombol TAB. Untuk memperbaikinya, anda harus mengakhiri proses TeamViewer melalui Task Manager Windows. Ikuti langkah-langkah berikut ini jika anda menginstall TeamViewer di PC anda.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Kemudian, klik kanan pada TeamViewer dan klik End task.
  • Ini akan mengakhiri proses TeamViewer.



Setelah itu, periksa kembali apakah tombol TAB sekarang kembali berfungsi dengan normal.



Itu saja. Saya harap sesuatu disini bekerja untuk anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tombol TAB Keyboard tidak berfungsi di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tombol Tab Keyboard Tidak Berfungsi di PC Windows"